Home >> Ekonomi >> Pentingnya sepatu safety sebagai Alat Keamanan
Sepatu Safety
Sepatu Safety

Pentingnya sepatu safety sebagai Alat Keamanan

Sepatu safety (safety shoes) merupakan salah satu alat pelindung diri yang harus digunakan saat sedang melakukan kegiatan yang beresiko maupun melakukan pekerjaan di medan yang memiliki resiko terjadinya kecelakaan.

Alat pelindung diri (APD) meliputi banyak sekali perlengkapan, di antaranya seperti Helm pelindung kepala, sarung tangan sebagai pelindung tangan, sepatu safety untuk melindungi kaki, jaket untuk melindungi tubuh, kacamata pelindung sebagai pelindung mata, masker untuk melindungi alat pernapasan tubuh, dan masih banyak lagi.

Masing-masing perlengkapan alat pelindung diri memiliki peran dan fungsi masing-masing, khususnya sepatu safety yang merupakan salah satu alat pelindung diri pokok yang harus selalu digunakan untuk mencegah dan meminimalisir resiko jika terjadi kecelakaan kerja.

Sepatu safety memiliki banyak sekali manfaat untuk pengguannya. Manfaat itu akan dirasakan terlebih jikaterjadi kecelakaan, namun tidak hanya itu saja, maksud penggunaan sepatu safety juga bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

Sepatu Safety
Sepatu Safety

Dengan sepatu safety akan melindungi kaki kita dari benda-benda tajam yang ada di lantai atau yang tergeletak sembarang di bawah. Benda-benda tajam bisa saja berserakan atau tidak kita sadari keberadaannya. Nah untuk mencegah kaki terluka karena benda-benda tajam tersebut diperlukan sepatu safety sebagai alat pelindung.

Sepatu safety juga digunakan untuk mencegah resiko fatal akibat kecelakaan kerja. Sepatu safet memiliki kekuatan dan ketebalan yang lebih baik dari pada  sepatu-sepatu biasa, sehingga tidak mudah untuk ditembus oleh benda biasa. Selain itu sepatu safety memiliki kekuatan untuk menahan berat, karena di dalamnya sudah dilapisi oleh metal dan baja sehingga tidak mudah untuk di remukkan. Hal ini akan bermanfaat jika kaki kejatuhan benda-benda berat atau terlindas sesuatu, sehingga kaki pun terhindar dari resiko patah tulang dan semacamnya.

Sepatu safety juga dapat melindungi benda-benda panas. Karena terbuat dari bahan kulit dengan lapisan metal did dalamnya membuat sepatu safety tidak mudah ditembus dengan benda-benda pansa sekalipun.

Fungsi sepatu safety juga berguna untuk melindungi kaki dari cairan berbahaya seperti cairan kimia yang terlihat seperti cairan biasa. Bisa sangat berbahaya jika sampai terkena kulit, terlebih cairan tersebut berada dilantai. Keran itu diperlukan sepatu safety untuk mencegahnya, jenis sepatu yang cocok adalah jenis sepatu safety Boots.

Banyak sekali manfaat sepatu jenis safety bagi kita. Selain bisa melindungi kaki namun kita juga dapat lebih leluasa bergerak dan berpindah karena kaki lebih aman dengan mengguanakan sepat safety.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *