Home >> How To >> Tips Membuat Taman Rumah yang Baik
Taman Rumah
Taman Rumah

Tips Membuat Taman Rumah yang Baik

Memiliki lahan yang lebih di luar bangunan rumah sebaiknya di ubah menjadi taman rumah supaya bisa menjadi tempat yang lebih baik saat di rumah. Taman rumah yang baik bisa membuat penghuninya merasa nyaman tanpa harus pergi ke luar rumah untuk mendapatkan hiburan. Adanya taman di rumah juga bisa membuat anak – anak senang bermain di rumah.

Untuk membuat taman rumah yang baik sebenarnya juga tidak perlu memanggila ahli taman untuk membuatnya. Asalkan beberapa unsur taman tersedia, soal penataan bisa anda sesuaikan dengan keinginan.

Berikut ini tips membuat taman rumah yang baik:

  1. Sesuaikan dengan konsep rumah

Beberapa orang menginginkan rumah dengan konsep yang sesuai dengan konsep rumah. Seperti konsep rumah hijau, maka taman rumah juga harus bisa mendukung terciptanya konsep tersebut. jangan sampai konsep rumah hijaunya menjadi kurang muncul karena tidak ada tanaman hijau di taman.

  1. Sesuaikan dengan ukuran lahan

Mempunyai taman impian di rumah sah – sah saja, tetapi untuk merealisasikanya juga harus disesuaikan dengan ukuran lahan yang dimiliki. Sebagai contoh ingin membuat taman rumah yang dipenuhi berbagai macam tanaman hias dan tanaman buah – buahan. Jika ukuran lahanya tidak mencukupi maka malah akan membuat taman penuh sesak tidak karuan. Jika ukuran lahanya tidak terlalu luas maka pilihlah tanaman dengan ukuran kecil atau sedang bisa juga dikombinasikan. Atau bisa juga diakali dengan membuat vertical garden. Ini merupakan solusi terbaik untuk membuat taman di lahan yang sempit.

  1. Hardscape dan softscape

Hardscape merupakan elemen keras pada taman seperti penambahan patung, kolam air, batuan alam, ayunan, perosotan dan lain sebagainya. sedangkan softscape adalah elemen pelengkap berupa tanaman. Perpaduan keduanya, hardscape dan softscape bisa memberikan taman yang indah.

  1. Jenis tanaman

Sebenarnya tidak ada batasan untuk menambahkan tanaman jenis apa ke dalam taman. Yang penting ukuran dari tanaman tersebut. seperti yang disinggung di atas tadi, jika ukuran lahan taman rumah tidak begitu luas maka hindari untuk menanam tanaman besar di taman rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *