Home >> Gaya Hidup >> Renungkanlah 9 Hal Ini Sebelum Kamu Memilih Pekerjaan
Inilah Hal Yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Memilih Pekerjaan
Inilah Hal Yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Memilih Pekerjaan

Renungkanlah 9 Hal Ini Sebelum Kamu Memilih Pekerjaan

“Udah nggak usah pilih-pilih kerjaan! Daripada nganggur, mendingan langsung terima aja kesempatan kerja yang ada.” Apakah kamu pernah dinasehati orang dengan kata-kata seperti itu? Kalau pernah, kamu pasti akan kembali tertegun dan merenungkan nasehat tadi. Sebagai anak yang masih belum tau apa-apa tentang dunia kerja, kamu pasti akan merasa bingung untuk menentukan tempat kerja mana dan pekerjaan apa yang akan kamu jalani kelak. Kebanyakan orang tua menginginkan anaknya bekerja sebagai pegawai tetap, entah itu pegawai negeri atau menjadi salah satu pekerja di perusahaan yang bergengsi, karna orang tua berpikiran bahwa pekerjaan-pekerjaan tersebut memberikan jaminan kemapanan yang cukup lumayan. Dan jika kamu memiliki orang tua yang juga berpukiran seperti itu, namun kamu tidak ingin bekerja sebagai pegawai, kamu pasti akan bingung untuk menentukan pekerjaan apa yang akan kamu jalani kelak. Sebenarnya kamu ingin membahagiakan orang tuamu dengan cara mengikuti kemauan mereka, namun di sisi lain kamu juga ingin bekerja sesuai dengan keinginanmu, dan pemikiran tersebut tak jarang membuatmu menjadi serba salah dan semakin larut dalam kebingungan.

Renungkanlah 9 Hal Ini Sebelum Kamu Memilih Pekerjaan
Masih Bingung Milih Kerja? Baca Artikel Ini

Tapi sebaiknya kamu tidak terlalu larut dalam perasaan serba salah dan kebingungan tersebut, cobalah untuk menanyakan beberapa pertanyaa di bawah ini pada dirimu sendiri untuk menentukan sebenarnya pekerjaan apa yang lebih pantas untuk kamu jalani nantinya.

1.Apakah Kamu Merasa Senang Jika Melakukan Pekerjaan Itu Seumur Hidupmu?

Kemampuan merupakan hal yang paling dibutuhkan dalam bekerja, namun jika kamu bekerja tanpa menggunakan hati, kamu akan mudah merasa depresi. Karna bukan tidak mungkin jika kamu akan jatuh sakit dan bahkan stress jika ada banyak tekanan pekerjaan yang membuatmu merasa tidak nyaman. Pikirkanlah lagi, jika kamu bekerja dalam bidang yang tidak kamu sukai atau bahkan yang kamu benci, kamu akan merasa tersiksa selama kamu menjalankan pekerjaan tersebut. Melakukan suatu pekerjaan yang sesuai dengan hobi akan membuatmu merasa lebih ringan untuk melakukan pekerjaan tersebut meskipun sebenarnya berat untuk dilakukan.

2.Lingkungan Kerja Seperti Apa yang Membuatmu Merasa Nyaman?

Setap orang memiliki standar kenyamanan masing-masing, dan kamu? Orang lain mungkin bisa duduk berjam-jam di depan laptop atau berteriak-teriak di depan orang banyak, namun kamu? Bagaimana standar kenyamanmu? Suasana kerja seperti apa yang membuatmu merasa nyaman? Kamu pastinya sudah memiliki bayangan sendiri tentang lingkungan kerja yang ideal untukmu.

3.Kira-Kira Kerjaan yang Kamu Lakukan Bisa Membuat Dirimu Lebih Berkembang Nggak?

Kamu harus mengetahui apakah dunia kerja yang akan kamu pilih bisa membuatmu menjadi lebih berkembang daripada sebelumnya. Karna bukan hanya waktu sekolah atau kuliah saja yang akan memberikanmu ilmu yang banyak, dunia kerja juga seharusnya memberikanmu lebih banyak ilmu yang baru dan berguna.

4.Kamu Mau Jadi Apa 5 Tahun Mendatang?

Sebelum kamu ditanyai oleh pewawancara di tempatmu melamar pekerjaan, kamu harus terlebih dahulu menanyakan pertanyaan ini pada diri kamu sendiri. Pikirkanlah 5 tahun ke depan kamu ingin jadi seperti apa, apakah menjadi seorang pengusaha yang sukses, penulis yang terkenal, atau menjadi seorang dosen di kampus yang terkemuka. Dari keinginanmu 5 tahun mendatang itu kamu dapat merancang masa depanmu mulai dari sekarang, salah satunya adalah di mana tempat kerjamu nanti.

5.Apakah Pekerjaan Tersebut Mampu Memberikan Kepuasaan Morilmu?

Tujuan bekerja bukan hanya mencari uang, tapi juga mencari kepuasan moril atau batin. Pekerjaan yang akan kamu jalani harus bisa membuatmu merasa puas, entah dengan pencapaian yang berhasil kamu capai atau setidaknya kamu merasa puas karna kebutuhan jasmani dan rohanimu sudah terpenuhi dari pekerjaan tersebut. Jangan terlalu mengejar kemapanan, nikmati dulu hidup dan pekerjaanmu agar kamu bisa lebih mudah untuk menjalani hidup dan pekerjaanmu.

6.Apakah Pekerjaan Ini Bisa Memberi Inspirasi Ke Anak-Anakmu Nanti?

Kamu harus bisa membedakan apa itu cari nama dan apa itu menjadi inspirasi untuk orang lain. Cari nama hanya sebatas ingin dikenal, tapi jika kamu sudah menjadi inspirasi untuk orang lain terutama anak-anakmu, kamu akan bisa membuat orang lain ingin menjadi kamu dan mengikuti jejak ketrampilanmu tanpa memandang jabatan dan tingkat sosialmu.

7.Kira-Kira Pekerjaanmu Bisa Tidak Mencukupi Kebutuhanmu Sekarang dan Nanti?

Sebelum memutuskan untuk memilih pekerjaan, pikirkanlah apakah pekerjaanmu itu bisa membuatmu mandiri dan tidak lagi bergantung sama orang tua. Pekerjaan yang kamu pilih harus bisa memberikanmu penghasilan yang setidaknya cukup untuk mencukupi kebutuhanmu sendiri, dan lebih baik lagi jika kamu bisa memberikan sebagian penghasilanmu pada orang tuamu atau pada orang alin yang lebih membutuhkan.

8.Apakah Pekerjaanmu Dapat Menyisakan Waktu Untuk Bersosialisai Dengan yang Lain?

Kamu sudah punya uang dan pengalaman yang banyak dari pekerjaanmu, tapi kamu tidak punya waktu untuk keluarga dan teman-temanmu, lalu apa gunanya punya uang dan pengalaman yang banyak jika kamu selalu merasa hidup sendirian dan kesepian? Kamu malah akan merasa tertekan dengan segala yang kamu miliki. Sebisa mungkin pilihlah pekerjaan yang tidak terlalu banyak menyita waktu, sehingga kamu masih bisa bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di dekatmu.

9.Apakah Pekerjaan Itu Sudah Sesuai Dengan Rencanamu?

Banyak orang yang bilang bahwa bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan impian itu hanya omong kosong. Namun banyak orang di luar sana yang bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan passion atau hasrat mereka, dan tidak menutup kemungkinan kamu juga akan mengalami hal yang sama dengan mereka.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *