Home >> Manfaat >> Manfaat yang Dimiliki Oleh Susu Kedelai
Susu Kedelai

Manfaat yang Dimiliki Oleh Susu Kedelai

Susu kedelai adalah susu pengganti bagi  orang orang yang alergi terhadap susu sapi, selain itu karena susu kedelai mengandung lemak yang rendah susu ini dijadikan sebagai konsumsi sehari hari untuk orang yang sedang melaksanakan program diet. Sebenarnya susu kedelai tidak hanya memunyai manfaat itu saja akan tetapi susu kedelai mempunyai banak sekali manfaat terutama bagi kesehatan tubuh kita, susu kedelai adalah salah satu dari berbagai macam olahan kacang kedelai yang mempunyai banyak gizi. Susu kedelai diyakini mempunyai kandungan protein sebesar 7 gram dan 9 asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, dan protein yang terkandung dalam susu kedelai dapat membantu dalam proses pertumbuhan anak, memperbaiki sistem jaringan tubuh yang mengalami kerusakan, serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Susu kedelai tdak hanya mengandung protein yang lengkap, tetapi susu kedelai juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia termasuk juga zat besi, riboflavin, vitamin B1 dan kalsium yang dapat membantu memperkuat tulang kita. Ternyata masih banyak lagi kandungan yang dimiliki oleh susu kedelai yang bermanfaat bagi tubuh kita, berikut ini adalah manfaatnya.

Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesahatan

1. Membantu Penderita Autisme

Manfaat susu kedelai yang pertama adalah dapat membantu penderita autisme, tapi yang sangat disayangkan manfaat ini belum diketahui oleh banyak orang. Gangguan autisme adalah gangguan yang banyak dialami oleh anak kecil dimana seorang anak tidak dapat berineraksi sosial dengan baik dan mereka terasa seperti memiliki dunia ini sendiri, selain membutuhkan terapi penyembuhan para penderita autisme disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung protein susu (kasein) dan juga protein tepung (glutein) karena kedua kandungan tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi otak yang dapat menjadikan penderita autisme semakin hiperaktif.

Untuk itu para penderita autisme dianjurkan untuk mengonsumsi susu kedelai sebagai pnganti susu sapi agar sipenderia autism tetap mendapatkan vitamin, protein, dan mineral serta tidak akan merasakan efek samping yang merugikan.

2. Mengurangi Kadar Kolesterol Darah

Ternyata susu kedelai juga dapat membantu tubuh kita dalam mengurangi kolesterol yang terdapat dalam tubuh, kolesterol yang jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) yang menumpuk pada dinding arteri dapat dicegah oleh susu kedelai. Dikarnakan susu kedelai mengandung zat lesitin yang dapat melarutkan kolesterol dalam darah yang menjadikan saluran darahpun menjadi lancar dan mencegah pada penyumbatan. Selain itu susu kedelai juga mengandung kandungan isoflavon  yang berguna sebagai antioksidan serta dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik yang berguna untuk membersihkan kolesterol yang terdapat didinding arteri kemudian membawanya ke organ hati yang mana kolesterol akan dipecahkan dan dikeluarkan.

3. Membantu mencegah Kanker

Manfaat susu kedelai yang selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu dapat mencegah terjadinya penyakit kanker, selain kandungan protein, mineral, dan vitamin ternyata susu kedelai juga mengandung selenium dan merupakan zat antioksidan yang berguna untuk mengatasi paparan radikal bebas yang dapat memicu terjadinya kanker. Bukan hanya selenium saja, antioksidan yang lainnya seperti vitamin E dan genistein yang diketahuui dappat membantu mencegah kanker.

4. Mengurangi Resiko Diabetes

Penyakit diabetes terjadi akibat tubuh kekurangan insulin yang mengakibatkan kelainan pada karbohidrat, lemak, protein, elektrolit dan air. Kandungan asam amino arginin dan glisin yang terdapat dalam susu kedelai dipercaya dapat membantu keseimbangan hormone insulin dalam tubuh.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Mental

Manfaat yang selanjutnya yang dimiliki oleh susu kedelai adalah dapat membantu menjaga ksehatan mental seseorang, karena secangkir susu kedelai mempunyai kandungan 5,8% vitamin B6 yang membantu tubuh untuk memproduksi serotonin neurokimia yang bisa meningkatkan suasana hati seseorang, selain itu kadar magnesium yang ada pada susu kedelai juga dapat membantu meningkatkan kadar serotonin yang didapat juga mempunyai manfaat yang sama dengan beberapa obat antidepresan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *