Home >> Rumah dan Taman >> Rumah Adat Jawa Barat Yang Unik
Desain Rumah Adat Jawa Barat
Desain Rumah Adat Jawa Barat

Rumah Adat Jawa Barat Yang Unik

Pada artikel kali ini saya akan mengulas mengenai rumah adat jawa barat yang memiliki keunikan, yang dimana keunikan tersebut tidak akan ditemui di bentuk rumah adat daerah yang lainnya. selain dianugerahi tempat dan juga alam yang subur nan indah, Jawa Barat ternyata juga menyimpan keunikan dibalik budaya yang dimilikinya. Masyarakat asli jawa barat ini disebut Masyarakat Sunda atau bisa juga disebut Urang Sunda. Sesuai dengan namanya, Masyarakat Sunda terkenal akan oragnya yang ramah, sopan, riang, bersahaja, dan juga memiliki sifat yang optimis. Beberapa hal yang mengenai masyarakat sunda tersebut telah di tulis oleh Tome Pires, pada abad ke 15 silam, yang ditulis dalam buku yang berjudul”Suma Oriental’. Jika anda penasaran dan ingin mencoba bergaul untuk melihat kepribadian mereka, anda juga dapat memahami symbol – symbol yang terdapat pada rumah adat mereka. Yang dimana symbol – symbol tersebut berarti tentang kepribadian masyarakat sunda.

Biar anda tidak terlalu penasaran, langsung saja saya akan meberikan penjelasan dan juga gambaran dari rumah adat yang dimiliki oleh Jawa Barat, Masyarakat Sunda.

Berikut Rumah Adat Jawa Barat :

1.Imah Julang Ngapak

Rumah Adat Imah Julang Ngapak
Rumah Adat Imah Julang Ngapak

Julang Ngapak atau bila diartikan dalam bahasa Indonesia yang artinya adalah seekor Burung yang mengepakkan sayapnya. Desaign dari rumah ini juga mirip seperti namanya, yaitu atapnya yang melebar disetiap sisinya, dan apabila dilihat secara jelas dari depan bentuknya akan seperti seekor Burung yang sedang mengepakkan sayapnya. Memiliki bentuk yang sama disetiap sisinya tersebut dimaksudkan agar air yang berada di ujung atas rumah tersebut tidak merembes masuk ke dalam rumah. Atap dari rumah itu sendiri biasanya mengguanakan alang – alang yang telah diikat mengguanakn tali dari bamboo.

2.Imah Tagog Anjing

Rumah Adat Imah Tagog Anjing
Rumah Adat Imah Tagog Anjing

Rumah yang memiliki nama Tagog Anjing ini berarti seekor anjing yang sedang duduk. Desaign atap dari rumanya pun juga mirip seperti seekor anjing yang sedang duduk. Atap dari rumah ini biasanya disebut dengan Sorondoy yang berarti memiliki 2 bidang atap yang menyatu membentuk seperti segitiga, dan menyatu pada bagian depan atap.

3.Imah Badak Heuay

Rumah Adat Imah Badak Heuay
Rumah Adat Imah Badak Heuay

Badak Heuay ini memiliki arti Badak yang sedang menguap. Bila dilihat dari desaign luarnya, rumah ini agak mirip dengan rumah Tagong Anjing. Namun yang membedakan adalah atap bagian belakangnya yang melewati tepi pertemuan, sehingga bentuknya seperti mulut Badak yang sedang menguap. Rumah yang memiliki desaign semacam ini, biasanya kebanyakan digunakan oleh masyarakat Sukabumi.

4.Imah Jolopong

Rumah Jolopong atau yang berarti Terkulai ini, merupakan salah satu desaign rumah adat Jawa Barat yang sering digunakan. Karena rumah jenis ini mudah di betuk, serta juga tidak membutuhkan bahan material yang banyak. Rumah Jolopong ini memiliki atap yang terlihat seperti tergolek lurus. Atap dari rumah Jolopong ini memiliki 2 sisi yang berukuran sama panjang, dan sehingga bila ditarik seperti gari Imajiner di setiap ujungnya, akan membentuk seperti bentuk Segitiga sama kaki. Rumah yang biasa disebut Suhunan ini, masih dapat ditemui di daerah Kampung Dukuh (Garut).

5.Imah Parahu Kumureb

Sesuai dengan namanya, desaign atap dari rumah adat ini sama persis seperti sebuah Parahu yang Tengkurap. Rumah yang memiliki arti Parahu Tengkurap ini memiliki 4 bagian utama desaign atap. Yang dimana 2 atap bagian depan berbentuk menyerupai Trapesium, dan sisanya lagi membentuk semacam Segitiga sama sisi. Namun karena memiliki desaign atap yang membutuhkan banyak sambungan, rumah adat ini sering kali mengalami kebocoran pada bagian atapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *