Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Tips Dan Langkah Langkah Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Teman teman, kali ini saya ingin berbagi tentang tentang bisnis online. Semoga saja tulisan singkat ini bisa menjadi salah satu referensi dalam membangun dan memulai bisnis online, yang menjadi pertanyaan besar saat ini apakah teman teman benar benar ingin terjun dan fokus dalam bisnis online sebagai sarana untuk memperoleh sumber penghasilan utama ataukah hanya ingin mencari penghasilan tambahan dari bisnis online.

Jangan khawatir teman teman, saya sendiri masih belajar jadi anda tidak sendirian di sini, perbedaanya adatlah saya lebih tahu lebih dahulu dari pada anda.

Memulai Bisnis Online Bagi Pemula
Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Bagi yang baru ingin memulai bisnis online lebih baik teman teman harus mengerti dan paham tentang bisnis online tersebut, silahkan dibaca beberapa artikel dibawah ini dan kita coba untuk memulai dari awal.

  1. Lakukan riset produk

Yang paling penting adalah harus ditentukan dahulu apa yang akan dijual atau website apa yang akan dibuat. Kecuali internet hanya digunakan untuk mengisi waktu. Jika ingin berjualan sebuah produk, saran saya sebaiknya carilah suatu produk yang cepat lakunya serta perputaran produk yang cepat. Artinya, banyak orang yang membutuhkannya dan ada mangsa pasarnya. Sehingga bisa memotivasi teman teman dalam menjalani bisnis online tersebut. Atau bisa dipilih produk yang jarang dimainkan di online tapi laku keras di pasaran contoh yang saya geluti adalah stavolt.

Kalau produk kita jarang dicari, mangsa pasarnya sedikit, biasanya akan lebih mudah selesainya (menyerah, bangkrut, putus asa dan lain lain) karena dagangan dan stok tidak laku, ujung ujungnya menyalahkan bisnis online adalah penipuan. Banyak produk yang ditawarkan di internet. Ada yang berbentuk fisik berupa jasa ataupun produk digital. Pilih salah satu yang diminati dan rencanakan serta pahami cara untuk memasarkannya. Yang lebih penting juga harus paham tentang produk yang akan kita jual. Saya sendiri diawal yang paling berat adalah melangkah untuk berbisnis online. Karena saat saya mulai terjun ke bisnis online harus menyiapkan konsep mencari ide produk yang akan dijual, mencari supplier dan secara otomatis harus belajar bisnis offline dan bisnis online. Dan sifat dasar manusia biasanya menginginkan semuanya berjalan normal dan hasilnya memuaskan tapi malah berhenti atau banyak ganjalan. Saran saya, disaat awal, jalankan terlebih dahulu dan jangan terlalu detail bukan menjadi persoalan dan teman teman harus mau membagi mau untuk membagi waktu, tenaga, uang dan pikiran untuk belajar. Sekarang mulailah dengan menjual produk orang lain dengan sistemn dropship, reseller atau pun bermitra dengan produsen. Contoh, reseller dompet, agen travel, dropship baju, reseller jilbab atau dengan konsinyasi dengan toko toko yang besar dan lain lain. Sehingga ditahap awal teman teman tidak terbebani dengan biaya produksi yang terlalu besar dan angka kerugian bisa di minimalkan.

  1. Membuat lapak online

Lapak online ini arttinya teman teman membuat tempat jualan online atau tempat untuk berpromosi di internet. Untuk tahap yang paling mudah, gunakanlah sosialw media, misal gunakan facebook, twitter, BBM, buka lapak, Instagram, Tokopedia dan situs situs lapak online yang bisa dijadikan media promosi produk anda.

Pilihlah salah satu yang membuat anda nyaman dan bisa anda kuasai, lebih baik lagi bisa semuanya. Menurut pengalaman pribadi, saya biasanya mempelwebajari satu persatu. Namun ketika sudah lebih serius, lebih baik memulai membuat website sendiri. Kedepannya website ini kita gunakan sebagai lapak online resmi kita di internet dan kalau website kita sudah besar, bisa menjadi salah satu referensi suatu produk. Dan kalau kita pasang status di facebook, twitter atau sosial media yang lain, dan jika kita tampilkan maka kita terlihat semaksin keren. Biasanya salah satu parameter pebisnis online yang serius, yaitu dengan mempunyai sebuah website dan orang lain bisa lebih percaya saat akan bertransaksi dengan kita. Kalau masih awam dengan proses pembuatan website, maka palajari hal yang dasar terlebih dahulu, seperti membuat website, belajar pemrograman dasar seperti HTML atau jika tidak bisa membuat hal itu, maka mempergunakan jasa orang lain juga tidak s. Belajar perlahan lahan dengan kebiasaan, insya allah bisa, karena website sekarang ini lebih mudah dan praktis serta tidak terlalu ribet dalam menggunakannya. Dalam pembuatan website perlu dibutuhkan nama domain serta hosting untuk membuat website tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan baca apa itu hosting dan domain.

Setelah paham tentang domain dan hosting, teman teman harus memilih website gratisan atau yang berbayarkah yang digunakan.

  • Website gratisan

Banyak penyedia blog gratisan di internet seperti wordpress, blogspot, blogdetik dan lain lain. Tapi saya lebih saran untuk menggunakan wordpress dan blogspot karena lebih dikenal oleh pengguna internet dan juga lebih mudah dikenali oleh search engine. Contoh website gratisan

Wordpres : grosirmolluca.blogspot.cobm , grosirmolluca.wordpress.com

Jika dilihat dari sisi penamaannya, pasti di embel embeli nama domain, penyedia blog gratisan tersebut.

Kadang menggunakan website gratisan dianggap kurang profesional tapi hal ini lebih baik ditahap awal. Jika sudah berjalan lancar bisnis kita dan ada pemasukan keuangan, teman teman bisa mempertimbangkan untuk mempunyai website yang berbayar.

  • Website berbayar

Jika kita memiliki website berbayar, maka kita secara otomatis memiliki domain dan hosting sendiri sehingga diawal awal kita harus mencari nama domain yang tepat untuk website kita. Kemudian sewa hosting untuk digabungkan dengan nama domain tersebut. Kalau saran saya, cara yang seperti ini yang paling saya sukai dan rekomendasikan. Salah satunya memiliki alamat atau nama domain sendiri. Bisnis online kita akan terasa lebih profesional dan lebih terpercaya. Contoh website website berbayar dibawah ini, www.dompetmokamula.com. www.alimustikasari.com, www.agenjilbabmurah.com dan banyak situs lain yang berbayar.

Ditahap awal, gunakan kapasitas hosting yang berbayar biasanya sewa hosting sekitar 200-300 ribu pertahunnya dan untuk membeli domain sekitar 100ribuan, jadi total uang yang harus disiapkan 300-400ribu. Tapi perlu diingat bahwa nama domaain dan sewa hosting hanya berlaku selam setahun, jika ditahun berikutnya ingin menggunakannya maka teman teman harus memperpanjang domain dan hostingnya.

Untuk tahapan selanjutnya, akan ditulis dilain kesempatan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY