Home >> Teknologi >> Komputer >> Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik Dan Berkualitas

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik Dan Berkualitas

Bagi anda yang suka main game tapi laptop yang anda gunakan sering macet, lemot dan panas. Hal hal tersebutlah membuat kita menjadi tidak nyaman saat bermain game, dan jika di biarkan laptop kita akan rusak. Dan bagi anda yang ingin membeli laptop baru namun kebingungan tidak tahu laptop yang bagaimana cocok buat game dan pas budget? Nah disini saya akan menjelaskan tips memilih laptop Gamming yang cocok buat anda.

sebelum mengenal lebih jauh tips memilih laptop gaming, apakah anda sudah tahu apa itu laptop gaming? Laptop gaming adalah laptop yang memiliki sepsifikasi tinggi dan memiliki keunggulan dapat menjalankan semua program apapun tanpa hambatan serta memiliki desain yang menarik.

Dengan sepesifikasi yang tinggi dan beberapa keunggulan lainya tidak salah laptop gaming memiliki harga yang jauh lebih tinggi di bandingkan laptop biasa ataupun notebook. Agar anda tidak salah pilih saat membeli laptop gaming, bsemak penjelasan cara memilih laptop gaming terbaik dan berkualitas berikut ini.

Tips Memilih Laptop Gaming

Bagi anda seorang gamers sejati, mau membeli laptop dengan harga selagit pastinya bukan masalah, karena seorang gamers memiliki kepuasaan tersendiri terhadap game, seorang gamers membutuhkan laptop dengan sepesifikasi yang tinggi, agar tidadk terjadi hambatan atau masalah saat bermain game ataupun kegiatan yang lain seperti browsing ataupun di gunakan sebagai multimedia. Selain itu jika kita menggunakan laptop gaming,  kita bisa bermain game di mana saja. Dan berikut cara memilih laptop gaming di antaranya:

  1. Prosesor

    Prosesor Buat Laptop Gamming

Proseseor merupakan otak dari sebuah laptop. Jika semakin tinggi kualitas prosesor maka akan semakin tinggi pula performa dari sebuah laptop gaming terebut. Namun jangan khawatir laptop gaming sekarang sudah di lengkapi dengan merk prosesor yang tinggi dan berkualitas yaitu INTEL ataupun AMD.  Tetapi bagi anda yang biasa memainkan game berat di sarankan untuk memilih laptop dengan prosesor Intel karena prosesnya lebih cepat dan tidak mudah panas jika di bandingkan dengan Amd.

Untuk laptop gaming dengan prosesor intel di sarankan menggunakan Intel Core i5 dan yang lebih bagusnya Intel Core i7, sedangkan pada prosesor Amd minimal menggunakan A10 atau FX Series. Dan pada prosesor intel pastikan merknya berlebel MQ atau HQ.  jika prosesor intel anda berlebel U jangan di gunakan untuk bermain game karena prosesor intel berlebel U di gunakan untuk pekerjaan ringan ringan saja.

Hal lain yang perlu di perhatikan selain merk adalah GHz  (kecepatan prosesor). Jika semakin tinggi angka GHz pada prosesor maka akan semakin bagus.

  1. VGA

Video Graphic Adapter (VGA) merupakan salah satu hal terpenting dari laptop gaming. Karena vga berpengaruh terhadap kualitas gambar yang di tampilkan saat main game.

Minimal pada laptop gaming menggunakan Vga Nvidia GT840 atau yang lebih baiknya Nvidia GTX Series.

Jika laptop gaming anda menggunakan vga AMD anda bisa menggunakan yang R7 230 atau yang lebih  bagusnya R9 Series.

  1. RAM

    RAM Buat Laptop Gamming

Random Acces Memory atau yang biasa di sebut RAM merupakan media penyimpanan sementara.  RAM pada laptop gaming merupakan salah satu bagaian terpenting.

Pada laptop gaming paling tidak memiliki RAM 4GB keatas. Tidak itu saja anda juga perlu menambahkan slot tambahan pada ram agar mudah menambah RAM jika di rasa kurang.

Jenis RAM yang cocok di gunakan pada laptom gaming adalah DDR3, lebih baiknya DDR4.

  1. Hardisk

Hardisk merupakan penyimpanan dari sebuh laptop. Pada laptop gaming sangat di perlukan media penyimpanan yang besar minimal 1TB(1000GB). Karena game memakan penyimpanan yang besar saat di install. Dan beberapa laptp gaming memiliki slot tambahan yang bisa anda gunakan bila perlu menambah penyimpanan.

  1. Baterai

Baterai bisa di ibaratkan sebagai nyawa dari laptop pasalnya jika berai habis laptop akan mati dan perlu di cas agar bisa digunakan kembali. Laptop gaming memiliki spesifikasi yang tinggi tentunya kinerjnya cukup berat.kebanyakan dari laptop gaming hanya bisa bertahan selama 2 jam jika di gunakan terus menerus. Meskipun anda menggunakan baterai yang memiliki daya yang tinggi, baterai laptop anda akan cepat habis.

Baterai laptop di bagai menjadi 2 yaitu yang dibisa di lepat dan yang tanam. Di sarankan untuk anda memilih baterai yang bisa di lepas agar anda bisa mengganti sewaktu waktu bila rusak. Dan bagi anda yang memiliki kebiasaan menggunakan laptop dengan melepas baterai hal ini sangat tidak baik jika listrik tiba tiba mati.

  1. Resolusi Layar

Apakah anda sudah tau apa itu resolusi? Resolusi adalah banyaknya titik tik pada monitor yang membentuk gambar atau angka, semakin banyak titik resolusi pada laptop maka gambar yang di hasilkan akan semakin bagus. Resolusi pada laptop gaming minimal mengunakan FHD 1920×1080. Dengan layar ukuran 15,6 inch.

  1. Keyboard

    Keyboard Laptop Gamming

Keyboard merupakan bagaian yang di  gunakan saat main game, namun tidak semua gamers menggunakan keyboard karena bisa menggunakan media lain seperti joystick ataupun keyboard eksternal. Pada keyboard gaming sudah di lengkapi dengan backlightyang berfungsi untuk memudahkan gamers saat bermain di tempat gelap. Pastikan laptop gaming anda di lengkapi numpad yang bertujuan memudahkan mengetik angka.

  1. Audio

Meskipun kebanyakan gamers menggunakan headphone saat bermain game, tapi tidak salah anda memilih spiker laptop saat memebeli.

  1. Port

    Port Laptop Gamming

Port pada laptop gaming juga bagaian yang di perlukan pasalnya, laptop gaming membutuhkan 3 port USB 3.0 untuk menghubungkan laptop dengan perangkat lain. Selain itu laptop gaming juga mmerlukan port HDMI / Mini Display Port yang berfungsi untuk menghubungkan ke layar yang lebih besar.

  1. System Operasi

Pada laptop gaming biasanya sudah terinstal windows 8 ataupun windows 10 64bit. Namun jika anda tidak memiliki budget yang cukup banyak , anda bisa membeli laptop tanpa system operasi.

  1. Desain

    Desain Laptop Gamming

Desain pada laptop harus anda perhatikan terutama bagi anda yang sering bepergian.pilihlah laptop dengan desain yang tipis agar mudah membawanya kemana mana. Namun perlu anda ketahui dengan desain laptop yang tipis tentunya di sertai dengan harga yang cukup mahal pula di bandingkan dengan lainya.

  1. Harga

Hal terakhir yang perlu anda perhatikan saat memilih laptop adalah harga. Jika anda menginginkan laptop gaming dengan kualitas yang bagus anda perlu mengeluarkan uang yang cukup banyak sekitar 10 juta lke atas.

Nah itu tadi tips yang perlu anda perhatikan saat memilih laptop gaming, pasalny laptop sekarang sangat beragam jika anda tidak jeli anda bisa salah memilih.sekian terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *