Home >> My Journey >> My Note >> Manfaat Pohon Kelapa Mulai Dari Akarnya Sampai Bunganya
Inilah Beberapa Manfaat Pohon Kelapa
Inilah Beberapa Manfaat Pohon Kelapa

Manfaat Pohon Kelapa Mulai Dari Akarnya Sampai Bunganya

Tumbuhan kelapa merupakan anggota dari keluarga arecaceae dari spesies genus cocos. Pohon kelapa merupakan jenis pohon palem yang memiliki satu batang lurus, namun memiliki banyak sekali manfaat yang sudah digunakan sejak zaman dahulu. Pohon kelapa adalah salah satu jenis pohon yang hampir setiap bagiannya memililki manfaat, termasuk akar, batang, daun, dan buahnya. Oleh karna itulah buah kelapa diberi julukan pohon seribu manfaat. Di berbagai Negara seperti di India dan Indonesia, pohon kelapa banyak dibudidayakan di halaman rumah dan di perkebunan. Seiring dengan berjalannya waktu, pohon kelapa sering dikenal sebagai pohon kehidupan karna pohon hampir semua bagiannya diperlukan oleh manusia. Dan berikutlah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari bagian-bagian pohon kelapa tersebut:

A.Akar

Akar Pohon Kelapa
Akar Pohon Kelapa

Pohon kelapa memiiki akar yang menyerupai rambut, yang terdiiri dari ribuan akar tipis yang biasanya muncul ke atas tanah dan hanya sedikit yang menembus tanah. Panjang akar pohon kelapa tergantung dari usia pohon kelapa itu sendiri, jika semakin tua maka akar pohonnya juga semakin panjang. Akar pohon kelapa biasanya dimanfaatkan untuk berbagai bidang, yaitu:

  1. Obat-obatan herbal, pewarna, bahan utama pembuatan sikat gigi, serta bahan utama untuk membuat pencuci mulut. Air rebusan akar pohon kelapa juga dapat mengobati beberapa penyakit seperti disentri, diare, dan masalah pencernaan yang lainnya. Air rebusan akar pohon kelapa juga dapat mengibati penyakit kulit seperti gatal-gatal.
  2. Konstruksi banguan. Karna akar pohon kelapa memiliki struktur yang terbilang cukup kuat, akar pohon kelapa sering digunakan sebagai cakar ayam atau penyangga bangunan.
  3. Penangkal banjir. Akar pohon kelapa dipercaya dapat mencegah banjir karna mampu menyerap air dalam jumlah yang banyak. Dan hal inilah yang mungkin menyebabkan masyarakat menanam banyak pohon kelapa di daerah mereka.
  4. Bahan kerajinan tangan. Sejak dahulu akar kelapa sudah dijadikan bahan dasar untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan yang bernilai ekonomis, seperti tas, kalung, gelang, gantungan kunci, dan lain-lain.

B.Batang

Batang Pohon Kelapa
Batang Pohon Kelapa

Batang pohon kelapa memiliki butiran-butiran yag berserat. Batang kelapa biasanya memiliki panjang mencapai 25 sampai 30 meter dengan diameter 300 mm. Manfaat batang pohon kelapa adalah:

  1. Sebagai bahan desain interior bangunan. Namun batang kelapa juga memiliki jenis dan tingkatan yang berbeda untuk desain interior, seperti:
  • Batang kelapa dengan tingkat kepadatan yang keras atau high density, cocok untuk struktural umum yaitu gulungan, pilar, arung jeram, jendela, furniture, lantai, kusen pintu, dan balok lantai.
  1. Selain sebagai bahan desain interior rumah, batang kelapa juga biasa digunakan untuk bahan desain eksterior rumah, yaitu dignakan untuk pintu masuk, dan hiasan dinding luar rumah.
  2. Bahan Dasar Membuat Kertas. Batang kelapa juga dapat dijadikan ekstrak untuk pembuatan bubur kertas.

C.Daun

Daun Kelapa
Daun Kelapa

Daun kelapa merupakan daun tunggal dan berbentuk seperti sirip.

Berikut beberapa manfaat daun kelapa:

  1. Daun kelapa muda atau janur dapat digunakan untuk berbagai macam hal seperti bahan ayaman, pembungkus makanan seperti ketupat dan lemet.
  2. Daun kelapa yang sudah tua dan mulai mengering biasanya digunakan sebagai bahan anyaman atap rumah, sebagai bahan dasar membuat tikar, tas topi, dan jenis kerajinan tangan lain. selain itu, daun kelapa yang sudah kering juga dapat diekstrak menjadi bubur kertas,
  3. Batang daun kelapa yang sudah kering atau yang biasa disebut lidi dapat dibuat menjadi sapu lidi.
  4. Daun kelapa ternyata juga dapat dijadikan pakan ternak, salah satunya pakan gajah.

D.Buah

Pohon kelapa memiliki buah berukuran cukup besar dan berbentuk bulat, diameternya bisa sampai 10 hingga 20 cm, atau bahkan bisa juga lebih. Buah kelapa memiliki variasi warna yaitu hijau, kuning, dan coklat. Inilah manfaat buah kelapa:

  1. Air Kelapa
Air Buah Kelapa
Air Buah Kelapa

Air kelapa muda memiliki cukup banyak manfaat bagi tubuh manias, yaitu mengionisasi tubuh yang sedang dehidrasi, membersihkan ginjal, dan menyeimbangkan kadar elektrolit dalam tubuh. Dan dalam dunia kecantikan, air kelapa biasa digunakan sebagai bahan utama pembuatan masker wajah.

  1. Daging Buah Kelapa
Daging Buah Kelapa
Daging Buah Kelapa

Daging buah kelapa memiliki beragam manfaat sebagai berikut:

  • Daging kelapa muda dapat diolah menjadi berbagai minuman yang menyegarkan dan tentunya menyehatkan, dan daging buah yang sudah tua dapat digunakan sebagai santan.
  • Daging kelapa merupakan bahan dasar pembuatan minyak kelapa yang kaya akan manfaat.
  1. Tempurung Kelapa
Tempurung Kelapa
Tempurung Kelapa

Tempurung kelapa bertekstur keras sehingga dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal berikut:

  • Arang yang digunakan untuk memasak.
  • Bahan kerajinan tangan.
  • Penyerap gas berbahaya.
  • Filter rokok.
  • Memurnikan CO2 hasil fermentasi.
  1. Sabut Kelapa
Sabut Kelapa
Sabut Kelapa
  • Sebagai pembersih alami untuk membersihkan peralatan-peralatan rumah tangga seperti piring, cangkir, dan lain-lain.
  • Sebagai bahan dasar kerajinan yang bernilai ekonomis seperti keset, rambut boneka, sapu, jok, tali, dan lain-lain.
  • Sebagai pupuk cair organik. Cara pembuatannya adalah dengan merendam sabut kelapa menggunakan air selama kurang lebih ½ bulan sampai airnya berwarna hitam dan keruh.
  • Media tanam organik, yaitu dengan cara digiling sampai halus dan menjadi serbuk.

E.Bunga Kelapa

Bunga Pohon Kelapa
Bunga Pohon Kelapa

Bunga pohon kelapa mulai mekar ketika pohon kelapa sudah berusia 4 sampai 6 tahun. Bunga kelapa barwarna kuning dan aromanya manis. Bagian bunganya tersusun secara majemuk pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea. Bunga jantannya terletak jauh dari pangkal betinanya.

Bunga kelapa biasa dimanfaatkan sebagai:

  • Hasil fermentasi dari getah bunganya dapat digunakan sebagai bahan pembuat alcohol dan cuka.
  • Sebagai bahan obat tradisional.
  • Sebagai bahan dasar kerajinan.

Itulah beberapa manfaat seluruh bagian pohon kelapa, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda!

About Fatka Aulia

Hidup memang susah untuk ditebak, namun jika kita merancang hidup ini dengan do'a dan usaha yang konsisten, maka kita akan mendapatkan hidup yang kita inginkan. Itulah kata-kata yang selama ini saya terapakan dalam kehidupan saya. Strive for your life!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *