Home >> Gaya Hidup >> Tips Berkenalan dengan Orang Baru dikenal
No More Awkward! Dengan Cara ini Kamu Bisa Berkenalan Sama Orang Baru lho!
No More Awkward! Dengan Cara ini Kamu Bisa Berkenalan Sama Orang Baru lho!

Tips Berkenalan dengan Orang Baru dikenal

Biasanya orang lain akan menilai diri kita, pada saat pertemuan pertama. Misalkan sajak ketika hari pertama sekolah, ketika pertama kali masuk ke dalam sebuah komunitas, atau ketika pertama kai bertemu dalam acara tertentu.

Tentunya kamu mau kan guys, memunculkan kesan yang positif ketika orang lain pertama kali melihat kamu? Nah, salah satu hal yang penting untuk dapat menimbulkan kesan itu yaitu sikap kamu dalam berkomunikasi. Sebab gimanapun, kenyamanan orang lain saat berbicara dengan kamu pasti dipengaruhi oleh cara kamu dalam berkomunikasi. Lalu sebetulnya gimana sih caranya untuk berkomunikasi dengan baik? Berikut ini jawabannya untuk kamu!

  1. Mulailah dengan Senyum

Ketika kamu ada di dalam pertemuan pertama dan kamu mau berbincang dengan saseorang yang tentu pertama kali harus kamu lakukan yaitu dengan memberikan senyuman kepadanya. Pemberian senyuman itu bakal menandakan kalau kamu itu mau membuka pembicaraan dengan dia. Selain itu juga, senyuman yang kamu berikan itu akan memunculkan kamu merupakan orang yang ramah. Jangan sampai, orang lain bingung sebab kamu itu mendadak mengajaknya berbincang tanpa adanya tanda – tanda sebelumnya.

  1. Bicarakanlah Obrolan yang Ringan

Kamu bisa memulai perbincangan dengan membicarakan sesuatu yang ringan. Misalkan saja saling membincangkan pekerjaan masing – masing, asal universitas, atau bahkan kesukaan satu sama lainnya. Jauhilah perbincangan – perbincangan yang terlalu pribadi. Sebab ditakutkan ia akan tersindir dengan bahan omonganmu itu. kamu tidak mau kan guys, langsung dihiraukan sebb bahan perbincangan yang tidak mengenakkan?

  1. Tanyal Pertanyaan yang Baik

Kalau kamu mau memperpanjang perbincangan, kamu dapat meneruskannya dengan beberapa pertanyaan yang baik untuk dibahas. Misalkan pertanyaan mengenai pekerjaan kalian. Sebab tentunya akan begitu banyak sesuatu yang menarik untuk dikatakan kalau kalian itu ada di lingkungan kerja yang sama.

  1. Tunjukkanlah Kesenganmu Berkomunikasi dengan Melalui Gestur

Tidak cuma dengan tutur kata yang baik, kamu pun dapat menunjukan kegemaran kamu berbincang – bincang dengan dia melalui gestru tubuhmu. Buktikanlah kalau kamu itu tertarik dengan perbincangan yang dibahas melalui gerak tubuh, ekspresi wajah, hingga tatapan mata yang konstan. Bahasa tubuh kamu yang baik bakal membuat perbincangan kamu dengannya pun lebih hidup. Tapi tentu saja harus diukur kadarnya, jangan sampai tampak dibuat – buat dan berlebihan ya guys!

  1. Bersikaplah Simpati

Kalau tidak terasa perbincangn sudah panjang, kalian sudah membahas suatu hal yang banyak, dan kebetulan sekali ternyata ia juga justru membahas masalah yang ia miliki. Jangan langsung ikut – ikutan menyalahkannya di dalam masalah yang sedang ia hadapi atau jangan langsung memberikannya judge. Dengarkanlah saja dan buktikan sikap simpati kamu. Sebab bisa aja kalau dia itu memang orang yang terlalu terbuka dengan banyak orang. Cukup tuturkan kata – kata yang bermaknakan kalau kamu itu ikut prihatin sama masalahnya.

  1. Fokuslah dengan Sikap Orang Lain

Ketika kamu berbincang dengan orang yang baru dikenal, lebih baik nikmati saja perbincangan itu dan fokuslah terhadap sikap baik yang ia tunjukkan. Kalau ada sikap ia yang agak kurang mengenakkan seperti memotong pembicaraan, sebaiknya abaikan aja daripada harus beranggapan yang jelek mengenai sikapnya. Sebab bisa aja ia tidak sengaja melakukan hal tersebut dan tentunya masih terlalu dini bukan untuk menyimpulkan tentang sikap jeleknya itu?

  1. Sebutlah Nama Orang yang Kamu Ajak Ngobrol

Sebuah penelitian menyatakan bahwa seseorang bakal merasa lebih kenal ketika disebutkan namanya. Gimanapun juga, nama merupakan hal yang terpenting dari identitas seseorang. Tentu saja hal yang menggembirakan kalau kamu itu memanggil nama lawan bicaramu dan dia pun akan merasa lebih akrab dengan kamu. Kalau kamu lupa siapa nama dia, jangan takut untuk menanyakannya kembali. Sebab pasti bakal bermanfaat untuk menjalin pertemanan selanjutnya.

  1. Dengarkanlah dengan Baik – Baik Ucapan Orang yang Berbicara Padamu

Mungkin kamu pernah mendengar kalimat *perlakukanlah orang lain seperti kamu mau diperlakukan*. Nah kayaknya kalimat itu berlaku juga pada cara berkomunikasi. Kamu tentu mau kan didengarkan saat sedang berbicara? Maka dari itu, kamu dapat memulainya dengan betul betul mendengarkan perkataan orang lain. Jauhi sikap mengangguk – angguk aja padahal telinga kamu itu tidak mendengarkan. Sebab gimanapun sikap itu membuktikan kalau kamu itu tidak terlalu beranggapan kalau itu merupakan perbincangan yang oenting.

  1. Tahanlah Ego Kamu

Dalam perbincangan dengan seseorang ada banyak kemungkinan bahan perbincangan yang akan diobrolkan, salah satunta yaitu lawan bicara kita bakal terus mengatakan kelebihan atau prestasi yang ia miliki walaupun sebetulnya hal itu tidak kita tanyakan. Kalau hal seperti itu terjadi, sebaiknya kamu tahan egomu untuk turut memberitahu prestasi atau bahkan hal yang kamu miliki meskipun sebetulnya semua yang kamu punya itu melebihi dari lawan bicaramu buktikan. Sebab gimanapun ini merupakan perbincangan yang tidak membutuhkan pengakuan, yang kamu perlukan yaitu terhubung dengan kawan – kawan baru.

  1. Jauhilah Pembicaraan yang Out of Topic

Ini adalah salah satu hal yang penting ketika kamu berkomunikasi dengan orang lain. coba deh kamu bersikap untuk tidak mengatakan hal yang out of topic dari inti pembahasan. Misalkan saja kamu dan beberapa orang yang baru kamu kenal lagi membicarakan mengenai profesi, nah jangan sampai deh kamu itu mengalihkan pembicaraan itu ke pembicaraan tentang tempat hits di kota kamu. sebab yang harus selalu kamu ingat, ini merupakan pertemuan pertama kamu dengan mereka. Membuktikan kesan yang baik merupakan hal yang penting.

Memang dalam berkomunikasi itu perlu diperhatikan berbagai hal, apalagi kalau kamu itu berbicara dengan beberapa orang yang baru kamu kenal. Maka dari itu hal yang di atas perlu kamu ingat agar kamu selalu dapat membuktikan kesan positif ketika pertemuan pertama guys!

About Dennisa Azka Azzahra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *