Home >> Manfaat >> Mengetahui Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan
Manfaat Bunga Rosella
Manfaat Bunga Rosella

Mengetahui Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan

Tanaman-tanaman yang ada di sekeliling kita ternyata memang tidak hanya memiliki nilai keindahan semata, selain dari kecantikan bentuknya ada sebagian tanaman-tanaman yang biasa dijadikan sebagai obat herbal dalam membantu menyembuhkan berbagai penyakit ataupun membantu dalam merawat kecantikan tubuh kita. Namun hanya sedikit dari kita yang menyadarinya dan mau untuk memanfaatkannya.

Salah satunya adalah manfaat bunga rosella, bunga yang berasal dari wilayah Afrika dan memiliki warna merah, dan biasa dibuat untuk menjadi minuman the, dan seiring dengan berjalannya waktu, bunga ini diketahui dapat membantu dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Dan itulah yang membuat banyak orang mulai membudidayakan bunga rosella ini di halaman rumah mereka.

Manfaat Teh Bunga Rosella Untuk Kesehatan
Manfaat Teh Bunga Rosella Untuk Kesehatan

Kandungan Bunga Rosella

Bunga rosella ini memang hampir dapat tumbuh di segala musim dan sepanjang tahun, namaun apabila tanaman sudah tua akan mati dengan sendirinya. Dan untuk menanamnya juga tidaklah sulit dan bisa dibilang tidak teralalu merepotkan. Selain itu juga kita dapat membeli bibitnya tanaman ini yang sudah sedikit besar di dalam polibag. Dan selanjutnya kita bisa memindahkannya di media tanam lain atau ke kebun kita karena ukuran dari bung ini dapat mencapai hingga 5 meter.pada bagian kelopaknya yang segar terdapat unsur kalsium, karotena, niacin, thiamine, kalsium, riboflavin, protein, lemak, juga air. Dan hal inilah yang menjadikan rosella sebagai tanaman yang baik untuk dikonsumsi.

Manfaat Bunga Rosella Bagi Kesehatan

Sama halnya dengan manfaat kunyit, bunga rosella ini juga memberikan dampak positif bagi tubuh apabila dikonsumsi secara rutin, dengan cara diolah menjadi sebuah minuman teh rosella.

  1. Sebagai Sumber Antioksidan

Kelopak bunga pada bunga rosella mengandung antioksidan berupa senyawa fenolik yang empat kali lebih besar daripada manfaat daun kumis kucing. Selain itu juga terdapat antosianin dan gossipetin yang memberikan perlindungan akibat terjadinya gejala penyakit diabetes, gejala penyakit jantung, hingga gejala kanker.

  1. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan

Bunga rosella dapat membantu tubuh kita dalam meningkatkan siste kekebalan tubuh kita. Seperti yang kita ketahui bahwa sistem kekebalan tubuh ini sangat penting dalam mencegah berbagai penyakit. Dan dengan mengkonsumsi rosella di pagi hari dengan cara dijadikan minuman dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara bertahap.

  1. Program Diet yang Alami

Untuk anda yang sedang mengikuti program diet untuk mengurangi berat badan anda, mungkin konsumsi the rosella adalah salah satu cara yang tepat untuk program diet anda. Kandungan vitamin C dalam bunga rosella ini dapat membantu tubuh kita untuk melepaskan lemak dan juga kolesterol yang ada dalam tubuh kita. Mengkonsumsi rosella di setiap pagi hari dan juga sore dapat membantu memperlancar metabolsime tubuh kita. Tentunya jika metanolisme tubuh lancar maka berat badan akan menjadi semakin mudah untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

  1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Teh yang terbuat dari bunga rosella adalah pilihan yang tepat untuk membantu menurunkan tekanan darah kita. Dan ini merupakan manfaat dari bunga rosella yang sangat banyak dicari oleh orang-orang  karena dapat mengontrol tekanan darah juga menghindarkan dari kolesterol. Karena apabila tekanan darah menigkat, metabolisme tubuh akan menjadi tegang menyeluruh. Dan the rosella dapat membantu mengontrol tekanan darah sehingga mampu bekerja dengan baik dan menghindarkan dari beberapa masalah serius mengenai kesehatan.

Itulah sedikit mengenai manfaat teh bunga rosella yang dapat kita rasakan dengan mengkonsumsinya secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *