Home >> Tumbuhan >> Tips Agar Pohon Jambu Air Cepat Berbuah

Tips Agar Pohon Jambu Air Cepat Berbuah

Jambu air yaitu jenis tumbuhan yang masuk ke dalam suku Myrtaceae atau jambu-jambuan, jambu air ini berasal dari Asia Tenggara. Jambu ini mudah untuk di tanam juga mudah untuk di budidayakan, salah satunya yaitu bisa ditanam di dalam pot. Anda tidak perlu khawatir saat jambu air ini di tanam di dalam pot, meskipun di tanam di dalam pot rasanya tetap manis kalau anda ngerawatnya dengan benar. Dengan perawatan itulah jambu air akan bisa berbuah dengan baik dan juga tidak rontok. Jika anda menanam jambu air di dalam pot lakukan perawatan dengan benar agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Namun saat perawatan awal juga perlu dukungan dengan perawatan yang selanjutnya. Bagi anda yang memiliki pohon jambu air yang susah berbuah, berikut ini tips agar pohon jambu air cepat berbuah:

Pemupukan Pohon Jambu Air

Anda bisa melakukan pemupukan jambu air kurang lebih 3 bulan setelah menanam, setelah 3 bulan anda perlu melakukan pemupukan lagi. Pada saat pemupukan kedua anda harus menggunakan pupuk kandang seperti kotoran kambing sebanyak 15 kg, tambahkan dengan TS sebanyak 100-150 gram. Lakukan takaran ini selama 3 samapi 4 bulan berikutnya dan ratakan bagi satu pohon atau satu pot saja. Cara pemberian pupuk kandang yaitu siapkan pupuk kandang kemudian taruh dalam tempat yang di tanam di dalam pot secara merata.

Untuk pupuk TS juga taruhlah, tetapi cukup pada bagian pinggiran dalam pot saja. Setelah anda melakukan pemupukan langsung lakukan peniraman sampai rata basahnya. Lakukan penyiraman secara rutin di pagi hari kalau cuacanya tidak hujan. Meskipun tempat tanam menggunakan pupuk kandang, pupuk organik juga masih tetap diperlukan dalam menanam bibit tanaman. Pemberian pupuk organik masih tetap dilakukan sampai umur 2 tahun, setiap 4 bulan sekali. Tambahkan dengan NPK sebanyak 25 gram per drum, saat sudah umur 3 tahun dan seterusnya lakukan pemberian NPK per drumnya 100 gram. Caranya benamkan pupuk NPK sedalam 10 cm kemudian siram hingga cukup basah.

Penyiraman dan Pembugaran Tempat Tanam

Saat anda menanam menggunakan pot anda harus memperhatikan beberapa faktor. Yang pertama yaitu saat musim kemarau harus melakukan penyiraman, minimal sekali dalam sehari agar pohon jambu tidak dehidrasi. Jika penyiramannya menggunakan air PAM yang mengandung kaporit sebaiknya endapkan dulu semalam dan ke esokan harinya baru disiramkan agar tidak merusak tanaman pohon jambu.

Usahakan kalau menyiram jangan sampai air siramannya menggeng lebih dari 12 jam karena genangannya bisa menimbulakn penyakit busuk akar. Saat penyiraman juga tergantung musim, saat musim panas lakukan penyiraman minimal sehari sekali begitu juga sebaliknya.

Usahakan tempat tanam bibit tidak memadat karena pemadatan tempat biasanya terjadi karena peniramannya terlalu berlebihan. Setelah itu, lakukan penggemburan menggunakan skrop kecil. Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak akarnya.

Saat mengganti tanah di dalam tanaman setahun sekali sudah cukup, akan lebih baik jika anda melakukan dua kali dalam setahun. Jika akarnya sudah jebol anda harus mengganti potnya.

Mengurangi Daun Jambu Air

Anda juga harus melakukan perontokan daun, lakukan setelah tanaman jambu air berumur 6-8 bulan atau 3-4 bulan setelah pemupukan awal atau anda bisa melakukan sebulan setelah pemukan dilakukan. Cara perontokannya yaitu anda cukup membuang daun pada tiap ranting pohonnya, sisakan hanya 4 lembar saja yang berada di pucuk-pucuknya. Lakukan cara ini dengan keadaan tanaman sehat dan subur. Anda juga harus memperhatikan lingkungan agar pertimbangan saat akan merontokkan daun jambu air, saat cuaca panas tunda dulu agar perontokan ini berfungsi untuk merangsang pohon jambu yang berbuah.

Penyemprotan ZPT

Zpt yaitu zat pengatur tumbuhan, anda bisa melakukan penyemprotan setalah tanamannya sudah kuat juga sehat. Saat anda menyemprotkan zpt lakukan setelah pemupukan pertama, saat ingin menyemprotkan lakukan udara yang tidak panas. Lakukan penyemprotan ini selang 2 minggu sekali kalau udara dan kesehatan pohonnya memungkinkan, berilah takaran 1 cc antonik per 1 sampai 2 liter air. Disamping itu tanaman sudah tidak lupa di siram lagi kecuali kalau turun hujan. Selain di semprotkan dengan antonik, jambu air juga disemprot dengan insektisida yaitu pembasmi serangga, lakukan dengan takaran 2 cc per liter air. Pada saat sudah umur setahun, sejak ditanam biasanya jambu air sudah bisa berbuah. Penyemprotan ini menggunakan pupuk anorganik salah satunya yaitu jenis pupuk yang cukup bagus yaitu pupuk Farmpion.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *