Home >> Kesehatan >> BPJS Ketenagakerjaan >> Perbedaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan
Perbedaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Perbedaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Kini di era zaman yang semakain berkembang pemerintah telah membentuk suatu perusahan BUMN yang mana perusahan tersebut bergerak dibidang asuransi kesehatan sosial yang melayani seluruh masyarakat di Indonesia ini, program tersebut merupakan badan penyelengara jaminan sosial atau yang biasa disingkat dengan BPJS. Badan ini mempunyai tugas yang sesuai dengan undang – undang  nomer 40 tahun 200 dan nomer 24 tahun 2011 dimana tugas dari badan penyelenggara jaminan sosial memiliki tugas menyelengarakan jaminan sosial di Indonesia, dan BPJS juga merupakan badan hukum Nirlaba.

Perbedaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Badan penyelenggra jaminan sosial atau yang disebut denagn BPJS terbagi menjadi 2 yang pertama yaitu BPJS kesehatan dan yang kedua yaitu BPJS ketenagakerjaan, diantara kedua jenis BPJS tersebut memiliki perbedaan tersendiri. Oleh sebab itu bagi anda yang ingin mengetahui letak perbedaan diantara kedua jenis BPJS tersebut maka simaklah atau perhatikanlah beberapa ulasan singkat berdasarkan undan – undang BPJS nomor 24 tahun 2011 pasal 6 yang berbunyi:

Perbedaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Sebagai mana yang telah dimaksud dalam pasal 5 ayat 20 huruf a yaitu menyelengarakan program jaminan kesehatan. Sedangkan untuk BPJS ketenagakerjaan sebagai mana yang telah dimaksud dalam pasal 5 ayat 2 huruf b yaitu menyelengarakan program : jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan pensiun.

Sesuai dengan uu no 24 tahun 2011 Dengan kehadiran BPJS berarti akan mengantikan Sessejumlah lembaga jaminan sosial yang mungkin telah ada sebelumnya yaitu akses diganti menjadi BPJS kesehatan dan jamsostek digantikan menjadi BPJS ketenagakerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.