Home >> Tumbuhan >> Tanaman Hias >> Menanam Jenis Kaktus Hias di Halaman Rumah

Menanam Jenis Kaktus Hias di Halaman Rumah

Berkebun adalah salah satu kegiatan yang tidak memerlukan waktu yang banyak dan bahkan bias dijadikan salah satu kegiatan yang sangat efektif dalam mengisi waktu luang kita. Karena bisa dilakukan di rumah kita dan tidak memerlukan biaya yang terlalu banyak. Dan salah satu tanaman yang tidak memerlukan banyak perawatan namun memiliki bentuk yang indah adalah tanaman kaktus hias.  Tanaman yang berasal dari benua Amerika ini mempunyai habitat di gurun pasir jadi tidak memerlukan air terlalu banyak, dan biasanya tanaman kaktus ini juga dijadikan sebagai tanaman hias atau bahan produk industry kesehatan ataupun kecantikan.

Tanaman Kaktus Hias

Dan sekarang ini banyak sekali dari jenis-jenis tanaman yang mulai untuk ditanam sebagai penghias rumah kita. Dan beberapa jenis kaktus hias menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang tidak memiliki halaman rumah yang cukup luas. Dan bunga kaktus sendiri memiliki berbagai jenis yang memiliki kenidahan tersendiri. Dan berikut adalah jenis kaktus hias yang sudah mulai banyak dibudidaya oleh para pembudidaya tanaman kaktus hias :

  1. Kaktus Ariocarpus

Tanaman kaktus hias yang pertama adalah kaktus ariocarpus yang memiliki bentuk meruncing, melengkung dan juga tumpul. Tanaman kaktus yang ini memiliki bentuk daun yang indah berbagai warna. Dan untuk bunga dari kaktus ini juga memiliki berbagai warna seperti putih, merah, ungu, ping, dan juga kuning. Dan yang lebih unik dari tanaman kaktus ini adalah batangnya yang tidak memiliki duri sedikitpun.

  1. Kaktus Golden Barrel

Jenis tanaman kaktus yang satu ini yaitu golden barrel mempunyai bentuk yang menyerupai gentong besar dan berasal dari negara Amerika. Di daerah meksiko dan texas tanaman kaktus jenis ini dapat tumbuh hingga memiliki bentuk yang sangat besar. Dan meskipun sapat memiliki bentuk yang cukup besar dan bahkan bisa mencapai ukuran-ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kaktus yang ada di Indonesia. Dan terlepas dari itu bunga kaktus ini memiliki harga dan juga penggemar yang cukup banyak dan rela membeli bunga ini dengan harga yang tinggi.

  1. Kaktus Echinofossulocatus

Kita ketahui dari namanya memang tanaman ini cukup sulit untuk disebutkan. Jenis kaktus yang satu ini memiliki warna hijau tua dan memiliki duri tajam yang mengelillingi sekitar batangnya. Dan pertumbuhan untuk kaktus ini cukup lambat berbeda dengan kaktus jenis golden barrel. Meski memiliki pertumbuhan yang lambat namun setelah mencapai umur 2,5-3 tahun kaktus ini sudah bisa berbunga. Bunga kaktus ini juga memiliki keindahan warna bunganya yang kuning dan putihnya.

  1. Kaktus Astrophytum

Tanaman kaktus jenis ini memiliki batang yang berbentuk mirip buah belimbing atau bintang. Jenis kaktus ini memiliki berbagai bentuk yang tersebar diseluruh dunia. Jenis kaktus ini juga termasuk kaktus yang mudah untuk berbunga. Bunga dari kaktus ini juga amat indah berwarna merah jambu, merah, kuning, dan lain sebagainya.

  1. Kaktus Ferocactus

Jenis kaktus ini memiliki perbedaan dengan jenis kaktus hias lainnya. Bentuk dari kaktus ini dapat mencapai hingga 50 cm dengan duri yang tajam dan juga kokoh disekelilingnya. Meski begitu duri yang ada justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para penyuka kaktus. Dengan duri yang tajam berwarna merah jambu, dan memiliki bentuk batang kaktus yang bulat memeluk-meluk. Agar dapat mencapai ukuran yang besar kaktus ini memerlukan perawatan yang cukup ekstra dan juga khusus.

Itulah sedikit mengenai beberapa jenis kaktus hias yang bisa anda coba tanam di rumah anda, untuk memperindah tampilan rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *