Home >> Tumbuhan >> Bunga >> Mengenal Jenis Bunga Anggrek

Mengenal Jenis Bunga Anggrek

Bunga anggrek atau orchidaceae adalah termasuk dalam jenis tanaman hias yang paling diminati oleh banyak orang. Dikarnakan bunga ini mempunyai warna dan bentuk yang begitu indah dan berhasil menarik banyak perhatian para pecinta tanaman hias. Sebagian jenis tanaman bunga anggrek adalah jenis tumbuhan epifit yang merupakan tumbuhan yang hidup menempel pada tumbuhan lain, tetapi tidak semuanya ada sebagian jenis tanaman anggrek yang tumbuh ditanah, berbatuan, atau ditanah berbau dan ada juga yang tumbuh di media yang mempunyai kandungan humus atau dedaunan yang kering.

Meskipun bunga anggrek didominasi dengan jenis anggrek yang tumbuh dan hidup menempel pada pohon lain tetapi tanaman ini bisa hidup dengan sendiri. Bahkan bungan anggrek dapat berkemabang biak dengan cara hidroponik, atau budidaya tanaman yang tanpa menggunakan madia ataupun tanah. Tipe pertumbuhan anggrek terbagi menjadi 2, yaitu.

Monopodial

Jenis anggrek yang menggunakan tipe pertumbuhan monopodial hanya memiliki satu batang dan satu titik tumbuh saja dan bunganya tumbuh pada ujung baatang dari pohon anggrek. Anggrek jenis ini dapat dibudidayakan dengan cara stek batang tau biji.

Simpodial

Anggrek jenis ini mempunyai lebih dari satu titik tumbuh, tunas baru biasanya akan mencul pada batang utama dan bunganya bisa tumbuh di pucuk atau disisi batang. Tetapi ada juga yang bunganya muncul di akar tunggal. Batang dari anggrek ini menjadi tempat untuk mnyimpan cadangan air, makanan atau ubi semu.

Bungan anggrek adalah jenis bunga yang mempunyai banyak jenis dan setiap jenis bunga anggrek mempunyai warna yang berbeda. Ada sekitar 26.000 spesies anggrek dan 5000 spesies tersebar keseluruh penjuru Indonesia. Berikut ini adalah beberapa jenis bungan anggrek yang paling banyak diminati di Indonesia.

1.Anggrek Bulan

Anggrek bulan adalah tanaman yang hanya membutuhkan sedikit cahaya matahari sebagai kebutuhan hidupnya. Jadi anggrek ini biasanya di letakkan di dalam rumah supaya tidak terkena sinar matahari secara langsung.  Anggrek bulan mempunyai nama latin Phalaenopsis Amabilis dan mempunyai kelopak bunga yang lebar dengan dihiasi warna putih, daunnya berwarna hijau dan bentuknya memanjang adapun akarnya berbentuk bulat dan berwarna putih. Bunga anggrek jenis ini mengeluarkan bau harum dan juga waktu mekar bunga ini lebih lama dari pada bunga yang lainnya.

Anggrek bulan banyak sekali diminati oleh para penggemar bunga di Indonesia dikarnakan bunga ini mempunyai klopak bunga yang cukup besar dan juga indah, dan hebatnya lagi bunga ini sudah ditetaapkan sebagai puspa pesona yakni salah satu bunga nasional Indonesia.

2.Anggrek Cattleya

Anggrek Cattleya termasuk dalam jenis anggrek yang hidup menempel ada pohon lain, dan bunga anggrek ini diberi nama cattleya oleh john lindley pada 1824 dikarnakan ukuran dan juga bentuknya yang indah maka anggrek ini disebut queen of orchid. Anggrek ini juga tergolong dalam berbatang ssimpodial yakni pertumbuhan unjung batangnya terbatas, setelah sampai batas maksimum pertumbuan tanaman ini akan berheni danakan membentuk rumpun dari tunas anakannya.

Anggrek ini mempunyai kemamppuan dalam berbunga yang aak sedikit berbeda dengan yang lainnya, kita bisa melihat dari bentuk daunya jika anggrek ini mempunyai daun yang lebar dan juga pendek maka anggrek ini sering berbunga, da sebaliknnya.

3.Anggrek Tanah

Angrek ini salah satu dari angrek yang berbeda dengan yang lainnya, kaena angrk ini dapat hidup dengan sendiri tanpa menempel pada phon lainnya dan anggrek tanah mempunyai nama ilmiah Spathiphyllum. Angrek jens ini berasal dari daerah tropis dan juga asia tenggara. Anggrek tanah hana mempunyai satu warna yaiu merah muda dan bunganya muncul dari pucuk tanaman, dan tanaman ini juga dapat tumbuh dengan baik walupun menggunakan media tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *