Home >> Tumbuhan >> Tanaman Obat >> Manfaat Tanaman Obat Keluarga untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Tanaman Obat Keluarga
Manfaat Tanaman Obat Keluarga

Manfaat Tanaman Obat Keluarga untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman herbal disebut juga dengan tanaman obat. Tanaman herbal ini mempunyai banyak kelebihan daripada dengan tumbuhan – tumbuhan yang lain. Tanaman herbal sangat bermanfaat untuk tubuh dalam meningkatkan daya tahan serta mencegah dan mengobati tubuh dari segala macam penyakit. Berikut ini adalah jenis tanaman obat yang terdapat di sekeliling kita yang dapat anda gunakan untuk obat dan tanaman ini telah dicoba oleh masyarakat pada zaman dahulu untuk mengobati berbagai macam penyakit :

1. Daun Jarak (Ricinus Communis)

Daun Jarak
Daun Jarak

Daun jarak juga sering disebut dengan kalek atau kaliki.

Pohon jarak ini mempunyai ciri – ciri batang yang bulat serta agak licin, mempunyai rongga serta berbuku – buku, karena bekas tangkai daun, dan berwarna hijau kemarah – merahan.

Khasiat serta manfaatnya, pada akarnya dapat digunakan untuk anti rematik dan dapat menenangkan. Bijinya terasa manis, pedas tapi netral. Biji jarak sering dipakai untuk obat hernia, kanker rahim, rematik. TBC dan lain – lain.

2. Sambiloto (Andrographis Paniculata)

Daun Sambiloto
Daun Sambiloto

Sambiloto sering disebut dengan ki oray, takilo.

Tanaman sambiloto tingginya dapat mencapai sampai 50 centimeter berdaun tebal, memanjang, tersusun bersilang berhadapan di batang. Daun ujungnya runcing, panjang daun 5 centimeter, serta lebar 1,5 centimeter. Warna daun sambiloto sedikit mengkilap.

Daun sambiloto bermanfaat untuk mengobati batuk rejan, radang paru, serta TBC.

3. Daun Dewa (Gynura Divaricata)

Daun Dewa
Daun Dewa

Daun dewa mempunyai ciri – ciri, yaitu, tinggi batang kurang lebih 30 sampai 40 centimeter, berbulu halus, berbentuk bulat lonjong berdaging, dan memiliki bertangkai pendek. Bentuk daunnya seperti sawi namun kecil, mempunyai panjang 20 centimeter serta lebar 10 centimeter. Dengan warna hijau tua dengan ujung daunnya yang lancip.

Manfaat dan khasiat daun dewa mengandung saponin, minyak atsiri, dan lain – lain. Daun dewa bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit stroke ataupun dipakai untuk mencegah terkena penyakit stroke. Daun dewa juga bisa mengobati luka memar serta untuk penurun sakit darah tinggi.

4. Daun Kumis Kucing (Orthosiphon Aristatus)

Kumis Kucing
Kumis Kucing

Tumbuhan kumis kucing mempunyai ciri semak pendek dengan batang yang sedikit berkayu serta memiliki bulu yang halus. Bentuk daunnya bundar, agak memanjang serta lonjong, tepi daunnya bergerigi serta berbulu halus, pangkal serta ujungnya meruncing.

Daun kumis kucing dapat dimanfaatkan untuk mengobati infeksi kandung kemih, encok, bengkak kandung kemih, kencing batu, keputihan, dan infeksi saluran kencing.

5. Tumbuhan Ciplukan (Physalis Angulata)

Daun Ceplukan
Daun Ceplukan

Tumbuhan ceplukan juga biasa dikenal dengan sebutan cecendet, kopok – kopokan, dan cecenet.

Tumbuhan ceplukan mempunyai ciri – ciri yaitu, tanaman ini dapat mencapai tinggi kurang lebih 50 centimeter, berdaun tunggal, bulat telur dengan ujung runcing. Daun tumbuhan kumis kucing bisa mencapai 3 hingga 15 centimeter, lebar 2 hingga 13 centimeter. Memiliki daun yang berwarna hijau.

Daun kumis kucing dapat anda manfaatkan untuk mengoabati penyakit tenggorok, diabetes mellitus, gondongan, bisul, dan batuk rejan.

6. Daun Jintan (Coleus Amboinicus)

Daun Jintan
Daun Jintan

Daun jintan juga sering disebut dengan sebutan daun kambing, ajiran, daun jinten, dan kutu etu.

Daun jintan ini tumbuh dengan menjalar. Daunnya berdaging, berwarna hijau muda, serta bersifat gampang patah. Tepi daun beringgit panjang 6,5 hingga 7 centimeter, serta lebar 5,5 hingga 6,5 centimeter.

Daun jintan ini dapat anda manfaatkan untuk mengobati sariawan, perut mulas, sakit gigi, dan batuk.

7. Daun Bayam Duri (Amaranthus Spinosus)

Bayam Duri
Bayam Duri

Bayam duri juga disebut dengan senggang cucuk, taruyak lakek, dan hayum keri.

Tanaman bayam duri memiliki tinggi 0,4 hingga 1,5 meter, daun tunggal, batang berduri, tersusun tersebar di sekitar batang. Bentuk daun hijau bulat mirip telur yang memanjang, pangkal dan ujungnya runcing.

Bayam duri dapat anda manfaatkan untuk mengobati radang saluran pernapasan, demam, dan wasir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *