Home >> How To >> Tips Membuat Dapur Sedap Dipandang
Dapur Nyaman dan Indah di Pandang
Dapur Nyaman dan Indah di Pandang

Tips Membuat Dapur Sedap Dipandang

Salah satu penyebab kenapa orang dalam rumah atau mungkin orang yang berkunjung ke rumah enggan makan makanan yang disajikan adalah karena kondisi dapur yang tidak sedap dipandang. Benar saja, siapa yang mau makan makanan kalau dapurnya berantakan, banyak sampah berserakan, noda minyak dimana – mana, banyak alat – alat masak yang menumpuk di tempat cucian, orang pun ogah untuk mencicipi makanan yang dibuat di dapur tersebut.

Oleh karena itu supaya dapur anda tetap sedap dipandang berikut ini tips yang bisa anda lakukan:

  1. Biasakan untuk kebersihan

Tempat yang kotor adalah tempat yang nyaman bagi kuman dak bakteri untuk berkembang. Apalagi jika ini terjadi di dapur. Padalah dapur adalah tempat dimana proses memasak itu berlangsung. Jika kuman atau bakteri pembawa penyakit dari dapur yang kotor ikut termakan maka tubuh akan mudah terserang penyakit dari dalam. Oleh karena itu biasakan untuk membersihkan dapur selain untuk membuat dapur sedap dipandang juga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Beberapa orang memiliki kebiasaan menunggu tempat sampah penuh baru membuang sampahnya. Kebiasaan tidak baik seperti ini sebaiknya jangan diteruskan. Biarpun belum penuh sebaiknya sampah yang ada di dapur jika terlihat segera dibersihkan atau dibuang supaya dapur sedap dipandang.

  1. Pisahkan peralatan dapur dengan bumbu masak

Beberapa orang terkadang menaruh peralatan dapur bersama dengan bumbu masak dalam satu tempat. padahal jika dilihat, ini akan membuat dapur menjadi tidak sedap dipandang. Sebaiknya pisahkan atau buat tempat sendiri untuk peralatan dapur dan untuk meletakan bumbu dapur supaya dapur sedap dipandang.

  1. Jangan taruh alat dapur di atas meja

Meskipun alat dapur sudah dibersihkan tetapi jangan pernah menaruh alat dapur tersebut di atas meja karena akan memberikan kesan yang tidak rapi. Dapur akan terlihat berantakan dengan berbagai alat dapur yang menggeletak di atas meja. Simpan alat dapur ditempat yang semestinya supaya dapur sedap dipandang.

  1. Jaga sirkulasi udara di dapur

Kompor yang mengepul apalagi masih menggunakan kompor tungku akan membuat asap di dapur menebal. Jika sirkulasi udara di dapur tidak lancar maka akan membuat dapur menjadi tidak sedap dipandang. Oleh karena itu sebaiknya memberikan jendela di dapur atau jika tidak memiliki jendela bisa menambahkan cerobong asap atau exhaust fan supaya sirkulasi udara lancar dan dapur sedap dipandang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *