Home >> Kesehatan >> Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Menakjubkan
Khasiat Yoghurt
Khasiat Yoghurt

Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Menakjubkan

 

Manfaat Yoghurt
Manfaat Yoghurt

Di zaman yang sudah modern ini, teknologi bukan hanya dapat digunakan dan mampu menciptakan elektronik yang sangat canggih. Tapi cara berpakaian atau gaya hidup serta makanan pun telah berkembang menjadi lebih canggih. Sehingga anda tidak perlu heran kalau berbagai macam makanan muncul di zaman sekarang. Terutama, banyak masyarakat sekarang kembali melakukan pola hidup sehat serta makanan sehat untuk kebutuhan sehari – hari mereka. Apalagi karena makanan siap saji serta makanan yang berlemak mudah ditemukan dan banyak dijajakan.

Berbicara soal minuman serta makanan yang sehat, siapa yang belum tahu yoghurt? Yoghurt merupakan produk bermanfaat  serbaguna dari susu  yang dibuat lewat fermentasi dengan bakteri yang menguntungkan. Yoghurt mempunyai banyak manfaat untuk masalah kesehatan dan bisa dijadikan dalam sebagian formula kecantikan.

Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat (lactid acid), yang ikut serta dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan bau yang unik pada yoghurt. Yoghurt biasanya dijual apa adanya.

Yoghurt ini bukan hanya mengandung kalori sangat rendah dan ringan, tapi sangat berharga untuk mengatasi serta meningkatkan kesehatan secara menyeluruh dari fisik kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat yoghurt untuk kesehatan dan kecantikan :

1. Sebagai Pencerah Alami dan Pelembab

Manfaat Yoghurt Untuk Kecantikan
Manfaat Yoghurt Untuk Kecantikan
  • Yoghurt bisa menyegarkan dan menyejukkan kembali kulit yang terlihat kusam dan layu. Caranya, oleskan saja yoghurt pada kulit yang sudah anda basahi dengan air, pijat secara perlahan sampai yoghurt benar – benar meresap ke dalam kulit, diamkan sekitar 10 menit, kemudian bilaslah dengan menggunakan air hangat. Kandungan asam laktat adalah asam hidroksi alami yang bisa membantu melembabkan, membuat kulit menjadi lulus, dan melembabkan kulit.
  • Untuk membuat kulit terlihat lebih bersinar, anda harus membuat masker yang terbuat dari campuran yoghurt, kulit jeruk, serta kacang lentil (kacang khas timur tengah). Haluskanlah semua bahan tersebut. Kemudian oleskan untuk masker pada wajah anda, diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air sampai benar – benar bersih. Anda dapat menambahkan madu  di dalamnya, jika kulit anda terlihat kering, agar kulit mendapatkan kelembaban ekstra yang diperlukan.
  • Selain masker tersebut, berikut cara yang bisa anda lakukan. Campurkanlah 4 sendok makan yoghurt, 1 sendok makan madu, serta 1 sendok makan coklat bubuk. Oleskan pada wajah sampai merata, diamkan sekitar 20 menit, kemudian bilaslah dengan menggunakan air hangat untuk menyegarkan kembali kulit yang kusam dan layu.

2. Menghilangkan Ketombe

Menghilangkan Ketombe - Manfaat Yoghurt
Menghilangkan Ketombe – Manfaat Yoghurt

Apakah anda memiliki banyak ketombe? Ternyata yoghurt bisa anda gunakan sabagai anti jamur dan anti bakteri yang pas untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala anda. Anda dapat memakai yoghurt di kulit kepala di mana ketombe tersebut menempel. Lakukanlah secara teratur setiap harinya, agar hasilnya maksimal.

3. Mengurangi Gejala Stress

Mengurangi Gejala Stress - Manfaat Yoghurt
Mengurangi Gejala Stress – Manfaat Yoghurt

Minuman yoghurt bukan hanya rasanya saja yang nikmat, namun juga dapat membantu meredakan sterss yang sedang anda alami. Apalagi keika diminum saat dingin, maka akan terasa menyegarkan dan dingin. Sehingga, menghadirkan efek yang segar dan rileks. Vitamin C, asam laktat, serta vitamin yang lainnya dapat membantu otak untuk memproduksi hormon yang dapat meredakan anda dari stress. Saat anda sedang mempunyai tekanan, usahakan tetap memakan buah – buahan dan meminum yoghurt tiap harinya.

4. Menjaga Sel Darah Merah

Menjaga Sel Darah Merah - Manfaat Yoghurt
Menjaga Sel Darah Merah – Manfaat Yoghurt

Sel darah merah tidak kalah penting dengan sel darah putih. Sel ini harus selalu terjaga dan tetap dalam keadaan normal. Sel darah merah tidak boleh terlalu banyak ataupun kekurangan. Di dalam yoghurt terdapat kandungan, seperti kalsium, fosfor, kalium, vitamin, seng, yodium, dan masih banyak lagi yang dapat menutrisi tubuh anda dan menjaga sel darah merah agar tetap normal.

5. Yoghurt Menguatkan Tulang

Menguatkan Tulang - Manfaat Yoghurt
Menguatkan Tulang – Manfaat Yoghurt

Yoghurt mengandung kalsium dan vitamin D, yang sangat penting untuk tulang kuat dan membantu mencegah osteoporosis.

Mengonsumsi yoghurt dapat membantu menjaga tulang anda dari segala penyakit, apalagi penyakit yan sangat populer yaitu osteoporosis. Banyak sekali manula yang terkena penyakit berbahaya tersebut,  maka ada bagusnya jika anda mengonsumsi yoghurt yang cukup untuk menjaga kesehatan tulang anda.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Menurunkan Hipertensi - Manfaat Yoghurt
Menurunkan Hipertensi – Manfaat Yoghurt

Di dalam yoghurt terkandung kalium yang berguna untuk penderita hipertensi agar menurunkan tekanan darahnya tanpa memberikan efek samping. Untuk beberapa penderita hipertensi, yoghurt dapat dijadikan sebagai minuman pengganti susu atau jus di pagi hari. Apalagi karena yoghurt memiliki rasa yang asam, akan terasa menyegarkan dan berbeda untuk para penderita hipertensi. Biasanya, penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi akan merasa sesak dan tegang, sehingga memerlukan makanan yang menyegarkan.

7. Mengobati Jerawat

Mengobati Jerawat - Manfaat Yoghurt
Mengobati Jerawat – Manfaat Yoghurt

Yoghurt bisa anda jadikan krim wajah untuk menyembuhkan jerawat anda. Sifat asam yang terkandung di dalam yoghurt bisa membunuh bakteri akibat penyebab jerawat, jamur, serta kuman yang terdapat di dalam tubuh anda.

  • Untuk membersihkan kulit dan mengurangi jerawat, oleskanlah yoghurt yang sudah berbentuk krim pada wajah secara merata, diamkan selama 30 menit, kemudian bilaslah dengan air sampai benar – benar bersih.
  • Sebagai alternatif lain, buatlah pasta dengan mencampurkan bubuk kunyit, gula merah bubuk, yoghurt, serta bubuk cendana. Oleskanlah pada kulit anda, kemudian pijatlah secara perlahan, serta biarkan selama 15 menit, kemudian bilas sampai bersih.

8. Mengurangi Infeksi Jamur

Mengurangi Infeksi Jamur - Manfaat Yoghurt
Mengurangi Infeksi Jamur – Manfaat Yoghurt

Tahukah anda jika jamur bisa membahayakan tubuh dan dapat menginfeksi tubuh kita? Tapi, anda tenang saja, ternyata yoghurt dapat menjaga itu semua. Apalagi jamur yang menyerang alat vital wanita. Karena memerlukan asam yang kuat, memakan yoghurt akan berperan penting. Dengan kandungannya yang mempunyai anti bakteri serta bisa mencegah infeksi jamur dengan asamnya.

9. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan - Manfaat Yoghurt
Menurunkan Berat Badan – Manfaat Yoghurt

Untuk anda yang sedang menjalankan program diet tidak usah khawatir, anda tidak harus selalu meminum jus jeruk. Apakah anda tahu, jika yoghurt bisa anda jadikan sebagai minuman diet anda? Yoghurt mengandung bahan, antara lain kalium dan vitamin C yang bisa membantu membakar lemak yang terdapat di dalam tubuh. Bahkan sebagian studi telah membuktikan jika asupan yoghurt dapat membakar lemak pada tubuh.

10. Menyehatkan Gigi

Menyehatkan Gigi - Manfaat Yoghurt
Menyehatkan Gigi – Manfaat Yoghurt

Kandungan vitamin D dan kalsium yang terdapat di dalam yoghurt bukan hanya menyehatkan tulang. Umumnya, makanan yang bersifat asam bisa membuat gigi keropos, tapi tidak bagi yoghurt. Sebaliknya, minuman ini malah sangat baik bagi tubuh serta gigi anda. Gigi dan tubuh anda akan sehat dan terawat jika mengonsumsi yoghurt. Karena kandungan yang terdapat di dalam yoghurt akan membantu memelihara tubuh anda.

11. Menurunkan Kolestrol

Menurunkan Kolestrol - Manfaat Yoghurt
Menurunkan Kolestrol – Manfaat Yoghurt

Ternyata yoghurt dapat membantu anda untuk menurunkan kolestrol. Karena kandungan asam laktatnya dapat membantu anda menghilangkan kolestrol dan diolah supaya tidak dicerna atau diserap oleh usus dan juga dibuang melalui feses. Dengan kandungan seperti ini, sudah pasti yoghurt dibilang mujarab sebagai obat diet dan juga bagi pemilik kolestrol dengan kadar yang tinggi.

12. Menjaga Sistem Saraf

Menjaga Sistem Saraf - Manfaat Yoghurt
Menjaga Sistem Saraf – Manfaat Yoghurt

Yoghurt ternyata dapat membantu menjaga sistem saraf. Hal ini sangat penting supaya sistem saraf dalam tubuh terus dapat bekerja aktif serta merespon apapun yang diperlukan. Sistem saraf tersebut tidak boleh rusak atau putus, karena bisa menimbulkan penyakit berbahaya, seperti stroke dan juga gangguan saraf misalnya kelainan jiwa. Itulah sebabnya, anda harus mengonsumsi yoghurt yang mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi serta riboflavin. Konsumsilah secara teratur setiap harinya.

13. Menghilangkan Bau Mulut

Menghilangkan Bau Mulut - Manfaat Yoghurt
Menghilangkan Bau Mulut – Manfaat Yoghurt

Bukan hanya rasanya yang lezat, ternyata yoghurt juga bisa menghilangkan bau mulut. Apalagi disebabkan makanan yang dimakan. Bau mulut dapat hilang karena terdapat sifat antibakteri di yoghurt. Bukan hanya bau mulut, jika anda teratur mengonsumsi yoghurt, anda dapat juga menghilangkan bau badan dan menjadi lebih wangi dan segar. Yoghurt penting dikonsumsi secara teratur tiap harinya agar merubah bau mulut atau badan seseorang.

14. Mengurangi Kanker Usus Besar

Mengurangi Penyakit Kanker Usus Besar - Manfaat Yoghur
Mengurangi Penyakit Kanker Usus Besar – Manfaat Yoghurt

Penyakit kanker usus besar adalah salah satu penyakit yang banyak ditakuti oleh masyarakat. Karena usus adalah organ yang dianggap rentan, sehingga harus benar – benar dijaga asupan makanannya. Salah satunya yoghurt yang mempunyai kultur aktif sehingga dapat menjaga anda dari terkenanya jaringan yang bisa menimbulkan kanker usus besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *