Home >> Teknologi >> Smartphone Kamu Terkena Air? Tak Perlu Panik Segera Lakukan 9 Langkah Mudah Ini Untuk Mengatasinya.

Smartphone Kamu Terkena Air? Tak Perlu Panik Segera Lakukan 9 Langkah Mudah Ini Untuk Mengatasinya.

Meskipun saat ini banyak sekali smartphone canggih yang mulai mempunyai fitur tahan air. Seperti Samsung Galaxy S7, Sony Xperia X series, ataupun iPhone 7. Tetapi faktanya sampai sekarang masih saja sebagian besar dari beberapa merek smartphone masih belum memiliki fitur tahan air tersebut. Dan apakah smartphone kamu juga memiliki fitur tahan air tersebut? Jika tidak, maka pastikan kamu akan menyimak dengan baik beberapa informasi berikut ini.

Contoh Smartphone Yang Memiliki Fitur Tahan Air
Contoh Smartphone Yang Memiliki Fitur Tahan Air

Ketika kita tengah asyik bermain smartphone, terkadang kita tidak menyadari kegiatan apa sebenarnya yang sedang dilakukan. Contohnya saja disaat tengah asyik bermain smartphone dan merasa haus maka kita akan segera mangambil air minum dan tanpa sadar meletakkannya di sembarang tempat, akibatnya di saat kita ingin melakukan hal lain misalkan ingin menghidupkan televisi kita akan sembarangan meletakkan smartphone tersebut dan akhirnya akan basah terkena tumpahan air yang kita letakkan tadi. Pernahkah kamu mengalami hal seperti ini? Atau bahkan kamu pernah mengalami hal yang lebih parah lagi, yaitu smartphone kamu smapai tercelup air. Jika iya bangaimana cara untuk mengatasinya. Mungkin sebelum kamu melakukan cara untuk mengantisipasinya kamu sudah terlebih dahulu panik dan berpikiran kemana-mana. Tak perlu langsung pani jika menimpa hal tersebut. Akan lebih baiknya kamu perlu mengantisipasinya dengan 9 cara yang ada dibawah ini:

Larangan Keras Saat Smartphone Masih Basah.

  1. Jika smartphone kamu itu dalam keadaan tercelup air maka langsung keluarkan smartphone itu dari dalam air dan cobalah untuk tetap tenang. Dan jika smartphone itu hanyalah basah saja (tidak sampai tercelup air) maka cobalah untuk mendiamkan terlebih dahulu smartphone itu. Jangan pernah menghidupkan smartphone kamu terlebih dahulu.
  2. Jangan sembarangan menekan tombol. Yang kedua cobalah untuk tidak menekan tombol apapun meskipun aslinya anda merasa geregetan dengan smartphone itu.
  3. Jangan pernah menggoyang-goyangkan atau memiringkan smartphone kamu yang bertujuan untuk mengeluarkan semua air yang ada. Karena hal ini justru akan menyebabkan air yang ada di dalam bisa menyebar lebih luas lagi ke beberapa komponen smartphone kamu.
  4. Jangan langsung membuka dan mengotak-atik sendiri smartphone kamu padahal kamu belum berpengalaman. Hal ini dkarenakan kini sudah ada beberapa smartphone yang sudah dilengkapi dengan LDI (Liquid Damage Indikator). Yang mana jika kamu asal-asalan membuka dan membongkar smartphone kamu ini akan berakibat indicator pada LDI akan otomatis menyala atau aktif. Nah hal ini akan menghanguskan kartu garansi smartphone kamu.
  5. Jangan pula meniup atau mengipaskan air yang berada diatas layar smartphone kamu. Hal ini akan berdampak masuknyak airke dalam smartphone dan hal ini akan lebih memperparah kondisi kerusakan yang terjadi pada smartphone.
  6. Hindarkan smartphone dari segala sesuatu yang bersifat panas. Apalagi meletakkannya di dekat microwave, magicom, dan mengeringkannya menggunakan hairdyer, jangan pernah melakaukan hal-hal tersebut.

Hal yang Harus Dan Teramat Wajib Untuk Dilakukan.

  1. Jika smartphone masih dalam kedaan menyala. Maka segera matikan, tetapi tetaplah berhati-hati.
  2. Buka dan lepaskan tutup casing smartphone kamu. Dan keluarkan semua benda yang ada di dalamnya. Yaitu kartu Sim, dan MicroSD
  3. Segera ambil tisu, kain atau benda lain apapun itu yang penting dapat menyerap air. Gunakan benda tersebut untuk mengelap bagian smartphone dan mengeringkannya dengan sangat hati-hati. Jangan sampai alah mendorong air sehingga bisa masuk ke dalam semartphone.
  4. Jika saja serangan air dirasa sudah cukup parah. Anda barulah bisa menggunakan vakum untuk menyedot air yang sudah terlanjur masuk di dalam. Lakukan semua hal itu dengan sangat hati-hati dan pastikan kamu bisa menjangkau semua bagian yang kecil di dekat slot kartu SI, MicriSD, serta baterai.
    Pastikan Untuk Merendam Semua Bagiannya Ke Dalam Beras
    Pastikan Untuk Merendam Semua Bagiannya Ke Dalam Beras
  5. Untuk dapat memastikan kalu smartphone dalam keadaan benar-benar kering kamu dapat menggunakan bantuan beras. Pastikan untuk memasukkan smartphone kamu dalam beras sehingga tertutup semua. Hal ini dikarenakan beras sangat bagus bila digunakan sebagai penyerap cairan.
  6. Biarkanlah kondisi seperti ini berlangsung (smartphone dierndam dalam beras semuanya) selama minimal 24 jam atau sampai 48 jam juga boleh. Jangan pernah tergona ingin menyalakannya yang bertujuan hanya ingin mengecek saja. Biarkanlah dahulu smartphonemu itu dapat beristirahat sebentar.
  7. Setelah bebrapa hari itu berlalu. Segera keluarkan smartphone dar dalam beras dan nyalakanlah.
  8. Jika smartphone kamu tetap saja tidak mau menyala, maka cobalah terlebih dahulu untuk mengecharge-nya. Dan jika tetap saja tidak mau menyala baruah kamu bisa mengantarnya ke tempat servis HP terdekat agar mengetahui dimana letak kesalahannya.
  9. Yang terakhir jika smartphone kamu sudah mau menyala. Saya menyarankan untuk mengecek kembali semua fitur yang terdapat di dalamnya. Barang kali ada yang salah dari kegunaan fiturtersebut. Terutama speker, headseat, kamera, layar, fingerprint, dan semua fitur yang amat penting lainnya.

Itulah tadi 9 langkah mudah untuk mengatasi smartphone yang terkena atau bahkan tercelup ke dalam air. Jika hal buruk ini terjadi jangan langsung panik dan memikirkan yang tidak-tidak, itu hanyalah akan memperburuk keadaan dan tidak ada gunanya. Itulah bebrapa saran saya, semoga bermanfaat dan dapat membantu untuk anda semua.

About Indira Ningtias Yunfa

Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri dan bisa membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *