Home >> Gaya Hidup >> Sepatu Safety – Cara Memilih dan Fungsinya
Memilih Sepatu Safety
Memilih Sepatu Safety

Sepatu Safety – Cara Memilih dan Fungsinya

Pengertian Sepatu Safety Sebagai Alat Keselamatan Kerja

Salah satu anggota tubuh yang memiliki peran penting adalah kaki. Dengan adanya kaki manusia dapat melakukan apapun sperti berjalan, berlari, menendang dan bekerja. Sehingga kita perlu melindunginya dari berbagai macam bahay , salah satunya adalah dengan menggunakan Sepatu Safety. Sepatu Safety adalah bagian Personal Protective Equipment atau jika disingkat PPE. Regulasi keamanan dan keselamatan ini harus diterapkan pada industri-industri dan mengharuskan beberapa pekerjanya supaya mengenakan sepatu safety sebagai alat keselamatan kerja diantara beberapa peralatan keselamatan kerja yang lain, yang tujuannya sebagai pendukung pada keselamtan beberapa pekerjanya. Sepaty safety biasanya digunakan sebagai perlindungan didaerah kaki yang melindungi dari timpaan barang-barang yang berat atau sebagai perlindungan kaki apabila menginjak benda-benda yang tajam, yang bisa mengakibatkan pada kecelakaan kerja.

Sepatu Safety
Sepatu Safety

Kualitas sepatu safety memiliki beberapa jenis dan tipe yang masing-masing tipe dan jenis memiliki fungsi yang sesuai dengan medan kerja pemakainya. Sepatu safety yang berkualitas sangat penting sebagai keselamatan kerja yang sama dengan keselamatan kerja yang sesuai dengan Standard Nasional.

Merk sepatu safety Indonesia sendiri cukup banyak ada yang di produksi rumahan dan juga ada yang telah berkembang menjadi Pabrik dan Perusahaan. Sepatu safety berkualitas merk lokal sebenarnya bisa dengan mudah diteukan di Toko-Toko sepatu safety. Atau kalian bisa memebelinya secara online.

Merk sepatu safety yang berkualitas yang dijual secara online diantaranya adalah sepatu safety dengan merk Dr. OSHA. Sepatu safety merk ini telah dipenuhi dengan Standard Nasional Indonesia (SNI) juga sudah tercatat di SATRA dan ISO. Pada awal hadirnya sepatu safey yang dibuat dengan desain yang serupa dengan sepatu boots, namun pada perubahan sepatu safety yang mengikuti dengan jenis sepatu safety yang paling baik. Beberapa jenis resmi yang casual dan umumnya digunakan oleh para pekerja kantor ataupun pekerja yang bekerja ditempat-tempat lain. Berikut adalah fungsi-fungsi dalam menggunakan sepatu safety:

  • Melindungi Dari Benda Tajam
  • Mencegah Terjadinya Kecelakaan Kerja Yang Fatal
  • Melindungi Dari Benda Yang Panas
  • Melindungi Dari Cairan Kimia Yang Berbahaya
  • Membuat Pengguna Tidak Mudah Terpeleset

Masih banyak manfaat dan kegunaan yang kita dapatkan dari menggunakan sepatu safety, bekerja akan terasa lebih nyaman dan ama sehingga pekerjaan bisa lebih lancar dan  memeperoleh hasil yang lebih maksimal pula. Untuk mencari sepatu safety berkualitas dengan harga lebih murah di sarankan untuk membeli dari distributor sepatu safety. karena lebih murah dan kualitas produk lebih terjamin.

Cara Memilih Sepatu Safety Yang Baik

Bagi anda yang mungkin tidak ingin terkena kecelakaan atau hal-hal yang tidak ingin terjadi saat perjalanan atau saat melakukan aktifitas kini anda bisa mencoba sepatu yang bernama “sepatu safety”, yah mungkin bagi anda semua yang tau ini sudah hal yang biasa dan wajar di telinga anda tapi apakah anda tau bagaimana cara memilih sepatu safety yang baik bagi diri anda berdasarka jenis- jenis kegiatan atau hobinya, berikut cara memilih sepatu safety yang baik:

1. Pilihlah sepatu berdasarkan kebutuhanmu

Saat anda ingin punya sepatu safety untuk kerja di bangunan maka pilihlah sepatu yang memang untuk bangunan jangan karna warna dan bentuk yang anda tidak sukai lalu anda membeli sepatu safety pegunungan tentu saja ini tidak cocok bagi anda pekerja bangunan.

2. Cek sepatu saat mau dibeli

Tentu saja saat anda membeli sepatu safety jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu sebelum anda membeli, pertama cek lah sol sepatu pilihlah sol sepatu yang terbuat dari karet agar saat dipakai tidak terpeleset cek lah apakah ada kecacatan atau Tidak jika sudah lalu cek lah bahan atau badan sepatu apakah kuat dan lentur jika sudah cobak lah cari ukuran yang memang pas dengan anda jangan terlalu besar apalagi terlalu kecil jika sudah maka anda bisa langsung membelinya.

3. Pilihlah sepatu safety sesuai selera anda

Selera tentu perlu diperhatikan saat mungkin anda tidak menyukai warna hitam maka janganlah membeli warna hitam walaujpun di took itu hanya ada warna hitam karna anda bisa mengecek ditoko lain dan bagi anda yang mungkin suka menggunakan style baju maka paskanlah warna sepatu dengan baju dan celana anda agar anda bisa terlihat cool dan makin tampil pede saat berjalan dengan teman-teman.

Mungkin itu saja beberapa cara memilih sepatu safety yang baik dan wajib kalian ketahui jangan lupa agar selalu merawat sepatu anda terima kasih dan sekian. banyak kegunaan dan manfaat sepatu safety yang akan kita dapat dari menggunakan sepatu safety ini. semoga dengan artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *