Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Sejuta Manfaat Dari Lamtoro atau Petai Cina
Sejuta Manfaat Petai Cina
Sejuta Manfaat Petai Cina

Sejuta Manfaat Dari Lamtoro atau Petai Cina

Sejuta Manfaat Petai Cina
Sejuta Manfaat Petai Cina

Lamtoro atau biasa di sebut petai cina, bisa kita jumpai di perkampungan. Sering juga dijumpai di pekarangan rumah, atau kebun-kebun dan juga di pinggiran sawah. Tanaman yang satu ini sangat cocok untuk campuran masakan botok, pepes bahkan banyak orang yang langsung memakannya sebagai lalapan, orang Jawa sering memanggilnya dengan manding rasanya yang mirip dengan petai, dan juga aromanya yang sangat mirip menjadikan tanaman yang satu ini sering di sebut petai cina.

Meskipun banyak orang yang tidak menyukainya karena aromanya yang tidak sedap, rasanya yang sedikit pahit, dan juga manis, namun dibalik itu semua tersimpan berbagai manfaat. Ada banyak sekali penyakit yang dapat di sembuhkan dengan ramuan dari petai cina ini. Banyak peneliti yang mengatakan didalam petai cina terdapat kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh, kandungan seperti mineral dan kalsium dengan kadar yang cukup tinggi yang sangat di butuhkan oleh tubuh.

Manfaat Petai Cina untuk Kesehatan
Manfaat Petai Cina untuk Kesehatan

Lamtoro adalah tanaman yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, dan dari situlah menyebar luas. Dulu tanaman ini ditanam sebgai peneduh pohon kopi, kayunya sebagai kayu bakar, dan daunnya sebagai makanan ternak. Tanaman ini sangat cepat tumbuh, dan tanaman ini menjadi tumbuh liar diberbagai daerah tropis di Asia dan Afrika. Di Indonesia juga sangat banyak dijumpai tanaman ini.

Banyak yang menggunakan petai cina sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tidak hanya buahnya saja yang bisa di manfaatkan daun dari lamtoro jiga bisa di manfaatkan, jika anda terluka atau terkena benda tajam anda bisa langsung menggunakan daun lamtoro yang masih muda untuk penyembuhan diawal terluka, caranya dengan menghaluskannya setelah itu tempelkan di bagian yang terluka, tunggu sampai kering maka luka yang membuka akan tertutup.

Dan juga di dalam petai cina terdapat banyak sekali kandungan yang bermanfaat untuk kesehatn tubuh, dalam petai cina terdapat kandungan seperti Protein, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B, Zat besi, Lemak, Kabohidrat, Fosfor, Energi dan Kalsium.

Khasiat Buah dan Daun Petai Cina untuk Kesehatan

Dari banyak sekali penelitian bahwa petai cina mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, berikut ini adalah beberapa manfaat petai cina untuk kesehatan tubuh.

1.Diabetes Melitus

Petai cina bisa mengobati berbagai penyakit yang beresiko cukup tinggi, salah satunya yaitu diabetes militus. Diabetes ini terjadi karena kadar gula yang ada didalam tubuh terlalu tinggi dan juga tergolong penyakit yang sangat sulit dalam proses penyembuhannya, dan memakan waktu yang cukup lama.

Kita bisa menggunakan petai cina untuk menurunkan kadar gula yang ada didalam tubuh sehingga dapat membantu menurunkan diabetes. kandungan yang ada didalam petai cina mampu menormalkan fungsi pankreas yang dapat menghasilkan hormon insulin. Hormon Insulin itu sendiri adalah sebuah hormon yang dapat menurunkan kadar gula yang ada di dalam darah. Cara untuk pengobatannya sangat mudah satu sendok teh bubuk buah plong petai cina setelah itu seduh dengan secangkir air panas, segera minum ketika seduhan itu masih hangat. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari, lakukan setengah jam sebelum makan.

2.Dapat mengurangi Nyeri Luka dan Bengkak

Selain bisa cepat menutup luka yang terbuka, petai cina juga bisa mengurangi rasa nyeri pada luka dan juga bengkak, cara untuk mengobati luka juga sangat mudah ambil pucuk daun yang masih muda setelah itu haluskan dengan cara di kunyah lalu tempelkan di luka atau yang bengkak, kandungan yang ada di daun petai cina dapat menetalisir rasa nyeri akbat luka, dan tidak membutuhkan waktu yang lama luka pun akan mengering dan mengurangi bengkannya.

3.Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Biji petai cina dapat dijadikan sebagai penagkal radikal bebas dan juga mengurangi resiko terkena penyakit kanker, cara pengobatannya cukup mudah bisa dengan menyedh atau memakannya langsung. Sangat mudah jika ingin mengambil manfaat dari petai cina ini bisa dengan memakannya langsung, karena petai cina lebih enak jika dijadikan sebagai lalapan

4.Bisa untuk Obat Cacingan

Cacingan bisa terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa, hanya dengan mengonsumsi petai cina secara langsung maka cacing yang ada didalam tubuh akan mati. Bahkan diseluruh dunia sudah mengetahui manfaat petai cina sebagai obat untuk orang yang cacingan, kandungan yang ada didalam petai cina mampu membunuh cacing, petai cina mampu membunuh cacing gelang dan cacing cincin.

5.Bermanfaat Sebagai Pereda Nyeri Sendi dan Otot

Memang lamtoro ini bermanfaat dari buah, daun sampai  pada kulit pohonnya, terbukti kulit pohonpetai cina ini bisa meredakan nyeri sendi dan nyeri otot. Banyak negara luar mengambil kulit petai cina untuk dihancurkan setelah itu di minum langsung tidak hanya bermanfaat untuk meredakan nyeri sendi dan juga nyeri otot, kulit pohon petai cina ini juga bisa mengurangi rasa kram pada saat menstruasi. Sayang sekali untuk di Indonesia sendiri belum mengetahui hal yang satu ini.

6.Mengurangi Gatal atau Penyakit Psoriasis

Penyakit ini terkait dengan menurunnya kekebalan tubuh, yang secara tidak langsung menyerang kulit yang sehat. Penyakit ini munculjika produksi sel-sel kulit tumbuh dengan berlebihan. Pada kondisi normal tubuh akan memproduksi dan mengganti sel kulit seminggu sekali. Yang mengidap penyakit ini akan mengalaminya dengan hitungan hari, maka sel-sel kulit akan menumpuk dan membentuk penebalan kulit. Pengobatan dengan petai cina bisa dengan membubuhkan langsung petai cina yang sudah dihaluskan di bagian yang terkena Psoriasis atau bisa juga dengan cara memakan petai cina secara langsung.

Khasiat Buah dan Daun Petai Cina untuk Kecantikan

Manfaat Lamtoro untuk Kulit
Manfaat Lamtoro untuk Kulit

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan ternyata petai cina juga bisa untuk merawat kulit tubuh agar terlihat lebih sehat, berikut ini adalah ulasan mengenai manfaat petai cina untuk kecantikan.

1.Untuk Perawatan Kulit

Daun petai cina sangat bermanfaat untuk anda yang ingin kulit terlihat lebih halus, daun petai cina ini mengandung enzim alami yang dapat memicu pembentukan kologen di sel-sel kulit sehingga anda akan terhindar dari kulit kusam, kering dan keriput, selain itu anda bisa memanfaatkan daun petai cina ini sebagai toner untuk menghilangkan minyak di kulit.

2.Melembutkan Kulit

Tentunya setiap wanita menginginkan kulit yang halus, lembut dan juga bersinar, daun lamtoro bisa membuat kulit anda bersinar dengan cara remas-remas daun lamtoro kemudian gunakan sebagai scrub untuk kulit anda, lakukan cara ini 2 kali saat mandi selama satu minggu. Hentikan pemakaian jika kulit terasa gatal.

Nah itulah beberapa manfaat dari buah dan daun petai cina bagi kesehatan dan juga kecantikan, beruntunglah bagi anda yang menyukai tanaman ini. Khasiat yang terkandung didalamnya ternyata sangat terbukti untuk anda yang belum percaya rasakan khasiatnya sekarang dengan cara mengonsumsi atau menggunakan tanaman yang satu ini.

About vivi rk

Seorang gadis desa yang ingin mencari ilmu, rela jauh dari orang tua, mempunyai harapan menjadi orang yang berguna bagi bangsa, dan agama. Sukses Dunia dan Akhirot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *