Home >> Tumbuhan >> Tanaman Hias >> Tanaman Hias Pembersih Udara Di Dalam Ruangan

Tanaman Hias Pembersih Udara Di Dalam Ruangan

Kalian semua pasti sudah tau apakah tanaman hias itu. ya, tanaman hias merupakan tanaman yang berguna untuk mempercantik halaman, maupun kebun di rumah kita. Namun bukan itu saja, ternyata tanaman hias mempunyai manfaat lain. Selain untuk penghias rumah, ternyata ada jenis tanaman hias yang mempunyai manfaat lebih. Salah satunya adalah sebagai tanaman hias pembersih udara.

Tanaman hias pembersih udara tentu sangatlah penting, apalagi di ibukota ini sudah banyak polusi di mana-mana. Polusi tentunya akan mengurangi kualitas kebersihan oksigen di sekitar rumah kita. Sedangkan, kita sudah tau bahwa oksigen sangatlah penting untuk kelangsungan hidup kita, terutama berperan penting dalam proses respirasi.

Terdapat beberapa jenis tanamn hias untuk pembersih udara, baik itu berasal dari jenis tanaman hias daun, ataupun jenis tanaman hias bunga yang dapat membersihkan udara. Hal ini di dasarkan atas penelitian yang di lakukan oleh NASA(National Aeronautics and Space Administration), dan juga penelitian oleh ALCA(Associated landscape Contractors of America.

Bagi anda yang tertarik untuk merawat tanaman hias pembersih udara, niat anda sangatlah baik. Karena adanya tanaman hias pembersih udara, maka udara di sekitar rumah anda akan menjadi sejuk dan juga sehat untuk di hirup. Berikut ini adalah jenis-jenis tanaman hias pembersih udara. Inilah penjelasanya:

  1. Florist’s chrysanthemum

Jenis tanaman hias pembersih udara yang pertama adalah Florists chrysanthemum. Cukup sulit namanya bukan. Tamana ini merupakan tanaman hias bunga musiman yang cukup indah. Jika kita merawatnya dengan sebaik-baiknya, dan juga dalam perawatanya itu benar, bunga ini akan dapat bertahan sampai 6 minggu. Tanaman hias yang satu ini dapat menyerap ammonia, xylene, formaldehyde, dan benzene.

Cara perawatan dari tanaman ini yaitu dengan meletakan di tempat yang terkena cahaya, tetapi bukan cahaya langsung dari matahari. Jangan lupa juga, periksa kelembapan tanahnya, dan di usahakan supaya selalu tetap lembab. Untuk tanaman yang satu ini, anda tidak perlu repot memberikan pupuk.

  1. English Ivy(Hedera Helix)

Jenis tanaman hias pembersih udara kedua yaitu English Ivy. Tanaman hias yang satu ini sangat bagus bila di letakkan di dalam ruangan rumah anda. karena, tanaman ini dapat menyerap partikel-partikel debu, serta dapat menyerap bulu halus, sehingga tanaman ini sangat bermanfaat, apalagi bermanfaat untuk penderita asma.

  1. Dragon Tree

Jenis tanaman hias pembersih ruangan selanjutnya adalah Dragon Tree. Tanaman ini merupakan salah satu spesies dari genus tanaman hias daun dracaena. Tanaman hias yang satu ini mempunyai batang yang tinggi, dan juga batangnya yang keras, serta daunya yang panjang dan berwarna hijau tua. Karena tanaman ini dapat tumbuh tinggi, peletakanya sangat cocok di tempat sudut rumah, ataupun si sudut kantor. Tanaman yang satu ini sudah tidak di ragukan lagi kemampuanya dalam hal menyerap racun di udara yang di sebabkan leh bensin, pernis, dan sebagainya.

  1. Bunga Krisan

Jenis tanaman hias selanjutnya adalah tanaman hias bunga krisan, atau biasa di sebut dengan naman bunga seruni. Tanaman hias yang satu ini memang terkenal sangatlah cantik. Selain kecantikanya, tanaman hias bunga krisan ini mempunyai aroma yang khas. Tanaman hias yang satu ini dapat menghadirkan nuansa rileks dan juga sejuk ketika di tempatkan di dalam rumah anda. sehingga dapat berguna sebagai penghilang rasa stres akibat pekerjaan yang begitu berat. Tanaman ini mampu menyerap benzene dari lem, palstik, cat, dan juga deterjen.

  1. Lidah Buaya

Jenis tanaman selanjutnya adalah tanaman Lidah buaya. Siapa sih yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini. Ya, selain berguna untuk rambut, ternyata tanaman ini juga berguna sebagai pembersih udara. Selain untuk rambut, lidah buaya ini juga berguna untuk penyembuh luka, bahan industry kosmetik, farmasi, makanan serta minuman, dan masi banyak lagi. Lidah buaya di percaya mamapu menetralisir racun benzene, formaldehida, dan berbagai bahan kimia lainya.

  1. Sirih Gading

Jenis tanaman pembersih udara selanjutnya yaitu tanaman Sirih gading. Tanaman ini mempunyai corak yang indah dan menarik untuk di pandang. Tanaman ini akan sangat cantik, bila di tanam pada pot gantung di dalam rumah. Karena, nantinya tanaman ini akan merambat ke bawah. Sirih gading juga sangat cantik bila di tempelkan di dinding rumah, ataupun di jendela kamar. Selain itu juga, tanaman ini dapat di letakkan di kamar mandi, dengan bentuk pot yang transparan. Daun dari tanamn sirih gading ini di percaya dapat menyerap racun-racun atau polutan di udara.

Mungkin itu saja untuk kali ini mengenai jenis-jenis tanaman hias pembersih udara. Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenisnya. Jika anda ingin tahu lebih banyak mengenai tanaman hias pembersih udara, atau tanaman hias lainya, selalu kunjungilah artikel saya ini. semoga artikel saya ini bermanfaat untuk kalian semua yang membacanya. Jika ada yang salah dalam penulisannya, anda bisa koment di bawah ini. sekian dari saya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *