Home >> Kesehatan >> Manfaat Puasa Senin Kamis yang Menakjubkan Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Puasa Senin Kamis
Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis yang Menakjubkan Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat dan Khasiat Puasa Senin Kamis
Manfaat dan Khasiat Puasa Senin Kamis

Puasa semakin terbukti khasiatnya secara ilmiah. Dengan Berpuasa akan membatasi kalori yang penting bagi kesehatan serta perubahan metabolisme.

Puasa dapat menurunkan tingkat pertumbuhan hormon yang berkaitan dengan diabetes serta kanker. Tidak ketinggalan juga, mengurangi kolestrol buruk LDL serta lemak di dalam darah.

Puasa menurun tingkat radikal bebas. Dari hasil penelitian tersebut dibuktikan jika tingkat peradangan bisa berkurang. Bahkan, dijelaskan jika berpuasa  bisa melindungi otak. Sehingga, resiko terkena penyakit degeneratif misalnya Parkinson serta Alzheimer dapat dikurangi.

Puasa menurut beberapa ahli dianggap sebagai penemuan terbesar di dalam bidang kesehatan. Karena puasa bisa membuat seseorang menjadi awet muda serta sehat secara fisik, spiritual, dan mental. Tidak hanya itu, puasa merupakan cara yang paling baik untuk mempercantik serta memperindah perempuan secara alami.

Salah satunya dengan melakukan puasa senin kamis. Sebenarnya apa itu puasa senin kamis? Puasa senin kamis merupakan salah satu jenis puasa sunnah yang biasanya dikejakan oleh Rasulullah SAW, para sahabatnya, serta semua umat pengikutnya. Tapi, tidak semua orang tahu jenis amalan sunnah ini. Walaupun mereka telah mengetahuinya, tak semua orang sadar berbagai macam keajaiban serta manfaat penting di balik puasa sunnah senin kamis ini.

Manfaat puasa senin kamis sangat beragam kalau anda mengerjakannya dengan cara yang benar, bukan hanya mendapatkan pahala, namun juga berpengaruh besar terhadap keadaan kesehatan bagi seseorang yang melaksanakannya. Dengan mengerjakan puasa senin kamis juga diyakini bisa membantu mempermudah seseorang dalam menjalani kehidupan yang harmonis serta dinamis. Di agama yang lain, bukan hanya islam pun umatnya juga dianjurkan serta diperintahkan agar berpuasa, walaupun dengan aturan yang berbeda. Berikut ini beberapa manfaat puasa sunnah senin kamis untuk kecantikan dan kesehatan yang mungkin kebanyakan dari anda belum mengetahuinya  :

1. Membantu Mengeluarkan Racun yang Terdapat Dalam Tubuh

Mengeluarkan Racun yang Terdapat Dalam Tubuh
Mengeluarkan Racun yang Terdapat Dalam Tubuh

Puasa senin kamis juga bisa membantu mengeluarkan racun ataupun toksin dalam tubuh secara efektif. Tidak perlu dilakukan penelitian pun, jika kita mau berfikir secara logika, racun atau toksin dalam tubuh yang telah bercampur dalam darah, lemak, ataupun bagian yang lainnya itu berasal dari minuman serta makanan yang kita makan setiap harinya. Cara untuk bisa mengeluarkannya tidak hanya dengan berolahraga, tapi anda juga bisa melakukannya dengan menyetop memakan minuman serta makanan minimal kira – kira satu hari, supaya racun atau toksin yang berada di dalam tubuh tidak menumpuk dan bisa keluar dengan cara yang alami. Proses keluarnya racun tersebut dapat melalui urine, keringat, ataupun ketika anda sedang buang air besar. Itulh sebabnya, puasa senin kamis diyakini ampuh serta alami dalam membantu proses detoksifikasi racun yang mengendap di dalam tubuh. Kalau racun atau toksin telah keluar, maka anda akan merasa tubuh anda menjadi lebih bugar dan sehat kembali.

2. Menjaga Fungsi Organ Pencernaan

Menjaga Fungsi Organ Pencernaan
Menjaga Fungsi Organ Pencernaan

Pernah mendengar orang berkata mesin? Taukah anda apa itu mesin? Saya percaya sebagian dari kalian pasti telah mengetahuinya. Sebuah mesin tidak mungkin bisa dinyalakan serta dijalankan secara terus – menerus tanpa dimatikan, hal tersebut hanya akan merusak dari salah satu atau bahkan lebih spareparrt atau onderdil bagian mesin tersebut. Itulah sebabnya, mesin kendaraan bermotor juga harus istirahat supaya komponen yang berada di dalamnya tidak cepat rusak. Bukan hanya perlu istirahat, pastinya juga memerlukan perawatan yang teratur serta rutin tiap bulannya.

Sama halnya dengan organ pencernaan kita, organ pencernaan juga harus istirahat supaya bisa berfungsi secara normal. Dengan melakukan puasa sunnah senin kamis, organ pencernaan mempunyai waktu untuk beristirahat minimal sehari sampai 2 hari dalam seminggu. Hal tersebut bermanfaat untuk mengurangi pengendapan racun yang berada di dalam organ pencernaan, dan sebagai wujud perawatan teratur supaya tidak cepat rusak. Cobalah untuk mengistirahatkan organ pencernaan anda dengan cara berpuasa senin kamis supaya organ pencernaan anda dapat berfungsi secara nomal dan tentunya lebih sehat.

3. Mengatasi Stress

Menghilangkan Stress
Menghilangkan Stress

Di dalam dunia kesehatan, stress adalah salah satu penyebab utama terjadinya segala macam penyakit baik penyakit yang berat ataupun ringan. Seseorang yang sering melakukan kegiatan puasa sunnah senin kamis biasanya mempunyai tingkatan stress yang lebih rendah daripada mereka yang tidak berpuasa. Karena dengan berpuasa orang akan lebih berusaha mengontrol perasaan serta pikirannya. Misalnya, dengan berpuasa mereka akan lebih mempunyai kesabaran serta bisa menghindari pikiran – pikiran kotor atau negatif, sehingga ketenangan jiwa pun akan tercipta. Untuk anda yang selama ini dihantui dengan rasa depresi, takut, maupun perasan serta pikiran lain yang bisa memicu stress pada diri anda, alangkah baiknya jika anda mencoba menjalankan puasa senin kamis supaya keadaan jiwa maupun pikiran anda menjadi lebih tenang, sehingga sterss pun bisa teratasi.

4. Meremajakan Sel Kulit Secara Alami

Meremajakan Sel Kulit Secara Alami
Meremajakan Sel Kulit Secara Alami

Tidak selamanya sel – sel kulit manusia dapat bertahan hidup, hal tersebut dikarenakan terdapat pengaruh radikal bebas, pola hidup yang tidak sehat, serta berbagai penyebab internal ataupun eksternal yang membuat kematian sel kulit. Yang jelas sel – sel kulit manusia tentu akan mati dan ini dibutuhkan yang namanya peremajaan sel, yang berguna menjaga fungsi kulit  sebagai organ luar tubuh. Anda tidak harus repot – repot mencari obat ataupun produk tertentu yang harus dimakan. Anda cukup melaksanakan puasa sunnah senin kamis secara teratur dan rutin, dan tentunya mengatur pola makan yang baik. Hal tersebut dikarenakan ketika sedang berpuasa, proses metabolisme yang terdapat dalam tubuh manusia berhenti sementara, dan itulah yang membuat sel – sel tubuh bisa kembali aktif bekerja, seperti halnya sel – sel kulit yang sehat.

5. Mengurangi Timbunan Lemak yang Terdapat Dalam Tubuh

Mengurangi Timbunan Lemak
Mengurangi Timbunan Lemak

Dengan berpuasa sunnah senin kamis bisa mengurangi timbunan lemak yang terdapat dalam tubuh. Lemak memang salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh, tapi jika kadarnya berlebihan hanya akan memicu datangnya segala macam penyakit. Itulah sebabnya, kelebihan lemak sebaiknya harus anda hindari. Terdapat 3 cara yang ampuh untuk mengurangi timbunan lemak yang terdapat dalam tubuh, misalnya melakukan diet yang menyehatkan, berolahrag dengan rutin, serta melakukan puasa sunnah senin kamis. Dengan ketiga cara tersebut dijamin akan membantu anda menurunkan kadar lemak yang terdapat di dalam tubuh, jika anda melaksanakannya dengan konsisten serta menggunakan cara yang benar.

6. Mempercantik Tubuh Secara Alami Apalagi Untuk Kaum Perempuan

Mempercantik Secara Alami
Mempercantik Secara Alami

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, berpuasa senin kamis bisa membuat sel – sel tubuh mengalami pergantian atau regenerasi secara rutin. Sehingga, organ luar ataupun dalam tubuh akan menjadi lebih segar serta sehat. Misalnya, pada organ kulit yang sedang mengalami peremajaan sel – sel kulit akan menyebabkan kulit wajah menjadi lebih segar, bersih, serta kelihatan lebih cantik. Sehingga, agar terlihat cantik, tidak usah repot – repot pergi ke salon yang mahal, sehingga membuat uang anda akan terkuras banyak. Hanya dengan berpuasa senin kamis secara teratur, akan membuat anda para perempuan dapat terlihat cantik.

Itulah beberapa manfaat puasa sunnah senin kamis untuk kesehatan dan kecantikan dalam tubuh kita. Sebagai umat muslim, alangkah baiknya jika kita berpuasa sunah 2 kali dalam seminggu yaitu hari senin serta kamis, apalagi jika kita telah mengetahui beragam manfaat yang dapat kita dapatkan dari berpuasa sunnah senin kamis. Jangan menunggu sampai bulan ramadhan telah datang. Karena belum tentu umur kita dapat sampai ke ramadhan yang akan datang. Dan saat sedang berpuasa, alangkah baiknya anda sahur dan berbuka, karena hal tersebut sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *