Home >> Agama >> Para Pahlawan Nasional Muslim Indonesia
Pahlawan Nasional Muslim Indonesia
Pahlawan Nasional Muslim Indonesia

Para Pahlawan Nasional Muslim Indonesia

Tentu semua warga di indonesia mengenali beberapa para pahlawan yang sudah membela negara kita agar tidak di  jajah oleh negara lainnya Para pahlawan terbut jika kita sebutkan seperti Bung Hatta, Bung Tomo, Ahmad Yani, Otto Iskandar Dinata, dan para pahlawan lainnya.Bahkan Mereka merupakan para pejuang bangsa yang sangat  berusaha membebaskan Indonesia dari segala bentuk penjajahan. Mereka adalah para pahlawan yang dengan gigih memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dan hampir semua para pahlawan nasional kita ini juga ada banyak sekali pahlawan  yang dari pesantren loh. Dan di antara dari mereka merupakan orang – orang yang sangat pandai dengan ilmu keagamaan dan sampai pernah jadi tinggal di pondok pesantren dan memiliki status anak santri . Meskipun hanya anak santren saja mereka masing – masing memiliki rasa nasionalisme yang sangat kuat sekali dan membantu melawan penjajah di masa dulu. Penasaran siapa saja pahlawan – pahlaawan nasional yang beagama muslim langsung simak aja biar nggak penasaran lagi Let’s Check it out! Berikut daftar – daftar Pahlawan nasional muslim.

1. KH. Hasyim Asyari

KH. Hasyim Asyari
KH. Hasyim Asyari

Pahlawan yang beragama muslim yang sering berkotribusi dengan membela negara kita yang akan kita bahas pertama adalah KH. Hasyim Asyari. Beliau merupakan sosok yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua terutama di kalangan Nahdlatul Ulama. Pendiri Nahdlatul Ulama ini dikenal sebagai “master plan pesantren” yang memiliki ilmu agama yang sangat tinggi. Sepulangnya dari Mekah pada tahun 1899 beliau mendirikan pesantren Tebuireng di Jombang. Dan pada tahun 1926 b3liau mendirikan organisasi islam terbesar di Indonesia, bahkan dunia, yakni Nahdlatul Ulama. Dan sebagai seorang ulama yang besar dan sekaligus pimpinan peantren, beliau juga senantiasa selalu membimbing dan juga mengajar para santri dalam berbagai bidang disiplin keilmuan khususnya di bidang agama. Disamping itu beliau juga sangat produktif dalam membuat karya tulis. Diantara karya-karya KH. Hasyim Asyari adalah bisa dilihat dari karya – karya yang di buat oleh dirinya Di dalam perjuangannya membela negara kita dan mempertahankan kemerdekaan negara kita ini, merupakan salah satu moment yang sangat penting bagi beliau yaitu yang beliau lakukan ialah dengan melakukan resolusi jihad. Dan dengan melalui resolusi jihad tersebut beliau mewajibkan umat islam untuk membela tanah air dan dengan melawan penjajah sebagai jihad mereka  Hingga kemudian umat islam semuanya berbondong-bondong melakukan perlawanan, terkhusus dari kalangan peantren di Indonesia.

2. KH. Ahmad Dahlan

KH. Ahmad Dahlan
KH. Ahmad Dahlan

Pahlawan nasional muslim berikutnya adalah KH. Ahmad Dahlan beliau lahir pada tanggal 1 agustus pada tahun 1968 di kota yogjakarta dan mana beliau ini sudah tidak terdengar asing lagi oleh masyarakat indonesia apalagi umat islam. Dan beliau juga pendiri organisasi Muhammadiyah Beliau juga sering banyak sekali melakukan pembaruan islam di negara kita yaitu indonesia. Dan semua jasa – jasa yang di berikan oleh beliau dalam membangkitkan kesadaran rasa kebangkitan bangsa indonesia ini dengan melalui pembaharuan islam dan dengan pendidikan.

3. Bung Tomo

Bung Tomo
Bung Tomo

Pahlawan nasional yang muslim berikutnya akam kita bahas adlah pahlawan yang sangat terkenal dan tentu saja banyak yang mengenalnya Yap! yaitu Bung Tomo. Hal ini bermula pada waktu ketika presiden soekarno mengirim surat kepada KH. Hasyim Asyari dengan berkenaan pada hukum keagamaan islam yang tentang perang membela negara dari berbagai ancaman musuh. Dan kemudian pada tanggal  21-22 Oktober 1945, KH. Hasyim Asy’ari mengumpulkan Kiai se Jawa dan Madura. Di dalam rapat tersebut diputuskan bahwa perang membela negara adalah perang suci atau disebut dengan jihad. Pada masa itu, disebut juga dengan resolusi jihad. Dan sangat tepat sekali Bung Tomo lah pemimpin dari perang suci tersebut yang juga berlatar belakang pesantren, jadi hingga berhasil menggerakkan semangat warga Surabaya untuk berperang melawan penjajah. Dikabarkan bahwa perang itu adalah perang nasional terbesar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *