Home >> Teknologi >> Mengenal Sejarah Facebook Hingga Sukses
Sejarah Facebook
Sejarah Facebook

Mengenal Sejarah Facebook Hingga Sukses

Sejarah Facebook merupakan hal yang menarik disimak. Di zaman modern dengan teknologi canggih ini siapa yang tidak kenal dengan media komunikasi yang satu ini, ya Facebook. Facebook merupakan salah satu jenis sosial media yang populer, bahkan sampai saat ini Facebook masih banyak digunakan untuk menghubungkan antar orang di berbagai belahan dunia. Facebook merupakan sebuah situs jejaring sosial terbesar di dunia, bahkan Indonesia sendiri termasuk dalam salah satu  jumlah pengguna Facebook terbesar di dunia. Llau sebenarnya siapa yang menciptakan Facebook? Atau dari manakah Facebook berasal?

Sejarah Facebook sendiri bermula dari Universitas Harvard. Facebook pada awalnya bernama TheFacebok.com adalah jaringan sosial skala kecil untuk lingkungan sekolah dan kampus. Kemudian TheFacebook.com itu mulai berkembang. Pada tahun 2003, seorang mahasiswa psikologi Harvard University bernama Mark Zuckerberg mulai mendalami dunia jaringan sosial dan mulai bereksperimen dengan menciptakan Facemash.com. Situs ini memperbolehkan pengunjungnya untuk membandingkan gambar mahasiswa yang lebih cantik.  Facemash akan menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna untuk memilih foto mana yang lebih menarik atau lebih cantik. Kemudian Mark mulai mengembangkan penemuan tersebut dan pada tahun 2004 terciptalah Facebook

Sejarah Facebook ini dimulai pada 11 Januari 2004, Mark Zuckerrberg mendaftarkan domain thefacebook.com yang terinspirasi dari Facemash dan dimodelkan dari friendster. Tujuan Mark menciptakan situs web ini adalah agar orang-orang dapat saling terhubung satu sama lain, terutama orang-orang didalam lingkungan kampus. Sebenarnya pihak Harvard University sudah menciptakan sistem tersebut namun membutuhkan waktu beberapa tahun, sedangkan Mark dan temannya hanya memerlukan waktu yang cukup singkat yakni hanya seminggu. Setelah Mark mendaftarkan situs tersebut, ternyata respon dari para mahasiswa sangat antusias. Dalam kurun waktu 24 jam, sudah ada 1.200 mahasiswa yang mendaftarkan diri mereka ke situs tersebut.

Tidak lama setelah peluncuran situs tersebut, thefacebook.com mendapatkan investasi pertamanya dari Peter Theil (founder PayPal) dan kemudian mengganti nama thefacebook.com menjadi facebook.com. Selain Peter Theil, Facebook juga mendapatkan cukup banyak investasi seperti Apple dan Microsoft. Pada tahun 2005 Facebook muli menyebar di UK, Australia, New Zeland, Canada, Irlandia, dan Mexico. Namun di tahun-tahun berikutnya Facebook sempat mengalami kerugian yang cukup besar. Meskipun begitu, Facebook tetap tumbuh dan berkembang hingga pada tahun 2009 Facebook mulai berhasil meningkatkan pendapatan labanya. Sejarah Facebook tidak berhenti sampai disitu saja, belum lama ini sekitar tahun 2010-2012 Facebook terus berkembang dan memunculkan fasilitas terbaru, bahkan tahun 2012 Instagram dibeli oleh Facebook. Sampai saat ini Facebook masih terus menjadi salah satu situs jejaring sosial yang masih cukup banyak diminati, meskipun kabarnya pengguna Facebook mulai menurun akibat adanya media sosial lainnya. Penciptanya , yakni Mark Zuckerberg juga berhasil mendapatkan 22% kepemilikan Facebook.

About Ali Mustika Sari

Anak Desa Yang Haus Akan Ilmu Dunia dan Akhirat. Berusaha Menjadi Anak Yang Berbakti Pada Orang Tua dan Bisa Memuliakan Dunia Akhirat. Mengais Rejeki Di Di Kota. " Anak Desa Rejeki Kota "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *