Home >> Tips Dan Trik >> Mengenali Ciri-ciri Sahabat dan 3 Cara Memperkuat Persahabatan
Ciri-ciri Sahabat
Ciri-ciri Sahabat

Mengenali Ciri-ciri Sahabat dan 3 Cara Memperkuat Persahabatan

Arti sahabat adalah orang ketiga dalam kehidupan kita selain orang tua dan saudara, karena sahabat bisa dekat dengan kita bahkan lebih dari kedekatan kita dengan saudara. Sahabat mungkin bisa di artikan sebagai orang paling jujur di dunia karena dia bisa mengomentari segalanya dari kita meskipun itu menyakitkan, tapi hal yang menyakitkan itu tetap dia katakan, karena apa yang dia katakan itu demi kebaikan kita.

Persahabatan harus selalu dilandasi dengan rasa percaya yang tinggi dan saling mengerti tanpa ada yang mengatakan atau mengutarakan kita harus mengerti apa yang terjadi. Siapa pun itu sahabat kita, di mana pun dia, bagaimana pun keadaanya jika sudah menjadi sahabat kita harus saking mengerti perasaan satu sama lain.

Siapa pun di dunia ini bisa menjadi sahabat. Yang terpenting bisa saling mengerti, saling menghargai, dan saling menutup kekuranagan masing-masing. Bahkan sahabat itu tidak harus nyata kita bisa memiliki sahabat lewat sosial media. Karena sahabat adalah bagaimana kita bisa mengakui bahwa dia adalah sahabat kita.

Jika di lihat dari tingkatnya, teman, teman dekat, dan sahabat ternyata memiliki perbedaan, seorang teman belun tentu teman dekat, dan teman dekat belum tentu sahabat. Karena teman dan sahabat itu brbeda jadi kita harus mengetahui apa beda dari mereka untuk itu berikut ini adalah ciri-ciri sahabat.

Ciri-Ciri Sahabat
Ciri-ciri Sahabat

1.Telepati

Telepati adalah kemampuan kita untuk berkomunikasi atau menukar informasi tanpa menggunakan indera. maksutnya seorang sahabat tahu apa yang ingin di katakan tanpa sahabat mengucapkan satu patah kata pun. Atau ketika sahabat meminta pertolongan tanpa perantara apapun kita sudah bisa merasakan dan tanpa di minta seorang sahabat akan membantunya.

2.Jujur

Apapun keadaanya seorang sahabat akan mengatakan kejujuran apapun tentang kita, meskipun itu hanya sesuatu yang sepele namun terkadang teman tidak bisa melakukan itu, contoh kecil saja biji cabai yang nyelip di gigi kita sahabat akan jujur kepada kita, atau yang lebih penting tentang pilihan hidup kita, sahabat akan selalu mengatakan yang sejujurnya tentang semua demi kebaikan kita, meskipun terkadang yang sahabat ucapkan menyakiti perasaan atau dengan ucapan yang keras mereka menyatakan tidak setuju dengan pilihan kita. Yang jelas seorang sahabat tidak akan pernah menyembunyika apa yang dia pikirkan, terlebih jika apa yang dia pikirkan itu terbaik untuk kita.

3.Humoris

Seorang sahabat tidak akan berhenti membuat sahabatnya tertawa, oleh karena itulah sahabat menjadi orang yang humoris ketika berada di dekat kita, jika kita merasa mempunyai sahabat kita akan meakukan apa pun yang di rasa bisa membuatnya tertawa dan tahu apa yang membuatnya sedih atau kesal. Luar biasanya sahabat bisa membuat hati kita bahagia ketika kita sedang sedih.

4.Empati

Empati adalah kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain, merasa simpatik, dan berusaha membantu menyelesaikan masalah. Dengan kata lain kita bisa merasakan penderitaan orang lain yang kemudian melakukan hal-hal yang nyata agar dapat mengurangi penderitaanya.

disinilah di temukannya arti sahabat, sahabat tidak hanya bersimpati tapi juga berempati, tidak hanya turut berduka atau hanya ikut merasakan tapi juga melakukan hal-hal yang dapat meringankan masalahnya.

5.Murah Hati

Jika kamu seorang yang mempunyai sahabat maka satu sama lain akan saling memberi dan saling menerima dalam artian tidak berat sebelah. Meskipun dalam kenyataanya berat sebelah yang astu selalu memberi dan yang lainnya selalu menerima. Semua itu tidak akan di permasalahkan mereka tidak akan hitung-hitungan, semua itu akan terus berlaku apa adanya dan semampunya.

6.Kepercayaan

Rahasia, ketakutan dan pemikiran yang mendalam merupakan hal yang bebas kita ungkapkan kepada seorang sahabat. Dan tetap seperti itu sahabat tidak akan pernah membongkar rahsia kita atau menggunakan rahasia kita untuk menjatuhkan sahabat atau membuatnya tersakiti.

7.Penyemangat

Sahabat akan tahu apa potensi kita dan akan selalu mengatakan bahwa kita akan menjadi orang yang berhasil di depannya. Mereka akan selalu memberi semangat kepada kita dan akan selalu ada untuk kita terutama padasaat kita merasa Down, mereka selalu ada untuk menjadi penyemangat pribadi kita. Sahabat akan mengingatkan bahwa banyak hal di dunia ini yang bisa kita lakukan. Sahabat kita akan membuat kita kembali fokus dengan tujuan awal kita.

8.Setia

Sahabat akan selalu berada di belakang kita, bukan hanya sebagai penyemangat, tapi mereka juga akan selalu setia bagaimana pun keadaannya. Sahabat akan selalu ada di masa kita jatuh ataupun jaya.

Persahabatan juga hampir sama dengan cinta, tidak abadi, suatu saat pasti persahabatn itu akan memudar, bisa jadi melemah ataupun menghilang. Sama seperti cinta pada pasangat kita juga harus menjaga, merawat persahabatan kita. Berikut ini adalah 3 cara mudah memperkuat persahabatan.

1.mencoba Menempatkan Diri Berada Diposisi Sahabat

Tidak selamanya sahabat mempunyai sifat yang berkenan di hati kita, pasti ada saja hal yang membuat kita merasa tidak nyaman atau sifat dia yang mungkin seperti, selalu lambat dalam berlari dan tidak bisa mengiringi kita, pelupa, tidak teratur atau selalu berkata kasar. Namun dari semua itu yang mereka lakukan itu di luar kesadaran mereka sebenarnya mereka selalu ada di belakang kita apapun keadaanya.

Jika benar seperti itu tentunya kita juga harus seperti itu karena kita tidak sempurna, kita harus dapat menempatkan diri kita di posisi mereka dan akhirnya akan mengerti mengapa mereka seperti itu.

2.Selalu Bisa Mengenang Kejadian Manis Bersama Sahabat

Salah satu sifat buruk manusia adalah mengingat yang buruk dan melupakan yang baik. Karena ada pepatah yang menjelaskan satu kali berbuat jahat makan akan hilang semua kebaikan yang sudah di lakukan seseorang. Tentunya hal ini tidak baik untuk kita jika kita seperti itu kita akan mempunyai sifat pendendam dan pengungkit kesalahan orang lain pada akhirnya.

Agar persahabatan kita tetap langgeng maka kenanglah sesuatu yang manis yang sering kita lakukan bersama sahabat. Kita dapat mencari foto-foto bersama sahabat lalu tunjukkan padanya, baik dari sosial media ataupun obrolan pribadi, maka hubungan yang renggang akan membaik lagi.

3.Merayakan Berita atau Saat Terbaik Sahabat

Terkadang bersama teman kita merasa cukup mengirimkan selamat lewat sosial media atau kartu ucapan atas keberhasilannya. Namun bersama sahabat kita harus melakukan yang lebih dari itu jika ingin memperkuat jalinan sahabat kita harus melakukan yang lebih, seperti datang langsung menunjukkan antusiasme dan merayakan bersama mereka. Para peneliti menjelaskan hal ini dapat membuat dua sahabat menjadi lebih peduli, pengertian, dan pada akhirnya membua mereka lebih bahagia.

Seorang teman, teman dekat ataupun sahabat semua itu penting bagi kehidupan kita, karena tanpa mereka hidup kita kan terasa sepi, Dalam agama pun di jelaskan bahwa kita harus selalu menjaga tali silahturrahim karena tidak di sadari bahwa berhubungan baik dengan orang lain kan mendatangkan kebaikan baik secara materi maupun spiritual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *