Home >> Info Pajak >> Mengapa Harus Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Mengapa Harus Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Jika anda pemilik kendaraan bermotor seperti sepeda motor atau mobil pasti anda tidak akan asing lagi dengan istilah pajak kendaraan bermotor. Mungkin anda sendiri sebagai pemilik kendaraan bermotor juga bertanya – Tanya mengapa harus membayar kendaraan bermotor?. Padahal kendaraan tersebut sudah menjadi milik anda sendiri bukan milik negara? Bukankah hal ini berbeda dengan pajak bumi dan bangunan yang mana semuanya itu adalah milik negara? Nah sebelum menjawab pertanyaan tersebut mari kita mulai terlebih dahulu dari yang paling sederhana yaitu apa itu pajak kendaraan bermotor?

Apa itu pajak kendaraan bermotor?

Menurur Undang – Undang no.28 tahun 2009, Pajak kendaraan bermotor adalah pajak yang dikenakan atas kepemilikan atau kepenguasaan kendaraan bermotor. Baik kendaraan bermotor yang ada di darat maupun di air semuanya termasuk ke dalam objek pajak kendaraan bermotor kecuali beberapa kendaraan bermotor seperti kereta api, kendaraan untuk keperluan pertahanan dan keamanan negara dan lain sebagainya.

Jika anda memiliki sepeda motor atau mobil untuk keperluan harian anda maka itu termasuk ke dalam kategori objek kendaraan bermotor atau objek yang kena pajak. Jadi anda memiliki kewajiban untuk membayar pajak atas kendaraan tersebut.

Kapan membayar pajak kendaraan bermotor?

Dalam website resmi direktorat jenderal pajak kementrian keuangan dijelaskan bahwa pajak kendaraan bermotor termasuk pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah. Jadi pembayaran pajak kendaraan bermotor sudah diatur oleh masing – masing pemerintah daerah baik propinsi kota atau pun kabupaten. Waktu pelaksanaan pembayaran pajak kendaraan bermotor biasanya dilakukan setahun sekali.

Di mana pembayaran pajak kendaraan bermotor?

Sekarang ini sangat mudah sekali untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor anda bisa membayar melalui samsat keliling dan juga samsat online atau disebut juga e-samsat. Untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui samsang keliling, anda harus mengetahui jadwal kapan samsat keliling akan wilayah anda. Mereka biasanya keliling setiap hari di tempat – tempat yang berbeda dengan tujuan untuk menjangkau wajib pajak yang jauh dari kantor samsat. Cara melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor ini cukup membantu bagi warga atau wajib pajak. namun mereka tetap harus mengantri dengan wajib pajak yang lain juga. Tak jarang banyak wajib pajak yang melakukan pembayaran di waktu dan tempat yang sama.

Cara pembayaran pajak kendaraan bermotor yang kedua adalah dengan melakukan pembayaran online atau e-samsat. Beberapa daerah masih belum mengaplikasikan e samsat ini. Jawa Timur (Jatim) sudah menyediakan layanan e samsat atau samsat online. Jadi bagi anda yang berada di wilayah jawa timur anda bisa menggunakan layanan samsat online ini untuk memudahkan anda melakukan pembayaran kendaraan bermotor anda.

Kenapa harus membayar pajak kendaraan bermotor?

Kembali ke topik utama, mengapa harus membayar pajak kendaraan bermotor? Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, pajak kendaraan bermotor merupakan pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah yang dikenakan atas kepemilikan atau penguasaan kendaraan bermotor.

Pajak yang anda bayarkan atas kepemilikan kendaraan bemotor ini kemudian digunakan untuk  kesejahteraan bersama. Salah satu manfaat membayar pajak kendaraan bermotor ini adalah pajak tersebut digunakan untuk biaya perawatan jalan dan fasilitas umum.

Jadi bisa anda bayangkan betapa manfaatnya pajak ini untuk kepentingan umum. Jalanan yang halus, jembatan yang menghubungkan tiap desa, kecamatan atau kabupaten, rumah sakit dan fasilitas umum lainya tidak akan terwujud apabila pajak kendaraan ini tidak dibayarkan.

Karena anda juga menikmati fasilitas – fasilitas tersebut, maka sudah sepatutnya anda sebagai wajib pajak memiliki kesadaran diri untuk melakukan kewajiban membayar pajak khususnya pajak kendaraan bermotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *