Home >> Teknologi >> Komputer >> Mengenal Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi
Komputer Zaman Dulu
Komputer Zaman Dulu

Mengenal Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi

Siapa yang tidak mengenal komputer? Perangkat teknologi yang satu ini sangat dibutuhkan saat ini untuk memudahkan pekerjaan serta untuk dapat berselancar di internet. Banyak pengguna komputer yang ternyata belum mengetahui awal mula Sejarah Komputer yang perlu untuk kita ketahui. Sesuai dengan perkembangan jaman, komputer terus mengalami perubahan dan juga perkembangan yang begitu pesat. Jika dahulu kita menggunakan komputer lebih kepada untuk mengolah data dan juga mengolah kata, namun sekarang fungsinya menjadi lebih canggih dan kompleks. Mulai dari mendengarkan musik, menonton film, mendesain gambar, main game, dan penyelesaian olah data yang lebih detail dan canggih.

Melihat sekilas perkembangan dari komputer tersebut, yuk kita sekarang melihat bagaimana Sejarah Komputer di awal mula kemunculannya. Pada komputer generasi pertama, kebutuhan akan hitung menghitunga dan olah data sangat dibutuhkan secara elektronik. Bentuk awal dari generasi pertama juga masih sangat stAndar, yaitu dengan tabung hampa udara atau vacuum tubes untuk sirkuitnya. Ukuran secara fisik juga sangatlah besar serta memakan daya listrik yang juga besar. Untuk penyimpanan menggunakan magnetik tape atau juga magnetik drum serta komputer ini hanya dapat dikendalikan dengan bahasa mesin. Masuk kedalam generi kedua yaitu mulai pada tahun 1960 awal dengan ciri mulai menggunakan transistor sebagai sirkuitnya, sudah lebih kecil ukurannya, lebih hemat energi, serta sudah menggunakan bahasa assembly.

Semakin berkembangnya jaman, Sejarah Komputer juga semakin berkembang. Masuk kedalam generasi berikutnya yaitu ketiga yang lebih canggih lagi dari generasi generasi sebelumnya. Beberapa contoh jenis komputer generasi 3 adalah NCR Century, IBM S/360, serta GE 600 dan GE 235. Masuk kedalam generasi berikutnya yaitu generasi ke empat, dimana komputer ini ada pada tahun 1971 dengan beberapa ciri. Menggunakan micro yang menggunakan procesor yang telah dikembangkan oleh Intel 8080. Menggunakan chip dimana menggunakan LSI atau adanya pemadatan beribu ribu IC. Pada generasi ke 4 ini, hampir semuanya sudah menggunakan sistem pengoperasian GUI atau Grapihical User Interface yang sekarang seperti sistem Microsoft.

Pada tahun 1985, Sejarah Komputer kembali terukir dengan berkembangnya generasi ke lima dimana pada jenis komputer generasi 5 ini mampu menciptakan komputer yang lebih powerfull serta intelegent. Sistem pada generasi 5 juga lebih dikembangkan dengan unsur artificial intelligence, dimana dapat atau mampu mengerjakan tugas yang karakteristiknya seperti manusia. Atau dengan kata lain komputer tersebut lebih baik secara imagination, intellegent, serta intuition yang menyerupai manusia dan juga secara bahasa yang digunakan dalam sehari hari. Nah sangat menarik bukan untuk mengetahui bagaimana perkembangan komputer dari generasi ke generasi yang semakin canggih ini. Sekarang banyak komputer yang canggih dan juga semakin mudah  untuk digunakan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

About Ali Mustika Sari

Anak Desa Yang Haus Akan Ilmu Dunia dan Akhirat. Berusaha Menjadi Anak Yang Berbakti Pada Orang Tua dan Bisa Memuliakan Dunia Akhirat. Mengais Rejeki Di Di Kota. " Anak Desa Rejeki Kota "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *