Home >> Kesehatan >> Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan
Khasiat Kulit Manggis
Khasiat Kulit Manggis

Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Mungkin anda semua sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, buah yang sering di sebut dengan buah manggis ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat lo. Bentuknya yang bulat dan berwarna hitam, dan berisi daging buah sebanyak enam sampai tujuh, mempunyai rasa manis asam dan banyak sekali yang menyukainya.

Buah manggis atau Garacinia Mangostana tumbuh liar di hutan dan juga di pegunungan tinggi, pohon manggis memiliki ukuran 15 meter tapi tidak bisa berubah atau berubah ukuran pada waktu yang lama yaitu lebih dari 10 tahun. indonesia memang sangat kaya dengan keragaman hayatinya yang sangat melimpah dan salah satu hal yang luar biasa adalah Negeri Indoneisia sudah menghasilkan buah manggis ke berbagai Negara.

Mungkin salah satu dari anda sudah mengetahui nilai gizi dari buah manggis yang bermanfaat bagi kesehatan, namun selain buahnya kulit manggis juga mempunyai manfaat yang sangat luar biasa ntuk kesehatan, dan berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang kandungan gizi yang ada dalam kulit manggis.

Khasiat Kulit Manggis
Khasiat Kulit Manggis

Beberapa Kandungan didalam Kulit Manggis

1.Kandungan Xanthone

Kandungan ini adalah kandungan antioksidan yang ada di kulit manggis dan sangat mempunyai manfaat yang besar, mislnya memiliki kandungan anti inflamasi, kandungan anti bakteri, kandungan anti diabetes, kandungan anti jamur, kandungan anti kanker, kandungan anti virus yang mana semua itu bisa di jadikan sebagai imun kekebalan tubuh manusia.

Dan kandungan antioksidan ini memiliki 14 kandungan yang sangat bagus dan salah satunya adalah alfa mangostin. Alfa mangostini ini merupakan sebuah kandungan senyawa yang bentuknya karsinogen pada sebuah kolon. Kulit manggis dapat mencegah firus yang masuk karena kandungannya, dan tentunya mencegah dari berbagai penyakit.

2.Kandungan Tanin

Kandungan ini meiliki aktivitas misalnya ontioksidan yang fungsinya itu menghambat terjadinya kandungan enzim misalnya seperti DNA topoisomerase, kandungan anti diare, kandungan hemostatik, anti hemoroid dan mencegah terjadinya perkembangan tumor yang bisa mengakibatkan penyakit yang kronis.

3.Kandungan Antosianin

Kandungan ini memiliki fungsi yang sama seperti kandungan antioksidan yang peranan sangat penting dan mampu mencegah terjadinya penyakit kronis seperti diabetes mellinus, penyakit kanker, dan kardiovaskular.

Kandungan Antosianin tidak hanya ada di kulit manggis saja tapi juga ada di buah stroberi, buah apel, buah rasberi dan buah-buahan lainnya.

 

Khasiat buah manggis untuk kesehatan tubuh adalah:

1.Kulit manggis dapat menurunkan kolesterol

Melakukan program diet dengan kulit manggis ini juga memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi terjadinya kolesterol yang tinggi dalam tubuh, selain itu kulit manggis ini juga mampu membantu anda dalam mengontrol kadar trigliserida yang ada dalam tubuh.

2.Mencegah terjadinya penyakit kanker

Kandungan antioksidan yang ada dalam kulit manggis mampu mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, penyakit kaner dan masih banyak lagi. Kandungan antioksidan inilah yang mampu menjaga tubuh manusia dari radikal bebas yang dapat memicu terjadinya stres oksiatif yang mana hal ini mengakibatkan keadaan medis anda menjadi parah.

3.Mencegah terjadinya penyakit anemia

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan mampu mempromosikan sel darah merah dan juga dapat mencegah penyakit anemia, karena kandungan yang ada dalam kulit manggis mampu meningkatkan dan melancarkan aliran darh dengan cara pelebaran pada pembuluh darah yang bisa membantu anda untuk menjaga dari penyakit tertentu misalnya kolestero tinggi, aterosklerosis, nyeri dada dan masih banyak lainnya.

4.Mencegah penyakit alzheimer

Kulit manggis mampu menyembuhkan penyakit alzheimer namun tidak bisa 100 persen, gejala dari penyakit ini adalah rasa kebingungan dan mengalami kesulitan mengingat.

5.Mampu mencegah jerawat di wajah

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh ternyata kulit manggis juga memiliki manfaat untuk kecantikan salah satunya untuk mencegah terjadinya jerawat pada kulit wajah, karena sudah kita ketahui bersama bahwa kulit manggis mempunyai sifat sebagai kandungan antibakteri yang sangat alami dan kandungan senyawa anti mikroba yang efektif dan yang lebih istimewanya kulit manggis bisa mengobati berbagai gangguan yang ada dalam kulit, yang umumnya kulit terganggu dengan flek hitam, timbul jerawat pada kulit, kulit berminyak, kulit kering. Semuanya itu bisa di atasi dengan mudah dengan cara mengonsumsi buahnya.

Khasiat Kulit Manggis Ampuh

Buah yang bahasa ilmiahnya adalah garcinia mangostana L, buah ini memiliki rasa yang manis dan bijinya pahit, bagian-bagian itu sering di gunakan untuk bidang kesehatan dan di manfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit dan juga dapat di manfaatkan pada urusan kecantiakan. Misalnya bisa menjaga kulit agar tetap dalam keadaan bersih, halus dan sehat. Buah ini memiliki beberapa bagian yang paling utama yang sangat bermanfaat sekali yaitu biji, buah, dan sampai pada kulitnya.

Manfaat Ampuh Kulit manggis
Manfaat Ampuh Kulit manggis

Xanthone

Menurut hasi penelitian dari ilmiah menyatakan bahwa kulit manggis memiliki banyak sekali kandungan antioksidan, dan yang paling utama itu kandungan asama fenolat, tannin, antosianin dan vanthone, didalam kulit manggis ini mengandung air sebanyak 62,05%, pritein 0,71, karbohidrat 35,61%, dan kandungan lemaknya 0,63%.

Seperti ang di jelaskan di atas tadi kandungan xanthone ada 14 salah satunya lagi gama mangostin yang berfungsi mencegah serangan penyakit ke tubuh.

Kandungan Anti Inflamasi

Khasiat dari kulit manggis ampuh ini mempunyai kemampuan untuk bisa di jadikan sebagai kandungan anti inflamasi, tentunya hal ini sudah di buktikan dengan hasi penelitian dengan cara menggunakan kandungan mangostin yang berasal dari ekstrak kandungan etanol sebanyak 40%, yang mempunyai manfaat untuk mencehag terjadinya pelepasan pada kandungan nistiamin dan juga sitesis prostagladin E2 dan sebagai perantara inflamasi. Kandungan ektrak etanol ini ada di dalam kulit manggis yang dapat mencegah terjadinya radikal bebas yang sangat kuat.

Kandungan Anti Kanker

Kuli manggis ampuh juga memiliki kandungan untuk mencegah kanker, menurut beberapa peneliti kandungan xenthone yang ada di kulit manggis dapat berperan sebagai kandungan senyawa anti kanker, kulit manggis ampuh ini mempunyai sifat sebagai anti proliferasi yang bermanfaat mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker dan juga dapat menghancurkan sel kanker, dengan ini berarti mengonsumsi kulit manggis dapat mencegah resiko kanker.

Kandungan Anti Mikroba

Kulit manggis ini juga di kenal sebagai daya anti mikroba pada bakteri yang dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit.

Selain yang sudah di sebutkan di atas Kulit manggis ampuh juga mengandung Tannin, dan Antosianin.

Manfaat Kulit Manggis Ampuh:

1.Kulit manggis dapat membantu anda untuk menguatkan kandungan anti bodi jadi anda tidak mudah terserang penyakit.

2.Kulit manggis membantu untuk mencegah terjadinya kerusakan DNA.

3.Kulit manggis mampu mengoptimalkan kinerja kelenjar gondok.

4.Kulit manggis bisa membantu menurunkan berat badan, dan sangat cocok untuk program diet.

5.Kulit manggis membantu untuk menyetarakan pada sistem kelenjar endokrin.

6.Kulit manggis membantu mengobati penyakit wasir.

7.Kulit manggis membantu merawat dan menjaga kulit kering dan warnanya kemerahan dan juga bersisik.

8.Kulit manggis dapat mempercepat penyembuhan luka.

9.Kulit manggis dapat memperbaiki koomunikasi antar sel.

10.Kulit manggis mampu mengatasi kerusakan pada urat syaraf.

Khasiat Kulit Manggis Bagus

Kulit manggis adalah salah satu obat herbal yang dapat mengobati dan mengatasi berbagai macam keluhan pada tubuh, dengan adanya jenis manfaat kulit manggis itu dapat anda jadikan senagai pengobatan berbagai macam jenis penyakit yang cukup berbahaya dan sangat sulit di sembuhkan, sehingga anda bisa mengobati penyakit kanker dengan cara alternatif.

Kulit Manggis Bagus
Kulit Manggis Bagus

Khasiat Kulit Manggis Bagus

1.Membantu Mengatasi Gangguan Haid

Dengan adanya jenis khasiat kulit manggis bagus dapat membantu melancarkan dan mengatasi haid yang tidak lancar, jadi jika anda terkena gangguan haid yang terasa sakit, untuk meredakannya anda bisa menggunakan kulit manggis dan juga mampu melancarkan haid yang tidak teratur atau jarak waktu haid yang cukup lama.

2.Membantu Menurunkan Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes memang di sebabkan oleh kadar gula yang tinggi sehingga hal itu bisa mengakibatkan bahaya untuk tubuh, melainkan munculnya penyakit yang sangat kronis, dengan adanya kulit manggis ini akan membantu anda untuk menurunkan penyakit diabetes dengan cara mengurangi dan menurunkan kadar gula menjadi normal.

3.Dapat membantu Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan dari kulit manggis ini bisa menjaga anda dari serangan radikal bebas, sehingga antioksidan yang ada dalam kulit manggis bisa menjauhkan anda dari penyakit yang kronis yang akan masuk ke dalam tubuh terutama pada penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

4.Membantu meremajakan Kulit dan mencegah Penuaan Dini

Merawat kecantikan kulit tubuh bisa menggunakan jenis kulit manggis bagus ini, yang mana dapat mencehag penuaan dini dan meremajakan kulit agar tetap terlihat bersinar dan kencang di saat usia anda yang tidak muda lagi, semua itu di hasilkan dengan adanya kandungan yang memang terbaik dan bagus untuk kecantikan kulit tubuh, selain itu kulit manggis juga dapat membantu meregenerasikan sel kulit mati yang menjadi penyebab utama kulit yang terlihat kering.

5.Dapat Mengatasi Diare

Kulit manggis bagus dapat menghilangkan bakteri penyebab diare pada pencernaan tubuh.

6.Mengatasi penyakit Jantung

Kandungan Antioksidan dan kandungan lainnya dapat membantu mengobati dan mencegah bterjadinya pembuluh darah yang rusak.

7.Mencegah penyakit Kanker

Dengan cara alami dan kandungan xanthone kulit manggis bisa menyembuhkan penyakit kanker. Di mana kulit manggis bisa menghancurkan sel kanker yang akan berkembang pada tubah selain itu kulit manggis juga dapat membantu mencegah sel kanker untuk tumbuh dengan cara kerja yang lebih efektif.

Itulah berbagai macam kandungan yang ada di dalam kulit manggis dan beberapa manfaat kulit manggis, dengan kandungan yang telah di temukan itulah kulit manggis sampai sekarang di percaya untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit yang ada di dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.