Home >> Teknologi >> Mengenal Apa itu Stavolt dan UPS ?
Pengertian Stavolt

Mengenal Apa itu Stavolt dan UPS ?

Apa itu stavolt ? Stavolt merupakan singkatan dari Stabilizer Voltage. Tentu bagi anda yang memiliki sebuah pc atau komputer di rumah pasti tidak akan asing dengan alat yang satu ini. Ya, karena alat yang satu ini sangatlah memiliki fungsi yang amatlah penting dalam menjaga komputer anda dalam peforma terbaiknya. Karena disini Stavolt merupakan sebuah alat yang berguna untuk menghindari terjadinya kerusakan pada komputer karena adanya teganngan listrik yang kurang stabil ataupun tidak stabil. Karena saat ini umunya CPU memiliki tegangan hingga 230 volt, namun di Indonesia sendiri tegangan listriknya hanyalah kisaran 220 volt saja. Maka dari itu apabila tegangan CPU pada komputer anda sebesar 230 volt, sebaiknya anda wajib untuk memasang stavolt pada komputer anda untuk hal mencegah kerusakan komponen – kompone CPU dalam komputer anda.

Bagian – bagian stavolt antara lain :

  1. Regulator Elektromekanik
  2. Stabilisator Tegangan AC
  3. Tranformator Konstan

Lalu apa itu UPS ?

UPS atau Uninterruptible Power Supply yakni sebuah perangkat catuan daya alternative yang menggunakan baterai backup dalam memberikan jumlah daya tegangan yang tidak terganggu. UPS ini memanglah sangat penting dalam memberikan suplay daya serta sebagai perlindungan dari kegagalan dan kerusakan system maupun hardware.

Fungsi utama dari UPS :

  • Memberikan cadangan daya jika sewaktu – waktu terjadi gangguan pada listrik utama.
  • Memberikan suplay daya yang cukup untuk segera menghidupkan genset sebagai pengganti listrik utama yang mati.
  • Memberikan jangka waktu yang cukup untuk melakukan back up data serta mematikan komputer sesuai dengan prosedur.
  • Mampu memberikan perlindungan komputer dari berbagai gangguan listrik yang dapat mengganggu bahkan merusak komputer baik software maupun hardware.
  • Menstabilkan tegangan meskipun terjadi perubahan tegangan pada input.
  • Dapat memudahkan pengguna dalam mengantisipasi adanya gangguan pada sistem.
  • User friendly serta mudah dalam instalasi.
  • Pengguna juga dapat mengontrol UPS melalui jaringan LAN.
  • Dapat diintegrasikan melalui jaringan internet.

Komponen – komponen UPS :

  • Baterai

UPS ini menggunakan jenis baterai berjenis lead-acid atau jenis nikel-cadmium. Baterai tersebut mampu memberikan cadangan daya hingga 30 menit.

  • Rectifier (penyearah)

Recitifier ini berguna saat pengisian baterai yakni mengubah arus AC menjadi arus DC.

  • Inverter

Inverter ini berguna untuk merubah arus DC dari baterai menjadi arus AC saat memberikan tegangan ke komputer.

Jenis – jenis UPS berdasarkan cara kerjanya :

  • UPS Offline
  • UPS Line Interaktive
  • UPS Online

Nah intinya disini fungsi stavolt adalah sebagai alat penyetabil tegangan listrik, dan fungsi UPS yakni untuk menyimpan dan memberikan cadangan daya listrik ke komputer jika tegangan listrik utama mengalami masalah ataupun padam. Sehingga UPS ini mampu memberikan cadangan daya yang dimana dapat memberikan durasi waktu kepada pengguna untuk menghidupkan genset ataupun generator pembangkit listrik, sehingga komputer dapat kembali bekerja dengan tegangan listrik utama.

Sebenarnya Stavolt ini hanyalah sebuah alat pelengkap atau tambahan dalam sebuah komputer. Meskipun begitu Stavolt ini merupakan salah satu alat yang bisa dibilang wajib di pasang pada komputer untuk menghindari adanya tegangan listrik yang sewaktu – waktu tidak stabil serta memberikan perlindungan bagi komponen yang ada pada CPU anda. Selain digunakan pada komputer, saat ini Stavolt sering kali juga digunakan pada alat – alat listrik lainnya seperti kulkas, mesin cuci dan juga yang lainnya. Dan maksud dari tujuan tersebut yakni untuk menjaga alat – alat tersebut agar tidak cepat rusak.

itulah tadi sedikit ulasan mengenai pengertian stavolt dan juga UPS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *