Home >> Gaya Hidup >> Wisata >> Mengunjungi Solo, Kota Wisata Ramah Kantong
Keraton Solo
Keraton Solo - Sumber merdeka.com

Mengunjungi Solo, Kota Wisata Ramah Kantong

Solo atau dapat disebut juga Surakarta memang identik dengan keratonnya. Namun siapa bilang hanya keraton yang menjadi satu-satunya daya tarik kota ini? Faktanya, Solo memiliki banyak opsi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi sendiri atau beramai-ramai bersama keluarga atau teman seperti berikut ini.

  • Taman Balekambang

Penguasa pemerintahan Mangkunegara pada tahun 1916-1944 adalah seorang penguasa yang dianggap bervisi modern pada zamannya kala itu. Raden Mas Soerjosoeparto alias Mangkunegara VII sukses melakukan peningkatan kesejahteraan wilayah Praja Mangkunegara melalui perkebunan. Tak hanya menjadi seorang pemimpin pemerintahan yang hebat, ia pun merupakan figur ayah yang sangat baik. Bahkan saking besarnya rasa cintanya kepada kedua putrinya yang bernama GRAy Partini dan GRAy Partinah, ia membangun sebuah taman untuk kedua putrinya yang kini dikenal dengan nama Taman Balekambang.

Sejak dibuka untuk umum, Taman Balekambang menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi baik penduduk lokal maupun pelancong. Lahan hijau terbuka ini memiliki total luas hingga nyaris mencapai 10 hektare. Selain sekadar berjalan-jalan di bawah naungan pepohonan rindang, Anda juga bisa mengamati beberapa tingkah hewan yang ada di sini. Hanya dengan membayar sebesar Rp2.000,00 di Taman Reptil, Anda bisa menyaksikan  hewan-hewan reptil seperti ular dan iguana serta hewan-hewan selain reptil seperti rusa, monyet, burung kasuari, dan lan-lain. Selain itu, Taman Balekambang juga dikelilingi bangunan artistik khas masa lalu dan kolam air yang luas.

  • Kampung Batik Kauman

Daripada hanya mengenakan batik saja selama ini, Anda bisa sekalian melihat proses pembuatan batik dari awal sampai akhir dan bahkan praktik membatik sendiri. Nah, selagi Anda berada di Solo, sempatkan untuk mengunjungi Kampung Batik Kauman untuk melakukan aktivitas tersebut.

Kampung Batik Kauman tidak hanya terkenal di kawasan lokal. Kenyataannya, pusat kerajinan batik di Kota Solo ini sudah dikenal luas di seluruh penjuru dunia. Tidak tanggung-tanggung, penduduk luar negeri juga sudah banyak yang berlangganan membeli batik Kampung Batik Kauman dengan harga yang menembus angka jutaan rupiah. Anda dan keluarga dapat mengunjungi tempat wisata edukasi dan budaya ini setiap hari mulai sekitar pukul 07.00-20.00 WIB.

  • Pandawa Water World

Sesuai namanya, tempat wisata keluarga yang satu ini merupakan taman bermain dengan konsep dunia air. Tentu saja, nama Pandawa yang menjadi label tempat ini merepresentasikan isi lokasi. Desain Mahabarata sangat kental berada dalam area luas ini. Anda akan menemukan patung lima tokoh laki-laki bersaudara itu di titik-titik tertentu Pandawa Water World.

Tempat rekreasi air ini merupakan tempat rekreasi air terbesar di Jawa Tengah sekaligus disebut-sebut berskala internasional. Mulai pukul 08.00-16.00 WIB, Anda bisa menikmati aneka wahana di sini. Jika Anda berkunjung pada akhir pekan, Anda perlu membayar sebesar Rp100.000,00 per orang dan Rp80.000,00 di luar hari-hari tersebut.  Ada sekitar 27 wahana air yang seru sekaligus menantang di Pandawa Water World. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir sebab setiap wahana dijaga oleh petugas yang profesional.

Airy Rooms Hotel
Airy Rooms Hotel

Selain tiga tempat wisata tersebut, Solo masih memiliki banyak objek wisata menarik lainnya. Menariknya lagi, biaya yang harus Anda keluarkan selama di Solo untuk menjelajah tempat-tempat tersebut cukup ramah di kantong. Mengelilingi kota ini dengan bujet terbatas pun sangat memungkinkan. Termasuk pilihan akomodasinya.

Anda bisa menemukan banyak hotel murah di Solo melalui Airy Rooms. Dengan kemudahan mencari dan reservasi hotel berbujet terbatas melalui aplikasi atau situs resmi Airy Rooms, Anda tidak perlu lagi khawatir.

Selain itu, fasilitas hotel di Airy Rooms tidak akan mengecewakan meski dengan harga murah yang ditawarkan. Dijamin, setiap kamar Anda akan dilengkapi dengan fasilitas AC, televisi layar datar, tempat tidur yang nyaman dan bersih, air minum gratis, shower air hangat, dan tentu saja koneksi WiFi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *