Home >> Pengetahuan >> Perlu Kalian Ketahui! Beberapa Jenis Tanah yang ada di Indonesia
Jenis Tanah Indonesia

Perlu Kalian Ketahui! Beberapa Jenis Tanah yang ada di Indonesia

Tanah adalah lapisan terluar bumi, tanah sangatlah penting bagi manusia karena mereka berada di atasnya. Tanah itu terbuat dari bebatuan yang mengalami pelapukan, proses pelapukan bebatuan ini terjadi sangat lama yaitu ratusan hingga ribuan tahun.

Pelapukan bebatuan di bantu oleh mikrooorganisme, perubahan suhu dan air. Jenis tanah di daerah satu dengan daerah yang lainnya akan berbeda, tergantung dengan komponen-komponen yang ada di dalam tanah tersebut.

Komponen yang terdapat pada tanah yang baik yaitu tanah yang menandung 5% bahan organik, air 25%, dan 50% mengandung mineral. Pengaruh letak geografis dan astronomis sangat penting untuk membentuk berbagai macam jenis tanah, jenis-jenis tanah di dunia berbeda-beda tergantung dengan lingkungan daerah tersebut. Beberapa jenis tanah yang ada di Indonesia :

  • Tanah Aluvial

Jenis tanah aluvial ini adalah tanah yang terjadi karena endapan lumpur, tanah ini biasanya yang terbawa oleh aliran sungai. Tanah aluvial ini biasanya di temukan di bagian hilir karena di bawa dari hulu, warna dari tanah ini biasanya berwarna coklat sampai kelabu.

Tanah ini sangat cocok di gunakan untuk pertanian, karena teksturnya yang lembut dan mudah di garap sehingga anda tidak perlu kesusahan untuk mencangkulnya. Tanah jenis ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia di mulai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Papua, dan Sulawesi.

  • Tanah Humus

Tanah humus ini merupakan tanah yang yang terjadi karena pelapukan tumbuh-tumbuhan, sehingga di dalam tanah humus ini mengandung unsur hara dan mineral serta tanah ini sangatlah subur.

Tanah humus sangatlah cocok untuk bercocok tanam, karena kandungan yang terdapat pada tanah humus ini sangat bagus untuk tumbuhan, Tanah humus ini mengandung hara dan mineral karena pelapukan tumbuh-tumbuhan sehingga sampai menghitam.

  • Tanah Kapur

Seperti dengan namanya, tanah kapur ini terjadi karena pelapukan dari bebatuan kapur. Tentu saja tanah ini tidak subur, jadi tidak bisa di tumbuhi tanaman-tanaman yang membutuhkan banyak air, namun tanah ini bisa di tumbuhi oleh tanaman yang kuat dan tahan lama seperti pohon jati dan pohon keras yang lain.

  • Tanah Pasir

Sesuai dengan namanya sendiri, tanah ini terbuat karena pelapukan bebatuan pasir. Tanah ini banyak terdapat di daerah sekitar pantai dan di wilayah kepulauan.

Tanah pasir ini tidak mempunyai kandungan mineral dan air karena teksturnya yang sangatlah lemah, di Indonesia sangat mudah untuk menemukan tanah pasir. Sebagai negara kepulauan, negara Indonesia termasuk negara yang mempunyai jumlah tanah pasir yang paling luas di dunia.

  • Tanah Podsolik Merah Kuning

Tanah ini sangat mudah di temukan di hampir seluruh wilayah Indonesia, karena persebaran tanah di Indonesia hampir rata.

Tanah ini berwarna merah hampir kekuning-kuningan, tanah ini kandungan organik dan mineralnya sangat mudah di cuci oleh air hujan. Maka dari itu jika ingin menyuburkan tanah ini anda harus menanami tanaman yang mengandung kandungan organik yang banyak, agar tanaman tersebut memberikan zat organik terhadap tanah.

  • Tanah Liat

Tanah liat ini terbentuk karena pelapukan bebatuan silika yang di lakukan oleh asam kabonat dan yang sebagian di lakukan oleh aktivitas panas bumi, tanah liat ini tersebar secara merat di seluruh wilayah Indonesia. Biasanya tanah ini di gunakan untuk membuat kerajinan seperti : vas bunga dari tanah liat, cobek dari tanah liat, dan lain sebagainya masih banyak lagi.

Itu semua adalah jenis-jenis tanah yang ada di Indonesia, kalian perlu mengetahuinya karena tanah itu yang kita pijaki sekarang dan tanah juga sangat penting bagi kehidupan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *