Home >> Internet >> Google Adsense >> Pengertian Google Adsense
Pengertian Google Adsense
Pengertian Google Adsense

Pengertian Google Adsense

Pengertian Google Adsense

Pada artikel kali ini saya akan memberikan penjelasan seputar pengertian Google Adsense dan istilah-istilah yang terdapat di dalamnya. Artikel ini sangat penting, khususnya bagi seorang blogger pemula yang ingin memonetize blognya dengan menjadi publisher bagi Google Adsense.

Adapun pengertian Google Adsense berdasarkan keterangan dari Wikipedia bisa disimpulkan sebagai program periklanan yang diselenggarakan oleh Google dengan menggunakan internet sebagai media penayangannya. Iklan dari Google Adsense ini dipasang di berbagai blog atau website yang telah disetujui oleh pihak Google untuk menjadi publisher bagi iklan-iklan mereka. Sebagai imbalannya, publisher akan mendapatkan bayaran dari Google untuk setiap iklan situs yang diklik oleh pengunjung situs tersebut.

Sebagai kelanjutan dari pengertian Google Adsense, perlu juga diketahui bahwa iklan dari Google Adsense terbagi menjadi tiga, yaitu Pay per Click (PPC), Adsense for Search, dan iklan arahan (Referral). Pay Per Click adalah iklan yang bayarannya berdasarkan jumlah klik iklan, Adsense for Search adalah iklan yang bayarannya berdasarkan pencarian di kolom pencarian Google, sedangkan iklan arahan adalah iklan yang bayarannya berdasarkan dengan tindakan tertentu yang dilakukan oleh pengunjung sesuai kesepakatan antara Google dengan pihak pengiklan.

Beberapa Istilah Dalam Google Adsense

Untuk melengkapi pembahasan seputar pengertian Google Adsense kali ini, penting juga untuk mengetahui istilah-istilah yang terdapat dalam Google Adsense. Istilah-istilah ini akan sering di dengar oleh seseorang yang berkecimpung dalam hal ini. Beberapa istilah tersebut adalah:

1.Publisher

Publisher adalah istilah bagi penayang iklan Google Adsense yang sebelumnya telah mendaftarkan blog atau websitenya dan telah mendapatkan persetujuan dari pihak Google. Setiap publisher Google Adsense hanya boleh memiliki satu akun Google Adsense, namun boleh memasang iklan di semua situs yang dimilikinya dengan tetap mengacu kepada syarat dan ketentun yang telah ditetapkan oleh program Google Adsense.

2.Ad Networks

Ad Networks adalah perusahaan atau industri yang mengiklankan usaha mereka melalui Google Adsense. Dalam rangka melindungi hak pemilik iklan, ditetapkanlah syarat dan ketentuan Google Adsense bagi para publisher yang telah disetujui. Apabila syarat dan ketentuan tersebut dilanggar akan mengakibatkan banned atau penutupan akun publisher yang melanggar.

3.Ad Units

Ad Units tidak lain adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri dari pilihan jenis iklan dan ukurannya. Yang paling umum dan sering digunakan adalah jenis iklan teks. Pada saat pengunjung situs mengklik unit iklan Google Adsense yang terdapat pada situs tersebut, maka (jika sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan yang disesuaikan dengan nilai CPC iklan tersebut.

4.Link Units

Link Units berbeda dengan Ad Units.  Pada Ad Units, pemasukan sudah didapatkan ketika pengunjung mengklik iklan Google Adsense yang terdapat pada situs tersebut. Adapun pada Link Units, publisher tidak langsung mendapatkan pemasukan ketika pengunjung mengklik iklan pada Link Units. Sebab, ketika Link Unit tersebut di klik, pengunjung akan diarahkan ke halaman hasil pencarian search engine Google yang berisi iklan. Ketika pengunjung mengklik iklan yang terdapat pada halaman pencarian tersebut, barulah publisher mendapatkan pemasukan.

Demikianlah artikel mengenai pengertian Google Adsense dan istilah-istilah yang terdapat di dalamnya. Sebenarnya masih banyak istilah-istilah lainnya yang terdapat di dalam Google Adsense seperti page impressions, clicks, ctr, cpc, dan yang lainnya. Tapi, pada artikel kali ini saya mencukupkan untuk menyebutkan empat istilah saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *