Home >> Teknologi >> Smartphone >> Memory-mu Tidak Bisa Terbaca? Kamu Bisa Memperbaikinya Sendiri Dengan 4 Cara Dibawah Ini!
Perbaiki Memory Card
Perbaiki Memory Card

Memory-mu Tidak Bisa Terbaca? Kamu Bisa Memperbaikinya Sendiri Dengan 4 Cara Dibawah Ini!

Memory card memang tidak dapat dipisahkan keberadaanya dengan smartphone. Mereka bagaikan bunga dengan lebah. Dan tahukah kamu, perangkat eksternal yang sangatlah dibutuhkan sampai saat ini adalah memori eksternal. Walaupun sudah ada gadget yang memiliki memori internal dengan kapasitas besar, tapi tetap akan membutuhkan memory eksternal guna menyimpan data yang banyak.  Maka dari itu memory card sangatlah penting bagi smartphone, begitupun sebaliknya.

Memperbaiki Memory Card Yang Tidak Dapat Terbaca
Memperbaiki Memory Card Yang Tidak Dapat Terbaca

Dan pastilah jika kamu memiliki memory card yang sudah menyimpan banyak data didalamnya, dan tiba-tiba data tersebut hilang dan tak terbaca. Pastilah tidak bisa dibayangkan betapa gundahnya hati ini. Dan sekarang apakah kamu memiliki SD Card yang tidak terbaca? Apakah kamu bingung hendak diapakan memory tersebut? Dan jika kamu sudah binngung tidak menemukan caranya pasti kamu berpikiran untuk membuangnya, walaupun kamu sangat menyayangkan karena memang banyak data-data penting didalamnya? Jangan terburu buru membuangnya karena kamu dapat memperbaikinya sendiri dengan 4 cara dibawah ini.

  1. Bersihkan kartu memori terlebih dahulu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat memory card mu tidak dapat terbaca adalah keluarkan kartu memory tersebut dari gadget lalu bersihkan lempengan tembaga yang berwarna kuning keemasan denga menggunakan penghapus pensil. Tapi perlu digaris bawahi, penghapus pensil yang digunakan harus berwarna putih. Lakukan penggosokan secara perlahan-lahan hingga bersih. Setelah itu masukkan kembali kedalam slot memory dan periksa kembali, apakah memory tersebut sudah terbaca atau belum.

Bersihkan Memory Card
Bersihkan Memory Card
  1. Lakukan fdari Android

Jika cara diatas masih belum berhasil juga, maka yang perlu kamu lakukan adalahdengan menggunakan Android. Bagaimana caranya? Caranya adalah masuklah kedalam menu setting lalu pilihlah Storage. Didalam menu tersebut terdapat beberapa pilihan dan pilihlah menu erase SD card. Dengan begitu memorymu akan bersih seperti baru lagi. Cobalah!

Format With Android
Format With Android
  1. Lakukan pengecekan error menggunakan PC

Jika kamu belum puas dengan kedua cara diatas, maka yang perlu kamu lakukan adalah dengan melakukan pengecekan dan pembenahan lewat PC. Nah, caranya adalah hubungkan android mu dengan PC ataupun dengan Laptop menggunakan kabel data. Pastikan androoid mu terhubung dengan Mass storage mode(MSC) lalu bukalah Windows Explorer dan klik kanan pada drive kartu memory mu. Pilihlah properties selanjutnya pilih Tools dan Error Checking, dan tunggulah sampai selesai. Eject memory mu dan ceklah apakah sudah terbaca atau belum.

Lakukan Pengecekan With PC
Lakukan Pengecekan With PC
  1. Lakukan pemformatan dari PC

Jika memory (micro SD) dapat dibaca lewat PC tetapi tidak dapat terbaca lewat android, maka kamu haruslah menggunakan cara dibawah ini.

  • Buatlah sebuah folder baru di Hard disk mu, dan beri nama sesuka kamu, dan yang perlu kamu tahu adalah folder baru ini akan menjadi tempat penyimpanan sementara untuk memory yang rusak tadi.
  • Copy lah seluruh isi kartu memory mu tersebut dan paste-kan kedalam folder sembarang yang sudah dibuat tadi.
  • Kalau semua isi folder sudah tersalin, lalu formatlah kartu memory tersebut.
  • Setelah itu kembalikan semua data yang ada dalam folder, pindahkan ke memory yang sudah kamu format tadi.
  • Lalu sekarang lakukan pengecekan. Apakah masih gagal atau sudah berhasil terbaca.

Jika masih menemui kegagalan, cobalah mengulangi langkah-langkahnya. Dan jika masih saja tidak bisa, berarti memory tersebut minta di lem biru alias lempar beli baru. Karena memang kartu memory tersebut memang sudah tidak dapat dipakai lagi.

Sekian artikl dari kami, semoga bermanfaat!

About Lina Istiqomah

Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *