Home >> Gaya Hidup >> Masih Bingung Gimana Cara Memilih Buah yang Bagus? Simak Tips Berikut!
Tips Memilih Buah-Buahan Yang Bagus
Tips Memilih Buah-Buahan Yang Bagus

Masih Bingung Gimana Cara Memilih Buah yang Bagus? Simak Tips Berikut!

Buah merupakan salah satu makanan yang disukai oleh semua kalangan masyarakat, karna selain rasanya enak dan menyegarkan tenggorokan, buah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dan jika anda juga termasuk penikmat buah-buahan dan sering ditipu oleh penjual buah-buahan karna belum  tahu cara memilih buah yang bagus, pas banget karna pada artikel kali ini saya akan membagikan tips cara memilih buah-buahan yang bagus.

1.Apel

Buah Apel Yang Bagus
Buah Apel Yang Bagus

Pertama, pilihlah apel yang berbau harum, berkulit mulus dan yang tidak ada bercak hitam sama sekali pada kulitnya. Dan untuk mengetahui tingkat kerenyahan apel, anda bisa mengetuk-ngetuk buah apel dengan jari anda, dan jika bunyinya nyaring maka apel tersebut sangat renyah dan mengandung banyak air. Jangan sampai memilih buah apel yang lembek karna memiliki rasa yang hambar dan tidak mengandung banyak air.

2.Anggur

Buah Anggur Yang Bagus
Buah Anggur Yang Bagus

Pilihlah anggur yang butirannya padat, berwarna pekat atau tidak pucat, kulitnya tidak mengekerut, tidak berlubang, dan buahnya melekat kuat pada tangkainya. Anda bisa mengetahui kadar air yang ada dalam anggur dengan melihat ketebalan kulit anggur tersebut, jika kulitnya tipis maka kandungan airnya banyak, dan sebaliknya. Jangan sampai membeli buah anggur yang sudah terasa lengket dan yang sudah terlepas dari tangkainya serta yang terdapat bintik-bintik putih pada kulitnya, karna bisa saja bintik-bintik putih tersebut merupakan jamur yang bisa menyebar ke seluruh butiran anggur, jamur tersebut juga dapat mempercepat proses pembusukan terhadap buah anggur.

3.Pisang

Buah Pisang Yang Sudah Matang
Buah Pisang Yang Sudah Matang

Pisang yang sudah berwarna kuning dan berbau harum menunjukkan bahwa pisang tersebut sudah matang dan siap untuk dimakan. Dan jika anda sudah terlanjur membeli pisang yang masih berwarna hijau, simpanlah pisang tersebut sampai berwarna kuning, namun anda harus sering-sering melihatnya agar pisang yang anda simpan tidak terlanjur busuk. Dan yang perlu anda ingat, sebaiknya simpan pisang yang masih hijau ke dalam suhu ruang saja atau di tempat terbuka, tidak perlu anda simpan dalam kulkas karna suhu dingin dalam kulkas akan mempercepat proses pembusukan pisang.

4.Alpukat

Buah Alpukat Yang Bagus Dan Sudah Matang
Buah Alpukat Yang Bagus Dan Sudah Matang

Buah alpukat merupakan buah yang tidak bisa matang di pohon, jadi jika anda sudah memetiknya dari pohon simpan terlebih dahulu buah alpukat sampai matang. Buah alpukat dapat dikatakan sudah matang apabila berwarna hijau tua, terasa lembut saat dipegang, dan ketika digoyangkan bijinya akan ikut bergoyang karna sudah terlepas dari daging buahnya. Dan bila anda membeli buah alpukat, jangan memilih buah alpukat dengan warna yang terlalu gelap, yang terasa sangat lembek, dan yang memiliki memar di bagian kulitnya karna buah alpukat yang seperti itu tandanya sudah terlalu lama martang dan tidak baik untuk dikonsumsi.

5.Jeruk

Buah Jeruk Yang Baik
Buah Jeruk Yang Baik

Buah jeruk yang segar dan baik adalah yang memiliki kulit yang halus, pori-pori kulitnya terlihat jelas, berbau harum, dan beratnya sesuai dengan ukurannya. Dan untuk mengetahui buah jeruk tersebut sudah matang atau belum, anda bisa menancapkan kuku jari anda ke bagian tengah buah jeruk, Jika terasa lunak maka buah jeruk tersebut sudah matang, jika terasa masih keras maka tandanya buah jeruk tersebut belum terlalu matang. Dan untuk jeruk mandarin, pilihlah yang kulitnya kendur karna jeruk mandarin memiliki daging buah yang lebih kecil daripada kulitnya.

6.Pepaya

Buah Pepaya Yang Baik
Buah Pepaya Yang Baik

Jika anda ingin membeli buah pepaya yang segar dan manis, pilihlah buah pepaya yang berkulit merah dan bebas dari memar, dan jika anda memerasnya buah pepaya akan terasa sedikit lembek atau empuk. Jika anda membeli buah pepaya yang masih hijau alias belum matang, simpanlah buah pepaya bersama buah pisang dan juga buah apel karna dapat mempercepat kematangan buah pepaya.

7.Semangka

Buah Semangka Yang Sudah Matang
Buah Semangka Yang Sudah Matang

Untuk mendapatkan buah semangka yang sudah matang, pilihlah buah semangka yang tangkainya sudah kering dan sudah mulai lepas dari buahnya, dan jika diketuk-ketuk buahnya tidak akan berbunyi nyaring. Jika anda ingin mendapatkan buah semangka yang banyak mengandung air, pilihlah buah semangka yang terasa berat, dan jika anda menginginkan buah semangka yang manis pilihlah buah semangka yang berkulit cerah atau yang tidak pucat, bergaris rapih, yang mempunyai batang yang keriting. Jika anda melihat di bagian bawah buah semangka yang ada lingkarang kecilnya, semakin kecil lingkaan tersebut maka kualitasnya semakin baik.

8.Melon

Buah Melon Yang Baik
Buah Melon Yang Baik

Buah melon yang sudah matang ditandai dengan guratan kulitnya yang banyak dan tebal, dan beraroma manis dan harum. Sama halnya dengan buah alpukat, kematangan buah melon juga ditandai dengan lepasnya biji-biji buah dari daging buahnya, jadi jika anda goyang-goyangkan, maka biji di dalam buahnya juga akan ikut bergoyang.

9.Nanas

Buah Nanas Yang Baik
Buah Nanas Yang Baik

Buah nanas yang sudah matang dan segar memiliki bentuk yang gemuk, terasa berat, dan bila dicium aroma buahnya sangat kuat. Pilihlah buah nanas dengan warna kuning keemasan, dan yang daunnya masih hijau.

10.Stroberi

Buah Stroberi Yang Bagus
Buah Stroberi Yang Bagus

Jika anda menginginkan buah stroberi yang sudah matang,  pilihlah buah stroberi yang berwarna merah menyala serta mengkilap, dan yang daun buahnya masih berwarna hijau terang. Jika ditekan buahnya tidak akan terasa lembek dan alot, tekstur buahnya sedang.

Dan itulah tips memilih buah yang bagus dari saya, semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi anda!

About Fatka Aulia

Hidup memang susah untuk ditebak, namun jika kita merancang hidup ini dengan do'a dan usaha yang konsisten, maka kita akan mendapatkan hidup yang kita inginkan. Itulah kata-kata yang selama ini saya terapakan dalam kehidupan saya. Strive for your life!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *