Home >> Peternakan >> Mengatasi Hama Rumah Sarang Walet
Rumah walet

Mengatasi Hama Rumah Sarang Walet

Banyak hama yang merugikan bagi para peternak dan pembudidaya sarang burung walet rumahan. Hama-hama tersebut menimbulkan berbagai penyakit bagi burung walet, hingga akhirnya mengurangi kualitas dari sarang walet yang dihasilkan.

Hama menimbulkan keadaan yang mengganggu ketenangan dan kenyamanan burung walet. Burung walet yang terganggu bisa-bisa pindah gedung ke tempat lain jika keadaan mulai tidak nyaman. Karena itu perlu perhatian khusus untuk mencegah dan membasmi hama burung walet.

Berikut hama burung walet yang biasanya menyerang rumah walet:

1. Kutu

Hewan yang memiliki ukuran kecil ini menjadi salah satu ancaman yang kada kehadirannya tidak diketahui. Kutu yang menyerang burung walet biasnya adalah kutu burung dan kutu busuk.

Kedua-duanya akan menghisap darah burung walet baik yang masih kecil maupun yang sudah dewasa. Kutu dapat menimbulkan kecacatan pada anak burung walet, mereka akan mengalami masalah pertumbuhan seperti cacat fisik dan ukuran yang lebih kecil dari burung walet normal.

Untuk mengatasi ini dapat dilakukan dengan menaburkan serbuk anti kutu pada sekitar sarang dan bagian-bagian gedung atau dengan menyemprotkan cairan pestisida ke sisi-sisi gedung.

2. Semut

Semut salah satu hewan yang sering mengganggu rumah sarang walet. Semut akan memangsa anak dari burung walet yang masih bisa terbang, hingga akhirnya anak burung walet tersebut mati. Ini menyebabkan jumlah populasi akan terhambat.

Untuk mengatasi semut dapat dilakukan dengan menaburkan kapur semut di sekitar sarang walet dan gariskan di sekitar sarang agar semut tidak datang menghampiri sarang burung walet.

3. Kecoa

Kecoa sering sekali menjadi hama yang hadir mengancam di rumah sarang walet. Kecoa biasanya akan memakan sarang walet dan anak dari burung walet, meski tidak sampai mati akan dapat menimbulkan cacat pada anak burung walet tersebut.

Untuk mengatasi hama kecoa bisa dengan membunuhnya dengan menggunakan racun kecoa baik yang serbuk ataupun jenis cairan yang disemprotkan seperti pestisida ke bagian-bagian gedung.

4. Cicak dan Tikus

Kotoran dari cicak dan tokek dapat mencemari ruangan dalam gedung walet, hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan burung walet. Tokek juga bisa memakan anak burung walet yang masih kecil, sehingga perlu dibasmi secepat mungkin.

Cara pembasmiannya dengan cara menangkap dan mengusirnya. Lakukan pencegahan dengan membuat aliran air yang dibuat mengelilingi gedung, tujuannya agar cicak dan tokek tidak menjangkau ke gedung walet.

5. Tikus

Tikus sering kali memakan telur burung walet, anak burung walet, sarangnya dan bahkan burung walet yang telah dewasa. Karena itu perlu penanganan secepat mungkin agar keadaan tidak semakin memburuk.

Penanganan dapat dilakukan dengan memasang jebakan tikus atau dengan menggunakan racun tikus untuk membasmi tikus-tikus tersebut. Bersihkan gedung jangan biarkan ada barang-barang seperti tumpukan kayu yang bisa menjadi tempat bersembunyi tikus.

dengan segera mengatasi hama yang ada pada rumah walet, maka kualitas sarang burug walet pun juga akan dapat terjaga dan populasi burung walet juga akan dapat meningkat. Perlu sekali memperhatikan kenyamanan dan keamanan dari hama rumah walet yang menyerang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.