Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Minyak Zaitun yang Kaya Akan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh.

Minyak Zaitun yang Kaya Akan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh.

Buah zaitun, tentunya sudah tak asing lagi bukan? Buah zaitun ini ternyata dapat dikonsumsi secara langsung tanpa perlu diolah terlebih dahulu. Hal ini sangat berbeda dengan minyak zaitun, yang harus mengolah buah zaitun itu terlebih dahulu demi untuk bisa mendapatkan minyaknya yang kemudian baru bisa dimanfaatkan. Minyak zaitun atau yang lebih dikenal dengan olive oil adalah minyak yang bisa didapat dari kandungan buah zaitun. Minyak ini termasuk ke dalam kategori minyak sehat karena banyak mengandung lemak tak jenuh.

Minyak zaitun inipun tentuya memiliki banyak sekali manfaat, terutama menfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Oleh karna alasan itu pula minyak zaitun kini banyak yang memanfaatkannya menjadi bahan kosmetik, perawatan rambut, dan sebagai bahan untuk dijadikan obet dari berbagai macam penyakit. Wow, sangat luar biasa bukan khasiat yang dimiliki minyak zaitun ini? Tentunya manfaat minyak zaitun ini telah diketahui sejak dahulu kala. Bahkan sejak jaman 400 tahun sebelum mesehi yang lalu, yang mana minyak zaitun ini mulai dikenal dan digunakan sebagai obat dalam pengobatan tradisional.

Jika ditanya kendungan apa saja yang ada di dalam minyak zaitun. Tentunya jika dilihat dari manfaatnya minyak zaitun ini memiliki banyak sekali kandungan penting dan yang diperlukan bagi tubuh. Tetapi yang paling dikenal adalah kandungan vitamin E-nya yang yang berfungsi untuk mencegah kanker, menguatkan sistem daya tahan tubuh, dan mengurangi penyakit jantung. Serta kandungan lain yaitu asam lemak essensial yang terdiri dari omega 3 dan omega 6 yang mana berfungsi untuk kesehatan jantung, obesitas, dan bahkan sampai dengan penyakit diabetes. Berikut inilah kita akan bahas satu persatu manfaat yang dimiliki minyak zaitun:

  • Menjaga kesehatan jantung.
    Menjaga Kesehatan Jantung
    Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa minyak zaitun ini memiliki kandungan lemak tak jenuh. Nah, lemak tak jenuh inilah yang sangat berperan penting dalam menjaga dan merawat kesehatan jantung. Yaitu lemak tak jenuh ini dapat mengendalikan kadar kolestrol jahat yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan mempertahankan kadar kolestrol baik. Sehingga dengan cara inilah minyak zaitun itu bisa menjaga kesehatan jantung.

  • Mengurangi terjadinya resiko kanker.
Mengurangi Resiko Kanker
Mengurangi Resiko Kanker

Selain manfaat lemak tak jenuh yang saya terangkan diatas. Lemak tak jenuh yang terdapat dalam minyak zaitun ini juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Dengan adanya antioksidan inilah yang dapat mencegah bahkan mengurangi terjadinya resiko terkena kanker. Selain itu, di dalam antioksidan ini pula memiliki senyawa hidroksitirosol yang berguna untuk mengontrol semua kadar gula yang ada di dalam tubuh. Sehingga tidak heran jika minyak zaitun ini akan bisa mencegah penyakit yang amat mematikan ini.

Selain itu, ini juga sangat bermanfaat bagi kaum wanita yang mana bisa mengurangi terkena resiko kanker rahim. Terbukti bahwa seorang wanita yang sudah difonis menderita kanker Rahim kemudian dengan ia mengonsumsi minyak zaitun ini dapat mengalami penurunan akan efek penyakit kanker tersebut, walaupun kemungkinannya hanya sedikit yaitu mencapai 26% .

  • Menjaga kesehatan usus.
    Menjaga Kesehatan Usus
    Menjaga Kesehatan Usus

Senyawa Oleuropein Aglycone ternyata juga terdapat dalam kandungan minyak zaitun. Senyawa ini memiliki peran yang cukup penting untuk menjaga kesehatan usus. Yaitu senyawa ini berfungsi untuk menjaga suplain darah yang menuju ke usus. Selain itu senyawa ini juga bermanfaat untuk dapat membantu mengurangi kerusakan yang dapat terjadi pada usus, yang disebabkan oleh penyakit kekurangan darah atau anemia.

  • Mengurangi rasa sakit lambung akibat penyakit maag.
Mengurangi Sakit Maag
Mengurangi Sakit Maag

Berbagai gizi yang terkandung di dalam minyak zaitun inipun juga mampu untuk melindungi tubuh dari terserangnya penyakit kanker lambung. Sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada lambung yang sering dirasakan oleh orang yang mempunyai penyakit maag.

  • Mengurangi peradangan pada sendi.
Mengurangi Radag Sendi
Mengurangi Radag Sendi

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh 145 pasien yang menderita sakit atau peradangan pada daerah sendi yang ada di negara Yunani Utara. Lantas tampak dari para pasien itu sama mengonsumsi minyak zaitun. Kemudian terbuktilah bahwa minyak zaitun ini dapat memeberikan efek manjur dan mengurangi sakit pada radang sendi yang sedang diderita oleh pasien.

Itulah sedikit dari sekian banyak manfaat yang dimiliki oleh minyak zaitun yang berguna bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda.

About Indira Ningtias Yunfa

Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri dan bisa membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *