Home >> Kesehatan >> BPJS Ketenagakerjaan >> Manfaat Menjadi Anggota BPJS Ketenagakerjaan Berupa Jaminan Pensiun

Manfaat Menjadi Anggota BPJS Ketenagakerjaan Berupa Jaminan Pensiun

Apakah anda tahu bahwa tugas pokok jaminan sosial BPJS itu ada 4 program yang diantaranya adalah Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Pensiun (JP) dan juga Jaminan Hari Tua (JHT). Program- program tersebut sudah menjadi program pokok BPJS Ketenagakerjaan saat ada resiko yang menimpa peserta saat bekerja.

Dan itulah yang bisa membantu para peserta BPJS Ketenagakerjaan saat hari tua nanti datang untuk mendapatkan JHTnya maupun JPnya. Namun apakah kalian semua mengetahui apa itu JP pada BPJS ketenagakerjaan ?. program ini adalah sebuah program yang memberikan sejumlah uang yang akan dibayarkan setiap bulan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi yang sudah telah memasuki usia pensiun, cacat tubuh maupun epada ahli waris orang yang bersangkutan.

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Upah yang paling rendah dalam program JP maksimal hanyalah Rp. 7.000.000,-. Iuran JP sebesar 3% dengan 2% dari pemberi kerja & 1% untuk iuran pekerjaan.

Jika JP dan gaji juga dipotong 1%, perusahaan akan menambahkan 2 %. Nantinya sampai usia pensiun akan dibayarkan secara berkala. Beberapa tunjangan pensiun setiap bulan, hamper persis seperti PNS. Nah, jika orang tersebut meninggal, maka uang tunjangannya itu akan diberikan kepada istrinya, dan jika istrinya pun juga meninggal, maka uang tunjangannya itu akan diberikan kepada anaknya yang sudah berumur 23 tahun ke atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *