Home >> Info Pajak >> Mudahnya Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online
Cek Pajak Kendaraan Bermotor Online

Mudahnya Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online

Bagi pemilik kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat sudah menjadi kewajiban untuk melakukan pembayaran pajak atas kendaraan yang mereka miliki. Pajak kendaraan bermotor sendiri ada yang tahunan dan ada pula yang lima tahun sekali.

Untuk pajak kendaraan bermotor tahunan, pajak yang dibayarkan adalah untuk perpanjangan pajak stnk selama setahun ke depan. Pemilik kendaraan akan menerima struk pajak baru yang biasanya ditaruh dibagian belakang stnk.

Sementara untuk pajak kendaraan bermotor yang lima tahun sekali, selain perpanjangan stnk untuk satu tahun ke depan pemilik biasanya disertai pula penggantian plat nomor kendaraan. Kendaraan juga harus dibawa ke kantor samsat untuk dilakukan pengambilan nomor kendaraan oleh petugas.

Yang jadi persoalan bagi pemilik kendaraan bermotor selama ini adalah proses pembayaran. Yang mana, pemilik kendaraan bermotor biasanya direpotkan dengan tahap yang rumit. sebagian dari mereka kemudian memilih pihak ketiga “calo” untuk membayar pajak kendaraan tersebut.

Memilih menyerahkan pembayaran pajak kendaraan bermotor kepada calo bukanlah hal yang tepat. Sebab, pemilik kendaraan bermotor akan diminta sejumlah uang jasa atas pembayaran pajak kendaraan tersebut. Besarnya pun tidak tentu, mereka “calo” bisa menentukan sendiri berapa besar uang yang harus dibayarkan oleh pemilik kendaraan bermotor. anda harus berani menawar jika lewat calo.

Hal ini tentu akan merugikan pemilik kendaraan bermotor. padahal membayar pajak kendaraan bermotor sesungguhnya tidaklah serumit itu. Jumlah besar pajak kendaraan bermotor pun bisa diketahui lebih awal. Caranya adalah dengan melakukan pengecekan secara online.

Bagi anda yang berada di jawa timur, sekarang telah ada layanan samsat online yang memudahkan pemilik kendaraan bermotor untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan bermotor. tidak hanya melakukan pengecekan saja tetapi juga pemilik kendaraan bermotor bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Jika anda ingin melakukan pengecekan atau pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online berikut adalah tahapan yang harus dilakukan:

  1. Kunjungi situs https://reg.esamsatjatim.com (situs ini merupakan situs resmi samsat online untuk jawa timur).
  2. Pada halaman awal situs resmi samsat online tersebut anda akan diminta untuk mengisi form yang berisi data seperti di bawah ini:
  • Kota : pilih kota di mana kendaraan bermotor anda teregistrasi. Klik tanda panah kecil untuk menampilkan kota pilihan. Pilih kota yang sesuai.
  • Samsat : pilih samsat di mana kendaraan bermotor anda terdaftar. Klik tanda panah untuk menampilkan samsat pilihan. Pilih samsat yang sesuai.
  • Nopol : ketik atau masukan nomor polisi yang sesuai dengan surat tanda kendaraan bermotor anda.
  • Kode : masukan kode verifikasi yang berisi serangkaian huruf dan angka. Apabila kode kurang jelas klik link “ini” di bawahnya untuk mengganti kode dengan kode yang lain.
  1. Klik tombol “cari” untuk menampilkan data dan besaran pajak kendaraan anda.
  2. Jika anda ingin melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, klik tombol “ya” untuk menuju ke halaman pembayaran.

Dengan cara pengecekan pajak kendaraan bermotor secara online, pemilik kendaraan bermotor bisa mengetahui lebih awal berapa besar pajak kendaraan yang harus dibayar. Jadi, pemilik kendaraan bermotor bisa mempersiapkan sejumlah uang yang harus dibawa. Selain itu, dengan proses pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online anda tidak perlu lagi antri berjubel di loket pembayaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *