Home >> Info Pajak >> Syarat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor
Syarat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

Syarat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Memiliki kendaraan bermotor berarti memiliki kewajiban untuk membayar pajaknya juga. Dalam hal ini pajak yang harus dibayarkan yaitu pajak kendaraan bermotor. Salah satu contoh kendaraan bermotor adalah sepeda motor.

Sekarang ini sepeda motor bukan lagi menjadi barang mewah. Hampir semua orang sekarang sudah memiliki sepeda motor. Bahkan dalam satu rumah ada yang memiliki lebih dari satu unit sepeda motor. Masing – masing anggota keluarga bahkan ada yang memiliki satu – satu.

Sebagaimana yang tercantum dalam undang – undang no.28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah bahwa pajak kendaraan bermotor adalah pajak yang dikenakan atas kepemilikan penguasaan kendaraan bermotor. Kendaraan yang beroperasi di daran atau pun di air termasuk ke dalam objek pajak kecuali kendaraan – kendaraan bermotor tertentu yang sudah ditentukan dalam undang – undang tersebut. Sepeda motor yang digunakan oleh orang pribadi untuk keperluan pribadi termasuk objek pajak kendaraan bermotor yang wajib dibayar pajaknya.

Pajak kendaraan bermotor biasanya dibayarkan sekali dalam satu tahun. dalam memudahkan wajib pajak untuk melakukan pembayaran pajak kendaran bermotor, pemerintah daerah baik propinsi, kota atau kabupaten memiliki beberapa pilihan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor di antaranya menyediakan samsat corner, samsat keliling dan juga e samsat atau samsat keliling. Dengan cara ini wajib pajak tidak perlu harus datang ke kantor samsat untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor. mereka pun juga tidak perlu antri di kantor samsat. Tinggal pilih opsi mana yang paling mudah bagi mereka.

Syarat pajak kendaraan bermotor

Bagi anda yang akan melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, ada beberapa syarat yang harus dibawa atau dipersiapkan. Di antaranya:

  1. KTP asli
  2. STNK asli
  3. Uang tunai

Yang perlu diperhatikan adalah KTP atau kartu tanda penduduk yang dibawa saat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor adalah KTP asli yang memiliki nama sama dengan yang tercantum di STNK. Jika anda tidak memilikinya, SIM juga bisa digunakan sebagai pengganti KTP. Dengan catatan nama di SIM juga sesuai dengan nama yang tertera di STNK. Buku nikah atau passport juga bisa digunakan sebagai opsi pengganti KTP.

Yang perlu diperhatikan berikutnya adalah uang tunai yang anda bawa. Sebaiknya ketika anda hendak melakukan pembayaran pajak kendaraan, perhatikan terlebih dahulu rincian pajak yang ada di bagian belakan stnk kendaraan anda. Di sana sebetulnya sudah ada rincian pembayaran pajak kendaraan bermotor. namun sebaiknya anda membawa uang dengan nominal yang lebih dari jumlah total yang tertera pada stnk tersebut. Sebab, pajak kendaraan bermotor dari tahun biasanya mengalami perubahan. Seperti sekarang ini ada kenaikan biaya administrasi pajak kendaraan bermotor. Membawa uang lebih akan lebih baik dari pada kebingungan harus mencari tambahan uang lagi untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor anda.

Cara membayar pajak kendaraan bermotor

Cara membayar pajak kendaraan bermotor ada bermacam – macam tergantung dari cara mana yang akan anda pilih. Pada kesempatan kali ini akan saya jelaskan bagaimana membayar pajak kendaraan bermotor melalui samsat corner atau samsat keliling. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Datang langsung ke samsat corner atau samsat keliling
  2. Serahkan dokumen syarat membayar pajak kendaraan bermotor
  3. Bayar sejumlah uang sesuai dengan pajak yang dikenakan pada kendaraan bermotor
  4. Proses pembayaran selesai, pajak sepeda motor anda bisa berlaku sampai dengan satu tahun ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *