Home >> Kesehatan >> Mengetahui Fakta Rahasia Keajaiban Otak Manusia yang Sangat Menarik
Fakta Rahasia Otak Manusia

Mengetahui Fakta Rahasia Keajaiban Otak Manusia yang Sangat Menarik

Manusia memang diciptakan dengan berbagai organ yang memiliki peran dan kegunaan masing-masing. Dan salah satunya adalah otak, otak merupakan organ dalam tubuh kita yang memiliki fungsi paling mendasar dan juga sangat luar biasa. Hingga sekarang belum ada orang yang bisa menggunakan otak secara maksimal, dan banyak fakta ilmiah tentang kejaiban dan superioritas otak manusia. Otak pada manuisa terdiri dari 30 miliar neuron atau saraf melebihi kemampuan komputer apa saja yang ada di dunia ini. Otak pada manusia memiliki 30-70 triliun giga yang tentunya melebihi memori komputer canggih yang ada di dunia ini. Karena kemampuan otak dapat membentuk atau menciptakan pikiran bawah sadar kita.

Pikiran bawah sadar sama halnya dengan sebuah komputer yang dapat memberikan inovasi, gagasan baru dan tentunya sebagai gudang memori. Pikiran bawah sadar juga mampu mengingat-ingat segala sesuatu yang pernah kita lihat, alami, dan juga kita rasakan. Namun untuk dapat melakukannya memanglah tidak mudah dan butuh waktu lama.

Fakta Rahasia Keajaiban Otak Manusia

Sebagai manusia seharusnya kita bersyukur karena dianugerahi otak yang sangat menakjubkan ini, dan harus kita gunakan otak yang sangat luar biasa ini dengan semaksimal mungkin untuk hal-hal yang baik. Berikut adalah beberapa fakta rahasia keajaiban otak manusia yang harus anda ketahui.

  1. Apabil kita memikirkan sesuatu (tentang suatu hal), itu berarti anda telah menciptakan koneksi baru (jalur saraf) yang ada dalam otak anda.
  2. Otak kita tersusun 75% oleh air. Dan itulah yang mengakibatkan anda dapat mengalami dehidrasi, namun sebenarnya sebelum anda merasakannya otak telah mengalaminya terlebih dahulu yang mengakibatkan kita fungsi kerja melambat dan kita akan merasa kehausan.
  3. Tanpa harus berkata-kata, manusia dapat menentukan suasana hati seseorang hanya dengan membacanya dari raut wajah. Karena adanya suatu wilayah kecil di otak yang disebut amigdala yang bertanggung jawab dalam memberikan kemampuan membaca wajah orang lain dan dapat mengidentifikasikan bagaimana perasaan mereka.
  4. Seorang manusia tidak akan bisa menggelitik dirinya sendiri dikarenakan otak memberikan perbedaan antara sentuhan eksternal tak terduga dengan sentuhan seseorang diri.

Fakta lebih mendalam mengenai otak

  1. Di saat kita dalam keadaan sadar dan juga terjaga, otak manusia dapat menghasilkan listrik yang cukup untuk kita dalam menyalakan sebuah bolam lampu kecil.
  2. Untuk dapat mendeteksi sebuah gambar otak hanya memerlukan waktu sekitar 1,75 detik. Dan menurut para peniliti sebuah monitor pun tidak dapat melakukannya melebihi kecepatan otak.
  3. Apabila kita mempelajari sesuatu atau membuat suatu ingatan baru, maka otak kita akan membuat sebuah koneksi baru, dan begitulah seterusnya.
  4. Kedua bola mata kita bekerja dengan posisi yang berlawanan dari tubuh kita, misalkan kita melihat sesuatu benda dengan mata kanan anda maka akan diproses oleh otak kiri, lalu selanjutnya otot-otot di sisi kiri anda akan dikendalikan oleh belahan bagian kanan.
  5. Di bagian dalam otak kita adal bagian penyaring yang berfungsi dalam menentukan zat apa yang dapat melalui pembuluh darah otak kita, selain itu juga terdapat juga sumsum tulang belakang yang juga berfungsi sebagai lapisan perlindungan.
  6. Setelah mengalami cedera pada bagian otak, beberapa orang dapat mengalami Foreign Accent Syndrome (FAS) yaitu sindrom yang mana seseorang tiba-tiba mereka dapat menguasai berbicara dengan aksen bahasa lain.

Itulah sedikit fakta rahasia keajaiban otak manusia yang harus kalian ketahui. tidak hanya keajaiban duniasaja yang patut untuk kita ketahui tetapi mengenai otak kita juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *