Home >> Internet >> Google Adsense >> PIN Google Adsense dan Cara Verifikasinya
PIN Google Adsense
PIN Google Adsense

PIN Google Adsense dan Cara Verifikasinya

PIN Google Adsense

Sebagai seorang publisher Google Adsense, tentu Anda akan merasa sangat senang jika menerima surat dari Google yang berisi PIN Google Adsense.  Sebab, pengiriman PIN tersebut berarti usaha Anda sebagai publisher Google Adsense mulai menghasilkan, karena pengiriman PIN hanya berlaku jika pendapatan seorang publisher mencapai minimal $10 atau dalam hitungan rupiah sesuai dengan nilai konversi dollar ke rupiah yang berlaku.

Tujuan pengiriman PIN Google Adsense untuk memverifikasi kebenaran biodata seorang publisher adsense, yang diajukannya ketika awal kali mendaftarkan diri sebagai publisher untuk Google Adsense. Oleh karena itu, pastikan Anda memasukkan nama dan alamat yang jelas sesuai dengan kartu tanda pengenal ketika pertama kali mendaftar ke Google Adsense.

PIN Google Adsense yang dikirim ke alamat Anda berbentuk surat putih berlogokan Google. Biasanya pengiriman PIN ke alamat Anda memakan waktu hingga 2 sampai 4 minggu, bahkan bisa lebih sesuai dengan jauhnya alamat yang Anda daftarkan. Tapi jangan khawatir, selama Anda memasukkan alamat yang jelas, PIN Google Adsense akan sampai kepada tempat Anda. Terjadinya beberapa kasus berupa tidak sampainya PIN tersebut ke alamat publisher lebih sering disebabkan karena kurang jelas dan kurang lengkapnya alamat yang dimasukkan oleh si publisher ketika mendaftar.

Cara Verifikasi Alamat Dengan PIN Google Adsense

Setelah PIN Google Adsense sampai ke tangan Anda, segeralah lakukan verifikasi alamat dengan PIN tersebut. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Bukalah surat dari Google tersebut untuk mengetahui PIN Google Adsense yang tertera di situ
  • Silahkan login ke akun Google Adsense Anda
  • Sampai tahap ini ada dua langkah verifikasi yang bisa dilakukan. Langkah pertama dengan mengakses account setting, lalu cari bagian verifikasi alamat. Langkah kedua (ini yang akan saya bahas di sini) adalah dengan mengelik notifikasi yang muncul dibagian atas dashboard akun Google Adsense Anda. Notifikasi tersebut berwarna merah sehingga mudah ditemukan
  • Selanjutnya masukkan PIN Google Adsense tersebut ke dalam kotak ‘Masukkan PIN’ yang tertera di situ, lalu klik tab ‘Kirim PIN’. Jika veriifkasi berhasil, Anda akan diperhadapkan dengan informasi akun

Perlu dicatat bahwa jika Anda salah memasukkan PIN Google Adsense sebanyak tiga kali, maka proses verifikasi gagal dan menyebabkan iklan Anda ditangguhkan dan tidak akan muncul dimanapun, baik di website maupun youtube. Jika ini terjadi, silahkan menghubungi pihak Google untuk membuka kembali akun Anda.

Jika PIN Google Adsense yang terkirim belum juga sampai ke alamat Anda, padahal rentang waktunya pengiriman sudah cukup lama, silahkan lakukan request PIN melalui akun Google Adsense Anda. Batas maksimal request PIN adalah sebanyak tiga kali dan hanya bisa dilakukan jika pengiriman telah berlalu 40 hari dari tanggal generated PIN yang pertama, namun PIN tersebut belum juga sampai ke alamat Anda. Jika ternyata PIN belum juga sampai padahal Anda sudah melakukan request PIN sebanyak tiga kali , maka langkah terakhir adalah melakukan scan data KTP Anda dan mengirimkannya melalui akun Google Adsense Anda.

Jika Anda pindah alamat, Anda tetap bisa mengambil pembayaran Anda di alamat yang lama. Hal ini tentunya jika masih memungkinkan. Adapun jika tidak memungkinkan disebabkan alamat yang lama berada di daerah yang jauh dari alamat terbaru Anda, maka cara yang terbaik adalah dengan mengupdate alamat baru Anda di akun Google Adsense Anda dan menunggu kedatangan PIN Google Adsensekembali. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *