Home >> My Life >> My Experience >> Nasib seorang yang di panggil “Mastah”, “Suhu”, “Sifu” dan Sejenisnya
Mastah Internet Marketing

Nasib seorang yang di panggil “Mastah”, “Suhu”, “Sifu” dan Sejenisnya

Saya baru mengenal panggilan yang ramai dengan panggilan Mastah, Sifu, Suhu Celcius, Suhu Fahrenheit dan semacamnya baru tahun 2013. Dan semakin ramai dengan panggilan tersebut di tahun 2014 dan bahkan muncul dengan kebalikannya “Newbie”, “Nubi”, “Nobitol” dan lain lain. Memang sejak bapak saya meninggal dunia, saya tetap berkecimpung di Internet hanya saja tidak totalitas seperti sebelumnya. Ya ngisi seminar, berbagi ilmu internet mulai dari kopdar atau private internet marketing dan segala hal tentang internet marketing. Namun, semangat yang membara untuk mencari income di Internet sangat kecil sekali. Alasannya simple : saya terjun di Internet karena tantangan dari orang tua terutama almarhum bapak, namun di saat saya baru bisa di katakan sukses di internet tahun 2012 akhir, ternyata Allah SWT memanggilnya tahun 2013. Tapi semua itu sudah menjadi takdir yang tidak bisa di tolak.

Mastah Internet Marketing
Mastah Internet Marketing

Awal saya kembali dunia internet marketing karena di kontak oleh Gus Nana Academy  untuk mengisi seminar internet marketing terutama di adsense, padahal saya sendiri tidak terjun lagi di Adsense hanya sekedar penikmat adsense sejak 2012 ( kena banned dan blog saya biarkan namun ada kiriman uang dari adsense yang baru ).

Tidak disangka ternyata dunia internet marketing semakin berubah, SEO sudah berubah berganti ganti, dan banyak UMKM yang berkecimpung di Internet dan lebih mantab lagi banyak GROUP GROUP yang dulunya isinya sharing isinya hanya jualan, di berandaku banyak sekali yang baru terjun sudah merekomendasikan sebuah tool yang sangat canggih karena iming iming program affiliate dan masih banyak lain yang ku temui.

Yang lebih parah lagi saya sebutan mastah yang melekat bagi setiap orang berbagi ilmu di Internet. Bahkan menjadi seorang mastah cukup mudah.. Update status yang bermanfaat di facebook, di forum atau di tempat orang mudah berbagi langsung menjadi viral dan dikenal banyak orang sebagai seorang MASTAH. Meskipun tidak terlalu mengerti apa yang di bagikan, hanya dengan bantuan COPAS dari website terkenal tapi dikira sudah ahli dibidang tersebut. Padahal yang berbagi tersebut baru seumur jagung di Internet dan belum mendapatkan hasil dari internet. Tapi sudah seperti seorang internet marketer yang ahli di bidangnya.

Contoh : Seorang ingin di katakan ahli di adsense, hampir setiap hari update status tentang adsense, Upload penghasilan setiap hari. Bahkan SS orang lain di watermark sendiri untuk di upload di social media dan terkenal deh.. Langsung setelah itu jadi MASTAH.

Kembali ke Topik NASIB saya di panggil seorang MASTAH padahal baru kembali ke Internet seumur jagung. Menurut saya, panggilan tersebut menjadi beban dan belum pantas saya disebut seorang MASTAH. Ada juga yang panggil sifu, master, suhu kaya suhu celcius dan suhu fahrenheit dan panggilan lain sejenisnya. Padahal panggilan tersebut membuat saya sendiri kurang bisa berkembang. Tanya kesana kemari tentang internet marketing yang terbaru kurang di tanggapi karena katanya mastah. Nasib.. Nasib…

Yang paling saya rasakan beberapa bulan ini, saya ingin belajar Facebook marketing namun bukan ilmu yang di dapatkan namun sindiran, ada juga merendahkan dirinya sendiri dan saya tidak layak belajar sama dia karena masih newbie. Padahal saya sangat serius belajar facebook marketing karena saya memang tidak bisa. Nasib.., Nasib…

Sejak 2007 saya terjun di Internet hanya fokus di SEO dan Adword saja, namun Adwords sudah tidak saya geluti tahun 2010 karena ada beberapa alasan. Dan belum fokus belajar di Social media, karena untuk mencari pengunjung sebuah website atau menjual sebuah produk di internet tidak hanya SEO dan Iklan saja, namun Social media juga sangat penting termasuk iklan di social tersebut.

Di saat orang lain berkeluh kesah menjadi atau di panggil Newbie, tapi saya susah karena di panggil seorang MASTAH. Tapi sejak 2016, saya mengubah pola pikir saya pribadi, dan saya berpikir positif terhadap panggilan tersebut dan lainnya. Jika di panggil mastah, sifu, suhu dan lainnya, artinya saya di doakan orang tersebut nantinya akan ahli seperti yang disebutkan. 🙂

About Ali Mustika Sari

Anak Desa Yang Haus Akan Ilmu Dunia dan Akhirat. Berusaha Menjadi Anak Yang Berbakti Pada Orang Tua dan Bisa Memuliakan Dunia Akhirat. Mengais Rejeki Di Di Kota. " Anak Desa Rejeki Kota "

2 comments

  1. Aamiin…wish you all the best Mastah…

  2. Sungkem mastah 😀
    kalau saya dulu dipanggil mastah oprek android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *