Home >> My Life >> My Note >> Pilih Bekerja Atau Usaha Sendiri ( Wirausaha )
Pilih Bekerja Atau Usaha Sendiri

Pilih Bekerja Atau Usaha Sendiri ( Wirausaha )

Pernahkah anda di beri pilihan untuk bekerja atau usaha sendiri. Ini terutama yang sudah menyelesaikan sekolahnya. Karena kalau mau melanjutkan sekolah , pilihan yang harus antara memilih bekerja, kuliah , menikah atau usaha sendiri. Lebih banyak ya pilihannya kalau masih mengenyam pendidikan. Tapi kalau yang sudah bekerja seperti saya, untuk meningkatkan taraf hidup pasti ada pilihan itu. PILIH BEKERJA ATAU USAHA SENDIRI?

Saya sendiri awalnya dulu juga bingung memilih kedua pilihan tersebut. Apalagi yang sudah mempunyai anak istri atau tanggungan yang lain memilih antara bekerja atau usaha sendiri sangatlah sulit. Kalau saya pribadi dulu saat di tanya ini : PILIH BEKERJA ATAU USAHA SENDIRI Jawab saya saya pilih kedua duanya. Jadi saya kerjakan dua duanya meskipun hasilnya kurang memuaskan. Tetapi setelah berjalannya waktu, saya sudah mempunyai skill yang cukup dan dana yang cukup akhirnya salah memilih menjadi usaha sendiri atau seorang pengusaha.

Pilih Bekerja Atau Usaha Sendiri
Pilih Bekerja Atau Usaha Sendiri

Pekerjaan yang saya geluti dulu bekerja di internet dan tidak terikat dengan waktu, sehingga memulai usaha sendiri pun juga bisa. Mungkin kalau saya bekerja di kantoran atau pabrik, saya akan memilih bekerja dahulu baru usaha sendiri. Tapi jika dalam diri sudah terbentuk menjadi seorang pengusaha maka yang di pilih tentunya adalah usaha sendiri.

Kedua pilihan tersebut memang mempunyai resiko masing masing. Saya pernah ngobrol dengan teman teman yang memilih bekerja pada orang lain dan beberapa alasannya sebagai berikut :

1. Kemampuan yang di miliki kurang, dan yang di punyai adala tenaga saja. Sehingga untuk mencari maisyah harus menggunakan tenaga saja. Adapun suatu saat sudah punya kemampuan lebih inginnya membuka usaha sendiri.
2. Kondisi keluarga sehingga setiap bulan harus ada pemasukan yang rutin. Dan dengan dapat gaji dari kantor atau pabrik, akan dapat tunjangan dan lain lain sehingga tidak memikirkan untung rugi , jual beli dan lain lain.
3. Pengetahuan semakin bertambah, teman juga semakin banyak.
4. menjadi lebih disiplin karena terikat dengan dengan waktu dan peraturan dari perusahaan

Tapi, saat saya diskusi dengan Almarhum bapak saya, saya di sarankan lebih memilih ke usaha sendiri kalau sudah berumah tangga. Bapak saya bekerja menjadi kuli bangunan selama 24 tahun di malaysia, sehingga tahu detailnya , pahitnya menjadi orang yang bekerja sama orang apalagi bosnya bukan orang indonesia. Kalau di katakan kejam yang kejam , tidak tahu toleransi dan lain lain. Alasan bapak saya kenapa usaha sendiri di mulai sejak dini , apalagi kalau sudah rumah tangga :

1. Faktor umur itu faktor yang utama. Apalagi semakin bertambahnya usia, orang itu tenaga juga berkurang, pikiran juga termasuk. Tetapi pengalaman hidup seseorang akan lebih banyak.
2. Lebih mudah mengembangkan kemampuan yang kita miliki kalau tidak terikat dengan orang lain
3. Awalnya memang susah, semua di kerjakan sendiri. Tapi berjalannya waktu akan tahu kunci dari usahanya dan membayar orang lain untuk bekerja kepada kita.
4. Ini yang di idam idamkan banyak orang ” TIDAK TERIKAT DENGAN ATURAN ” mau bekerja terserah , mau tidak bekerja juga terserah. Tinggal hasil yang di inginkan seberapa
5. Kalau bisa membangun usaha keluarga bisa meningkatkan derajat keluarga
6. Waktu berkumpul dengan keluarga lebih banyak
7. Bisa turut andil dalam mengentaskan kemiskinan di indonesia

Masih banyak lagi sebenarnya. Intinya adalah ibadah kita semakin lancar. Terus ada yang bilang GIMANA KALAU RUGI ” Itulah resiko usaha “, tapi yang kita pikirkan sebagai seorang pengusaha adala positifnya dulu. Kalau yang terjadi negatif maka kita kembalikan pada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi teman teman semua…Aamiiin

4 Komentar

  1. mantab mas ali…..boleh tu tulisannya.

  2. iya bener, tapi keputusan ini terkadang juga harus selaras antara suami dan istri – keduanya harus satu visi dan satu misi: Usaha Mandiri dengan cara-cara seperti tersebut di atas 🙂 Ajzk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *