Home >> My Journey >> My Note >> Tentang Pengajian LDII
Pengajian LDII
Pengajian LDII

Tentang Pengajian LDII

Banyak dari teman teman yang ingin tahu dan penasaran tentang pengajian LDII. Setelah mengulas tentang LDII dengan tema Tidak Benar Ajaran LDII Sesat dan Kisah Nyata LDII di Masyarakat Umum Tentang LDII, ada beberapa yang bertanya tentang apa saya yang di kaji dalam pengajian warga LDII. Sebenarnya seperti halnya ormas lainnya, saya memberi contoh pengajian NU karena semua keluarga dari Ibu dan Bapak merupakan warga NU bahkan banyak yang menjadi orang penting di ormas NU tersebut. Organisasi NU mengadakan pengajian di setiap desa, ada tahlilan, ada yasinan dan semacamnya. Dan semuanya diserahkan di pengurus tingkat desa yang mengelolanya. Sehingga NU sebagai wadah untuk mempersatukan warga NU di Indonesia. Seperti halnya LDII merupakan Ormas yang mewadahi warga LDII untuk mengadakan kegiatan baik keagamaan ataupun sosial.

Materi Apa yang di Kaji dalam Pengajian LDII?

Materi khusus dalam pengajian LDII adalah Al Quran dan Al Hadist. Dengan memaknai Quran dengan bahasa indonesia ataupun bahasa jawa, serta kumpulan hadist hadist himpunan yang dirangkum dari Kutubussitah seperti Shohih Bukhori, Shohih Muslim dan kitab lainnya. Bagi yang diberi kelonggaran waktu bisa mengikuti pengajian Asrama kutubussitah tersebut di pondok pondok yang memang memberikan materi tersebut. Di setiap PC dan PAC LDII memiliki masjid yang digunakan untuk aktivitas pengajian untuk anak tingkat dasar sampai menengah atas. Sehingga mereka semua terbina sesuai program LDII yaitu memiliki ahlaqul karimah, berilmu, faham dan mandiri.

Siapa Saja yang ikut dalam pengajian LDII?

Namanya pengajian LDII, tentunya semua yang mengaji dalam forum tersebut adalah warga LDII. Dan apabila ada orang lain yang ingin ikut dalam pengajian tersebut dipersilahkan. Namanya mengaji adalah mencari ilmu agama dan semua orang wajib untuk mengaji. Jadi kalau semisal ada pengajian LDII dan anda ingin ikut dalam pengajian tersebut tidak ada yang melarang.

Jadwal Pengajian LDII di Setiap PAC LDII

Setiap PAC LDII di seluruh Indonesia mempunyai jadwal pengajian yang berbeda beda. Namun hampir semua PAC LDII minimal ada pengajian seminggu sekali. Kalau di daerah jawa, pengajian LDII rata rata minimal seminggu 2 kali. Tujuannya untuk meningkatkan kefahaman agama. Karena semakin banyak orang mengaji akan semakin banyak ilmunya dan tingkat kefahaman juga akan meningkat.

Sebenarnya saya ingin cerita banyak tentang pengajian LDII, namun kalau dalam bentuk tulisan masih kurang lugas. Bila ingin lebih detail tetang pengajian LDII bisa datang ke tempat saya dan melihat sendiri materi pengajian tersebut. Dan tidak ada satu materipun yang menyudutkan aliran lain dan bilang aliran lain sesat. Silahkan tinggalkan komentar jika ingin diskusi tentang pengajian LDII.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *