Home >> Pengetahuan >> Sarang Walet dan Sejuta Manfaatnya
Manfaat Sarang Walet
Manfaat Sarang Walet

Sarang Walet dan Sejuta Manfaatnya

Sarang walet merupakan sarang dari jenis burung walet yang bisa terbilang unik dan luar biasa. Sarang walet dibuat oleh burung walet dengan menggunakan air liurnya (saliva). Dari sarang walet ini banyak seklai mengandung protein dan gizi yang bermanfaat untuk tubuh.

Sarang walet semenjak ratusan tahun lalu sudah dikonsumsi dengan bebas di China, mulai terkenal di waktu kekuasaan Dinasti Ming. Sarang walet dikonsumsi untuk diolah sebagai bahan makanan dan juga dijadikan sebagai bahan pengobatan.

Kebanyakan, sarang walet diolah menjadi sup sarang walet (birdnest soup). Dan bisa kita jumpai di tempat-tempat makan Cina. Sebetulnya, Menjadikan sarang walet menjadi makanan atau obat ini bukanlah soal yang anyar, justru sudah semenjak ratusan tahun lalu, sarang walet ini digunakan sebagai bahan makanan. Di negara Cina, sup sarang walet menjadi makanan favorit oleh keluarga kerajaan. Dan alasan itulah, maka sup sarang walet menjadi simbol makanan istimewa yang bergizi dan harga sarang walet menjadi tinggi.

Sarang walet terbuat dari air liur burung walet yang terdiri glyco-protein yang membantu produksi sel-sel yang berfungsi membantu sistem kekebalan tubuh. Berdasarkan penelitian energi yang terdapat dalam 100g (sekitar 12 keping besar) sarang walet adalah sejumlah 345 kilo kalori kandungan protein sebanyak 85% dan 0,3% lemak. Mineral yang terdapat di dalam sarang walet yaitu kalsium, zat besi, dan asam amino (amida, arginin, sistin, humin, histidin dan lisin).

Sarang walet diketahui memiliki kandungan sekitar 17 asam amino non-esensial, semi esensial, dan esensial. Dan berdasarkan penelitian yang dilakukan tidak lama ini di barat bahwa sarang walet dapat dipakai untuk melawan sakit kanker dan sakit stroke.

Berbagai mineral yang terkandung pada sarang burung walet sangat bermanfaat untuk meningkatkan dan membantu kinerja tubuh. Terkandung 6 mineral bermanfaat seperti kalsium, kalium, besi, phospor, dan natrium. Di dalam tubuh, kalsium bekerja untuk menopang proses pembentukan tulang.

Protein yang ditemukan dalam sarang walet di dalam tubuh memiliki fungsi sebagai zat pembaharuan (renegenerasi). Protein mendirikan sel-sel dan jaringan baru serta juga bertindak aktif di sistem metabolisme tubuh.

Sarang walet dapat memperlancar kinerja paru-paru, meredakan batuk, membuat darah lebih bersih dan menyembuhkan stamina setelah sakit. Selain itu, sarang walet bisa meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan sakit asma, memperkuat daya ingat dan kerja otak, memperlancar peredaran darah dan meningkatkan kinerja jantung serta untuk memperlambat proses penuaan.

About Ali Mustika Sari

Anak Desa Yang Haus Akan Ilmu Dunia dan Akhirat. Berusaha Menjadi Anak Yang Berbakti Pada Orang Tua dan Bisa Memuliakan Dunia Akhirat. Mengais Rejeki Di Di Kota. " Anak Desa Rejeki Kota "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *