Home >> How To >> Masih Bingung Gimana Cara Merawat Kain Sutera? Simak Tips Berikut!
Tips Merawat Kain Sutera
Tips Merawat Kain Sutera

Masih Bingung Gimana Cara Merawat Kain Sutera? Simak Tips Berikut!

Kain sutera adalah jenis kain yang jatuh dan terasa ringan saat dikenakan, mempunyai kesan yang elegan, dan terasa sangat lembut saat disentuh. Beberapa hal tersebutlah yang membuat kain sutera dipilih oleh banyak designer untuk dijadikan sebagai bahan membuat busana. Kain ini juga memiliki tekstur yang mulus namun tidak licin, sehingga terasa sangat nyaman saat dikenakan. Kain sutera memiliki harga yang terbilang cukup mahal, sebanding dengan kesan mewah dan rasa yang nyaman ketika kita mengenakannya. Kain sutera juga merupakan kain berkualitas tinggi yang tentunya juga membutuhkan perawatan yang lebih spesial jika dibandingkan dengan jenis-jenis kain lain. Dan jika kita sampai salah dalam merawat kain sutera ini, kain sutera bisa jadi rusak dan nilai keistimewaannya pun juga akan hilang.

Kain Sutra
Kain Sutra

Bila anda memiliki baju yang berbahan kain sutera tapi sampai sekarang masih belum tahu cara merawatnya, berikut saya sampaikan artikel mengenai tips dan cara sederhana merawat kain kain sutera, mulai dari cara membersihkannya sampai cara menyimpannya.

1.Tahap Pembersihan atau Pencucian

Kain sutera seharusnya di cuci dengan cara manual yaitu menggunakan tangan, jangan sampai mencuci kain sutera menggunakan mesin karna dapat beresiko merusak serat-serat kain sutera dan membuatnya menjadi kusut. Jangan gunakan deterjen yang sembarangan ketika mencuici kain sutera, gunakanlah deterjen yang memiliki formula yang lembut seperti shampo, karna deterjen memiliki kandngan yang cukup keras sehingga dapat merusak serat tipis kain sutera. Dan jangan lupa untuk memilih shampoo yang tidak memiliki kandungan minyak atau petroleum karna akan dapat membuat permukaan kain sutera terasa lengket. Selain deterjen yang keras, ada beberapa produk yang juga tidak boleh anda gunakan ketika mencuci kain sutera yaitu bahan pemutih atau pembersih kain, karna dapat mengubah warna asli dari kain sutera tersebut. Dan pastikan tidak ada bagian yang terlipat saat merendam kain sutera dengan shampo, kucek bagian kain yang kotor saja, lalu usap-usapkan buih shampoo ke seluruh bagian kain. Dan jika anda menemukan ada bagian kain sutera yang nodanya susah hilang, cara membersihkannya adalah dengan memercikkan sedikit cuka pada bagian yang kotor lalu gosok kain dengan lembut menggunakan jari, setelah nodanya hilang baru cuci kain sutera menggunakan shampo.

2.Tahap Pembilasan

Bilaslah kain sutera menggunakan air hangat (kira-kira 30% derajat celcius) agar pelapis kain sutera anda dapat bersinar kembali saat setelah dicuci. Membilasnya pun tidak cukup sekali tapi 2 sampai 3 kali. Bila anda ingin mengeringkannya, jangan sampai memerasnya secara langsung tapi lapisi kain sutera dengan handuk, baru diperas.

3.Tahap Penjemuran

Jangan menjemur kain sutera di tempat yang terlalu panas, jemurlah di tempat yang cukup teduh karna kain sutera dapat kering dengan diangin-anginkan saja. Terik matahari tidak baik untuk kain sutera karna dapat merusak kualitas benangnya dan dapat memudarkan bahan kain sutera.

4.Tahap Penyetrikaan

Setrika kain sutera saat masih keadaan lembab dengan suhu setrika yang tidak terlalu panas (level silk). Saat akan menyetrika, jangan lupa untuk membalik kainnya (bagian dalamnya berada di luar), dan melapisinya dengan kain katun. Setrika dengan hati-hati dan jangan sampai meninggalkan setrika di atas kain.

5.Tahap Penyimpanan

Simpanlah kain sutera di tempat yang kering serta tidak lembab. Ketika anda ingin menggantung kain sutera, gunakanlah hunger atau gantungan baju yang berbahan lembut dan yang dilapisi busa. Dan sangat disarankan jika anda menggantungnya daripada melipatnya. Jika anda menyimpannya di lemari, gunakanlah kamper untuk mengusir rayap atau binatang lain yang biasanya memakan kain. Cara yang lebih aman dan disarankan untuk menyimpan kain sutera adalah melapisinya menggunakan kain katun, jangan sampai membungkus kain sutera menggunakan plastik sutera akan mudah berjamur bila dibungkus menggunakan plastik. Jangan menyemprotkan pewangi langsung ke kain sutera, kandungan alkohol dalam parfum dapat merusak warna dan serat alami kain sutera.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang cara merawat kain sutera, dan semoga bermanfaat bagi anda!

About Fatka Aulia

Hidup memang susah untuk ditebak, namun jika kita merancang hidup ini dengan do'a dan usaha yang konsisten, maka kita akan mendapatkan hidup yang kita inginkan. Itulah kata-kata yang selama ini saya terapakan dalam kehidupan saya. Strive for your life!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *