Home >> Gaya Hidup >> Tips Memilih Sepatu Futsal yang Baik dan Nyaman
Memilih Sepatu Futsal
Memilih Sepatu Futsal

Tips Memilih Sepatu Futsal yang Baik dan Nyaman

Futsal sekarang tidak asing lagi di telinga para pecinta sepakbola di Indonesia, semua lapisan masyarakat banyak yang menyukai olahraga sepakbola ini dan futsal merupakan salah satu alternatif untuk memenuhi passion di dalam kegiatan sepakbola.

Pada saat futsal pertama kali masuk ke Indonesia, namanya masih sangat simpang siur., namanya juga ada olahraga baru ya seperti itu. Ada yang menyebutnya futsal, ada yang menyebutnya sepakbola indoor, dan ada juga yang menyebutnya mini soccer, padahal semua itu beda cabang olahraganya.

Masuknya futsal pada di dunia persepak bolaan Indonesia masih dalam adaptasi, maka dari itu dalam pemilihan sepatu juga masih seadanya saja. Ketersediaan sepatu futsal masih jarang sekali, dulu malah ada yang memakai sepatu running dan ada yang memakai sepatu badminton serta masih banyak lagi.

Sepatu Futsal Baik dan Nyaman
Sepatu Futsal Baik dan Nyaman

Semakin ramainya peminat futsal, maka dari itu beberapa pengusaha sepatu olahraga mengeluarkan produk baru yaitu sepatu khusus futsal. Sekarang ini sepatu futsal sudah mulai berkembang dan banyak pula varian model serta warnanya, kali ini enfordis.com akan membahas tentang tips memilih sepatu futsalyang baik dan nyaman serta akan di sesuaikan dengan budget masing-masingnya.

Budget

Jika anda memiliki budget yang terbatas jangan memilih sepatu fake atau KW untuk menjadi sepatu futsal anda, karena selain masalah kenyamanannya sepatu fake juga sangat berpengaruh dengan durability, anda akan rugi kalau membeli sepatu KW padahal harganya beda tipis dengan sepatu yang Ori, nanti akhirnya akan membuat anda membeli sepatu lagi.

Pilihlah sepatu futsal sesuai budget yang anda punya, jika anda hanya mempunyai budget 150-250 ribubisa anda mencoba untuk memilih sepatu buatan lokal atau sepatu merk luar yang entry level. Tapi kami merekomendasikan anda supaya memilih sepatu buatan lokal karena sepatu lokal dengan harga segitu sudah mendapat kualitas yang cukup baik, berbeda dengan sepatu entry level.

Kalau budget anda 300-500 ribu, anda sudah bisa mendapatkan sepatu yang bervariasi dengan kualitas yang baik dan mendapatkan sepatu futsal middle grade. Kalau budget anda >500 ini sih sudah bisa dapat sepatu yang kualitasnya top grade, biasanya level pemain futsal memilih sepatu yang budgetnya sekitar itu kalo tidak pemain professional ya sudah addicted dengan comfort sepatu itu sendiri.

Memilih Bahan Upper

Upper atau yang sering sekali di sebut punggung atas yaitu salah satu faktor penting yang perlu di perhatikan untuk kenyaman di saat bermain, di dalam hal ini akan di beri tawaran antara upper syntheticdan upper leather tapi juga menyesuaikan budget. Kalau entry level biasanya menggunakan upper synthetic karena harganya yang lebih murah, kalau masalah kenyamanan ya lebih nyaman upper leatherkarena menyesuaikan dengan bentuk kaki tidak seperti upper synthetic yang lumayan kaku.

Wide-Fit vs Slim-Fit

Bentuk kaki juga perlu di perhatikan, karena bentuk kaki juga mempunyai perbedaan jenis. Anda lihat terlebih dahulu apakah bentuk kaki anda wide atau slim, karena kalau bentuk kaki anda wide memakai tipe slim maka ya akan sesak.

  • Contoh Sepatu Slim-Fit : Nike Mercurial, Nike Elastico, Adidas Fseries, dan lain sebagainya.
  • Contoh Sepatu Wide-Fit : Adidas Adiseries, Nike Total 90, Adidas Predator, Nike Gato Series, dan lain sebagainya.

Jenis Lapangan

Di dalam anda memilih sepatu futsal, salah satu faktor yang perlu anda perhatikan adalah melihat jenis lapangannya, karena jenis lapangan juga berpengaruh, berikut ini 2 jenis lapangan yang perlu anda ketahui :

  • Lapangan Sintetis
Lapangan Sintetis

Sepatu yang cocok untuk di gunakan di lapangan sintetis adalah sepatu yang memiliki gerigi di bagian bawah sepatu atau biasanya di sebut dengan pull pendek atau juga sering di sebut turf atau artificial grass (AG), hal ini di maksudkan agar anda tidak terpeleset karena licinnya lapangan sintetis.

  • Lapangan Non Sintetis
Lapangan Futsal Non Sintetis
Lapangan Futsal Non Sintetis

Sepatu yang cocok untuk di gunakan di lapangan non sintetis atau lapangan semen atau kayu adalah sepatu yang memiliki permukaan yang terbuat dari karet dan tidak memiliki pull, karena sepatu jenis ini memiliki cengkraman yang sangat kuat untuk mengurangi resiko anda terpeleset dan agar anda bisa lebih leluasa untuk bermain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *