Home >> How To >> Pendaftaran Online BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan

Pendaftaran Online BPJS Kesehatan

Prosedur Pendaftaran Secara Online Melalui Website Resmi BPJS Kesehatan

Sebelum kita melanjutkan untuk daftar menjadi peserta BPJS melalui aplikasi website online,  pastikan anda mempunyai koneksi internet terlebih dahulu. Kemudian di dalam tata cara daftar BPJS secara online, prosedur yang diberlakukan juga hampir sama ketika anda mendaftar secara langsung. Beberapa dokumen penting ayng perlu anda siapkan adalah KTP ( Kartu Tanda Penduduk ), KK ( Kartu Keluarga ), NPWP ( Pajak ) dan Nomor ponsel yang masih aktif. Disamping itu juga yang perlu anda siapkan adalah alamat EMAIL yang masih aktif. Anda bisa menggunakan alamat Gmail dari Google. Tujuan adanya alamat email ini adalah untuk menerima balasan ataupun kiriman E-Id dari pihak BPJS.

Tahap pendaftaran peserta BPJS Via Online

  1. Tahap pertama silahkan buka terlebih dahulu website resmi BPJS kesehatan dengan format http://bpjs-kesehatan.go.id melalui PC atau Laptop ataupun bisa mendaftar di warnet.
  2. Kemudian langkah berikutnya adalah dengan melakukan klik Kolom pendaftaran yang ada di bagian Pojok Kanan atas.
  3. Langkah berikutnya anda dsuruh untuk mengisi beberapa data yang diminta, contohnya seperti identitas secara lenhkap, meliputi nama lengkap, alamat, tempat dan juga tanggal lahir. Kemudian isikan Alamat email anda serta alamat email kantor cabang BPJS yang ada di Kota anda. Selain itu anda bisa memilih beberapa jelas faskes dari tingkat rendah hingga tingkat atas. Untuk masalah tariff, setiap tingkatan Faskes mempunyai tarif yang berbeda-beda.  ( Untuk Tarif Tingkat satu Rp. 80.000. Tarif tingkat 2 Rp. 51.000, Tarif tingkat 3 Rp. 25.000 ). Sesuaikan dengan kemampuan anda dalam melakukan iuran setiap bulannya.
  4. Setelah anda selesai dalam mengisi lembar formulir secara online, maka simpanlah data tersebut dan tunggu beberapa menit nomor registrasi anda. Biasanya pihak BPJS akan mengirimkan nomor registrasi ke email yang sudah anda cantumkan tadi.
  5. Langkah berikutnya anda bisa langsung mencetak atau print lembar virtual tersebut agar tidak lupa
  6. Lakukan pembayaran bisa dengan menggunakan bank BRI, BNI dan BCA
  7. Setelah itu BPJS anda akan aktif dan bisa digunakan segera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *