Home >> Kesehatan >> BPJS Ketenagakerjaan >> Proses Mencairkan Dana Jaminan Hari Tua Melalui E-Klaim

Proses Mencairkan Dana Jaminan Hari Tua Melalui E-Klaim

Pada saat para petugas yang ada di Kantor BPJS Ketenagakerjaan melayani para peserta bpjs yang berniat ingin mencairkan dana jht nya, para petugas kwalahan pada saat melayani para peserta bpjs tersebut. Maka dari itu kini BPJS Ketenagakerjaan membatasi nomor antrian yaitu hanya 100 orang. Karena apabila tidak ada batas antrian maka para peserta yang berniat mencairkan dana jht tersebut tidak akan berhenti sampai malam pun.

Syarat Klaim JHT BPJS

Sebenarnya BPJS Ketenagakerjaan telah menyediakan fasilitas e-klaim. E-klaim yaitu layanan bagi para peserta yang berniat ingin mencairkan dana jht. E-klaim adalah klaim jht yang menggunakan system online. Tujuan diadakan layanan e-klaim yaitu untuk meminimalisir antrian pada setiap kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Para peserta BPJSTK yang sudah berhenti bekerja yaitu sejak 1 September 2015, baik itu karena mengundurkan diri maupun karena dipecat dan ingin mencairkan dana jht nya maka para peserta tersebut tidak perlu lagi untuk mengantri karena telah ada layanan e-klaim yang memudahkan para peserta untuk mencairkan dana jht.

Cara menggunakan layanan e-klaim BPJSTK untuk mencairkan dana jht anda sangatlah mudah. Caranya, para peserta BPJSTK cukup hanya melakukan pendaftaran kemudian mengupload dokumen yang dibutuhkan. E-klaim bisa anda akses melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Pada saat anda dating ke kantor BPJSTK anda hanya cukup membawa dokumen asli yang dibutuhkan untuk melakukan verifikasi.

Pada Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2015 yaitu tentang JHT menjadi PP yaitu nomor 60 Tahun 2015 dan juga tindak lanjutnya oleh Peraturan Menteri Nomor 19 Tahun 2015 yaitu tentang tata cara dan juga persyaratan pembayaran JHT. Sehingga dana JHT ini bisa cair yaitu hanya dalam waktu 1 hari.

Selain itu, bagi anda para peserta BPJSTK yang sudah melakukan klaim JHT yaitu melalui e-klaim atau melalui online. Maka dana JHT akan bisa cair dalam waktu 5 hari kerja untuk pencairan tunai. Namun apabila melalui transfer ke rekening bank peserta waktu yang dibutuhkan yaitu 7 hari.

Walaupun waktu untuk mencairkan dana melalui e-klaim ini lebih lama, tapi para peserta sangat bisa nyaman dan juga mudah karena tidak perlu lagi berebut nomer antrian lagi di Kantor BPJS Ketenagakerjaan. Para peserta hanya diminta membawa dokumen asli yang dibutuhkan untuk melakukan verifikasi dan tidak usah memfoto copy dokumennya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.