Home >> Teknologi >> Tips Konsisten Mengelola Website versi Ali Mustika Sari
Owner Hafaria Shop
Owner Hafaria Shop

Tips Konsisten Mengelola Website versi Ali Mustika Sari

Membuat Website itu Mudah Tapi Sulit itu Konsisten dan Merawatnya

Bagi orang awam mendengar orang bisa membuat website itu serasa hebat dan wah gitu… Karena ada bahasa pemrograman, bisa gunakan internet dan macam macam alasan yang melihat orang membuat website itu terlihat keren. Meskipun hanya bisa membuat website gratisan atau biasa disebut blog gratisan, akan tetap terlihat keren apalagi websitenya tersebut punya pengunjung yang banyak atau bisa menghasilkan uang lewat website tersebut. Setelah itu mengenal SEO Dasar sampai SEO Advance. Bisa SEO dasar saja itu sangat terlihat keren bagi yang baru bisa membuat website… Betul tidak?

Jika ingin bisa membuat website, banyak sekali bertebaran cara mudah membuat website di Search engine. Seperti halnya membuat website www.alimustikasari.com banyak sekali tutorial dan panduan dasar mulai dari nol agar bisa mempunyai website seperti itu. Kalau di hitung biasanya membuat website  itu sekitar 5 – 10 menit sudah jadi sebuah website. Adapun setting dan lain lain sekitar 2- 3 jam bagi yang sudah terbiasa. Bahkan bagi pemula pun jika sudah paham alurnya akan membuat website juga sangat cepat.

Admin Website Ali Mustika Sari
Admin Website Ali Mustika Sari

Tapi teman teman, membuat website itu mudah namun merawatnya secara konsisten itu sangat sulit. Saya sendiri sudah merasakannya. Apalagi bagi internet marketing atau blogger yang ingin mendapatkan penghasilan lewat website. Sudah lama membuat website tapi tak kunjung menghasilkan maka ujung ujungnya berhenti. Bagi yang mengelola website berita baik untuk sendiri ataupun organisasi juga seperti itu. Dan yang sering terjadi, teman teman yang mengelola website organisasi, sudah dibuatkan website yang bagus tapi tidak ada yang mengisi kontennya, atau tidak ada dukungan dari yang lain maka tidak akan lama website tersebut akan hidup. Kalau website berita dalam bentuk blog gratisan maka akan mati suri, tapi kalau website berita yang dibuat berbayar maka tahun depan tidak akan diperpanjang. Dan itu sudah biasa di dunia online, sehingga konsisten dan fokus merupakan salah satu faktor yang penting dalam berlangsungnya hidup sebuah website.

Semoga Tips di bawah ini bisa memotivasi teman teman yang baca baik yang sudah lama mengelola website atau masih baru dalam mengelola website. Dan hal ini juga sudah saya alami sejak 2007 mengelola website baik website pribadi maupun website untuk umum. Alhamdulillah sudah ratusan website yang sekarang saya kelola dan masih eksis sejak 2007, bahkan ada yang sejak 2006.

Tips Konsisten Mengelola Website versi Ali Mustika Sari

  • Awali semua dengan DOA dan jangan lupa diniati ibadah agar disaat semangat turun maka akan teringat bahwa yang dikerjakan adalah ibadah
  • Buat List website yang dikelola, serta buat jadwal harian.
  • Kalau tidak bisa jadwal harian, buat jadwal mingguan dan kalau tidak bisa lagi buat jadwal bulanan
  • Atur prioritas website yang dikelola. Jangan ingin semua diselesaikan dalam satu waktu
  • Jangan lupa cari hiburan atau refreshing kalau sudah jenuh di depan website atau komputer.
  • Perbanyak membaca atau upgrade ilmu lewat youtube atau tutorial ataupun media lain yang bisa menambah wawasan khususnya dibidang website.
  • Bangun TIM untuk mengatur website yang dikelola. Latihan untuk mendelegasikan tugas kita kepada orang lain.
  • Apabila tidak punya tim, maka Simpan semua file dalam folder khusus dan atur jadwal posting, sehingga kerja sehari bisa untuk satu bulan.
  • Cek list yang telah dikerjakan dan jangan biasakan dengan mengingat saja. Karena kalau website sudah banyak tanpa adanya cek list atau ditulis kadang ada yang kelewatan.
  • Gunakan fasilitas Google untuk mempermudah pekerjaan kita seperti google drive, google bookmark dan lain sebagainya.
  • Jangan lupa fokus, jangan suka malas dan pantang menyerah dengan berbagai keadaan.
  • Dan masih banyak lain tips untuk konsisten merawat website. Namun beberapa tips di atas sudah mewakili minimal dalam pengelolaan website dibawah 50

Mari kita belajar bersama sama dalam mengelola website yang kita punya ataupun yang kita kelola. Saya sekarang juga masih belajar dan belajar agar tidak tertinggal informasi terbaru.

About Ali Mustika Sari

Anak Desa Yang Haus Akan Ilmu Dunia dan Akhirat. Berusaha Menjadi Anak Yang Berbakti Pada Orang Tua dan Bisa Memuliakan Dunia Akhirat. Mengais Rejeki Di Di Kota. " Anak Desa Rejeki Kota "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *